Aplikasi Penghilang Suara Vokal pada Lagu Terbaik, Ini Pilihannya!

Aplikasi Penhilang Suara Vocal
Ilustrasi Aplikasi Penhilang Suara Vocal. Foto: Ist/Net

Aplikasi penghilang suara vokal pada lagu saat ini cukup beragam. Seperti yang kita ketahui, lagu merupakan salah satu karya seni nada atau suara yang berurutan serta ada kombinasi iringan alat musik.

Baca juga: Aplikasi Edit Suara Video Cover Lagu Terbaru Menawarkan Banyak Fitur

Hal ini akan menjadi satu kesatuan serta kesinambungan dalam irama. Tentu Anda mempunyai lagu favorit yang selalu Anda dengarkan. Ada kalanya Anda ingin memberikan sentuhan sedikit pada lagu untuk menghilangkan suara vokal.

Kegiatan tersebut untuk pemenuhan kebutuhan karaoke serta memerlukan backsound lagu. Dengan memanfaatkan aplikasi untuk menghilangkan vokal, maka Anda dapat menekan frekuensi pada lagu. Masing-masing aplikasi tersebut memiliki kelebihan serta cara tersendiri untuk menghilangkan suara vokal dalam lagu.

Pilihan Aplikasi Penghilang Suara Vokal Paling Jitu

Berikut ini beberapa pilihan aplikasi untuk menghilangkan suara vokal yang dapat Anda manfaatkan.

Yogen Vocal Remover

Aplikasi Penghilang Suara Vokal
Yogen Vocal Remover

Cara menggunakan aplikasi satu ini cukup mudah. Para pengguna tidak memerlukan adanya keahlian khusus editing dalam pengoperasinnya. Dengan demikian, aplikasi penghilang vokal satu ini cukup recommended bagi Anda yang akan menggunakannya.

Selain itu, tampilan dari Yogen Vocal Remover cukup sederhana. Berikut ini cara menggunakan aplikasi Yogen Vocal Remover.

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan download software Vocal Remover 3.3.10 atau versi yang lebih tinggi di internet.
  2. Setelah Anda berhasil download dan instal aplikasi tersebut, kemudian buka Yogen Vocal Remover dan klik tombol panah merah untuk memasukkan lagu yang akan Anda hilangkan vokalnya.
  3. Langkah berikutnya dalam menggunakan aplikasi penghilang suara vokal ini adalah lanjut klik tombol mirip boks untuk meletakkan hasil dari proses yang akan Anda lakukan nantinya.
  4. Kemudian klik Save, inilah proses penghapusan vokal pada lagu yang telah Anda pilih dimulai.
  5. Tunggu beberapa saat hingga proses penghapusan vocal selesai.
  6. Setelah proses penghapusan vokal selesai, maka Anda dapat menggunakan lagu tersebut untuk berkaraoke bersama dengan teman-teman ataupun keperluan lainnya.

Penting untuk Anda perhatikan, meskipun hasilnya tak 100% seperti lagu aslinya, akan tetapi aplikasi ini cukup handal untuk hilangkan suara vokal pada lagu daripada aplikasi sejenis lainnya.

Audacity

Audacity

Dengan menggunakan aplikasi penghilang suara vokal ini, Anda dapat mengedit file audio secara lebih cepat dan mudah. Selain itu, Anda juga dapat rekam live audio yang dapat Anda gunakan untuk Mac OS X, Windows, GNU/Linux, serta OS. Bahkan Anda juga dapat ubah kecepatan pitch rekaman pada suara audio tersebut.

Baca juga: Aplikasi Duet Nyanyi Terbaik Paling Seru, Banyak Lagu Baru dan Populer!

Kelebihan dari Audacity antara lain dapat Anda gunakan secara gratis. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat mengedit berbagai jenis file. Selain itu, pustaka yang digunakan di dalamnya pun tidak terlalu banyak.

Aplikasi penghilang vokal satu ini juga memiliki beragam fungsi lain seperti membuat ringtone, merekam suara, menghilangkan noise, dan mengecilkan ukuran audio lagu atau musik.

Bisa juga untuk efek fade out dalam menggabungkan dua file audio, memperlambat serta mempercepat tempo lagu atau musik. Bahkan juga dapat mengconvert file audio maupun video ke dalam berbagai jenis format.

Cara menggunakan aplikasi Audacity antara lain:

  1. Download dan instal aplikasi audacity, kemudian tekan CTRL+O.
    Lalu pilih lagu yang akan Anda hilangkan suara vokalnya. Tunggu hingga proses selesai.
  2. Berikutnya, setelah lagunya berada pada layar aplikasi, maka Anda dapat klik effect yang berada pada toolbars, kemudian pilih Vocal Remover
  3. Langkah berikutnya, dalam menu Pengaturan, Anda dapat mengatur supaya suara vocal pada lagu yang telah Anda pilih hilang. Namun kualitas lagu tetap baik dan jernih sesuai dengan yang Anda inginkan.
  4. Apabila pengaturan sudah Anda rasa cukup, maka klik OK dan tunggu prosesnya hingga selesai.
  5. Cara berikutnya dalam menggunakan aplikasi penghilang suara vokal ini adalah dengan mendengarkan lagu yang telah Anda hilangkan vokalnya dengan klik tombol play. Apabila sudah OK, maka Anda dapat menyimpan lagu tersebut dengan cara pilih File – Export Audio.
  6. Selanjutnya tentukan penyimpanan lagu pada folder yang Anda miliki dengan cara CTRL + Shift + E Save.

Wavosaur

Wavosaur merupakan aplikasi edit audio gratis yang dapat Anda gunakan untuk edit audio dengan format WAV serta mp3. Di dalamnya terdapat fitur potong, copy, dan paste.

Selain itu pula dapat menjadi pilihan aplikasi penghilang suara vokal yang cukup mudah untuk Anda gunakan. Audio yang dibuka dengan menggunakan aplikasi ini akan mudah terlihat musik loops, analisa, merekam, serta batch konversi. 

Aplikasi ini juga mendukung plugin VST, driver ASIQ, pemrosesan efel real time, juga multichannel wav. Untuk dapat menggunakannya, Anda perlu menggunakan sistem operasi Windows.

Baca juga: Aplikasi Audio Streaming NOICE, Download Secara Gratis Fitur Lengkap

Selanjutnya, pilihan jenis software ukuran bit software dalam aplikasi ini tersedia 32 bit dan 64 bit. Berikut ini beberapa langkah menggunakannya:

  1. Download dan instal aplikasi pada perangkat Anda
  2. Selanjutnya buka lagu atau musik yang akan Anda proses
  3. Langkah berikutnya masuk pada tab proses
  4. Pilih opsi Vocal Remover
  5. Lalu simpan hasil vokal remover pada folder yang Anda inginkan.

Sing Play

Aplikasi Penghilang Suara Vokal
Sing Play

Ini adalah salah satu aplikasi suara penghilang vokal untuk perangkat Android. Sing Play bukanlah aplikasi untuk menghilangkan vokal video, akan tetapi pada MP3.

Bagi Anda yang mempunyai berbagai jenis lagu mp3 favorit pada perangkat Android, maka aplikasi ini dapat mengubah mp3 menjadi karaoke di Android Anda.

Meskipun hasilnya tidak 100% sempurna, akan tetapi tetap dapat menjadi rekomendasi untuk bermain karaoke. Karena Sing Play cukup mudah dan simple untuk Anda gunakan.

Menariknya lagi, aplikasi penghilang vokal satu ini dapat Anda gunakan secara offline tanpa harus menggunakan data seluler saat menggunakannya.

Dengan demikian, Anda dapat menggunakan Sing Play tanpa adanya iklan pada perangkat Android. Fitur utama yang terdapat dalam aplikasi ini pun cukup beragam.

Baca juga: Aplikasi Pocket Family Karaoke Entertainment Pertama Dunia, Ini Infonya

Mulai dari control nada, control tempo, perekam, dan gaung efek. Selain itu, volume, musik, vokal, serta efek gema dapat Anda kontrol secara terpisah, audio musik asli tetap bagus, bukan dalam bentuk midi sound atau versi cover.

Terdapat pula mode karaoke yakni sebuah instrumen tanpa suara vokal asli. Aplikasi ini juga cepat serta dapat memutar balik dengan mudah.

Berbagai jenis perangkat yang support aplikasi penghilang suara vokal satu ini antara lain smartphone atau Android versi 4.1 (Jelly Bean) atau lebih.

Untuk hasil rekaman lebih baik, maka sebaiknya Anda menggunakan microphone atau sebuah rekomendasi yang menggunakan earbud atau headphone.

Adobe Audition

Adobe Audition

Pilihan aplikasi penghilang suara vokal berikutnya adalah Adobe Audition. Pada dasarnya, aplikasi ini dapat membuat, mencampur, serta mendesain efek suara secara digital.

Hingga saat ini, Adobe Audition termasuk dalam aplikasi komprehensif untuk menghasilkan suara yang murni. Tidak hanya untuk menghapus vokal atau musik, akan tetapi aplikasi ini juga dapat melakukan pembersihan, pemulihan, serta menciptakan pengeditan secara presisi.

Baik untuk desain efek suara, video, atau podcasting. Dengan menggunakan aplikasi Adobe Audition, maka Anda pun dapat mempelajari berbagai tutorial dengan mudah. Fitur yang tersemat di dalamnya pun cukup lengkap.

Aplikasi ini mempunyai alur kerja modern serta sederhana. Terdapat pula Essential Sound untuk dapat menciptakan audio yang berkualitas. Selain itu, aplikasi ini juga dapat mengatur lagu sesuai durasi yang Anda inginkan dengan memanfaatkan fitur Remix.

WavePad Audio Editing

WavePad Audio Editing

Bagi Anda yang menginginkan aplikasi penghilang suara vokal paling friendly, maka WavePad Audio Editing merupakan salah satu pilihan yang tepat.

Sebab, aplikasi ini merupakan salah satu perangkat lunak yang terdapat pada sistem operasi Windows yang memiliki fitur yang lengkap. Mulai dari efek, batch, alat pengeditan, dan lain sebagainya.

Baca juga: Aplikasi Edit Suara Video, Efektif Maksimalkan Kualitas Audio Video

WavePad Audio Editor juga memungkinkan para pengguna untuk menerapkan efek hingga editing dalam ribuan file hanya dengan satu waktu menggunakan fitur Batch. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat memberi efek audio untuk meningkatkan kualitas produksi.

Selain bermanfaat untuk penghilang suara vokal, WavePad Audio Editing secara umum juga tergolong aplikasi editing ekstensi WAV dan MP3.

Anda juga dapat mengubah berbagai ekstensi lagu lain. Aplikasi ini dapat Anda gunakan secara gratis pada perangkat PC, laptop, hingga notebook.

FL Studio

Aplikasi Penghilang Suara Vokal
FL Studio

Rekomendasi aplikasi penghilang suara vokal berikutnya adalah FL Studio. Hampir lebih 20 tahun, developer berusaha menghadirkan aplikasi paling komprehensif. Terutama untuk menghapus lagu serta musik di berbagai perangkat PC.

Saat ini banyak produser serta DJ top dunia yang menggunakan FL Studio untuk memproduksi karya-karya dengan kualitas optimal. Terutama, dalam aplikasi ini menawarkan pembaharuan secara gratis selama seumur hidup.

Sebagai informasi, dalam aplikasi FL Studio mempunyai fitur loop eksklusif pada Slicex serta mendukung format Rex. Terdapat pula lebih dari 1000 preset secara khusus.

Ocenaudio

Ocenaudio

Aplikasi penghilang suara vokal ini sering digunakan untuk berbagai keperluan edit audio. Ocenaudio cukup mudah untuk Anda gunakan dengan berbagai fitur yang tersemat di dalamnya.

Aplikasi ini berjalan pada sistem operasi seperti Windows, Mac, serta Linux. Pada dasarnya, menghilangkan suara vokal pada lagu adalah dengan mengecilkan tingkat suaranya.

Baca juga: Aplikasi Musik DJ Rekomendasi Terbaik 2021, Cocok Bagi Para Pemula

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan efek yang telah disediakan. Kemudahan dalam menggunakan multi selection cukup cepat dan efisien.

Aplikasi ini juga menawarkan tampilan waveform yang luar biasa dari file audio Anda. Ocenaudio mempunyai tampilan spectrogram yang hebat dan lengkap.

KM Player

KM Player

Salah satu aplikasi pemutar video ini dapat melakukan kegiatan menghilang suara vokal pada lagu. Selain itu, KM Player merupakan aplikasi pemutar video yang dapat memutar jenis format video dengan codec di dalamnya.

Para pengguna Windows dan Mac juga dapat menggunakan software ini. Begitu juga para pengguna Android, dapat mengunduhnya pada layanan Google Play Store.

Anda dapat menggunakan aplikasi penghilang suara vokal ini secara gratis. Dengan menggunakan KM Player, Anda juga dapat menonton film, video, memutar musik, serta melakukan hiburan lainnya.

Aplikasi Penghilang Suara Vokal MP3 Karaoke

Aplikasi Penghilang Suara Vokal
MP3 Karaoke

Salah satu pilihan aplikasi penghilang suara vokal ini paling mudah digunakan. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda hanya perlu menyiapkan mp3 musik atau lagu yang akan Anda proses.

Selain itu, MP3 Karaoke dapat Anda gunakan secara gratis. Di dalamnya telah mendukung mode Batch serta dapat mengkonversi ratusan file mp3 sekaligus.

Untuk dapat menggunakan aplikasi penghilang vokal satu ini, Anda harus menggunakan sistem operasi Windows. MP3 Karaoke juga mendukung cara drag & drop dalam mengolah musik. (R10/HR-Online)