spot_imgspot_img
BerandaTeknologiAplikasiAplikasi Polling di Facebook, Ini Pengertian dan Cara Menggunakannya!

Aplikasi Polling di Facebook, Ini Pengertian dan Cara Menggunakannya!

- Advertisement -

Aplikasi Polling di Facebook merupakan salah satu fitur yang akan membuat penggunanya dapat membuat voting atau pendapat dengan audiens lain. Biasanya polling sendiri bisa pengguna buat di grup, story, pesan maupun halaman Facebook.

Sementra itu untuk membuat polling sendiri pengguna juga tidak akan mendapatkan biaya namun syarat yang utama adalah memiliki Facebook. Polling ini bisa Anda buat juga berdasarkan batasan waktu yang telah Anda tentukan. Bagaimana caranya?

Baca Juga: Aplikasi Konseling Online Riliv Menawarkan Layanan oleh Psikolog Handal

Aplikasi Polling di Facebook untuk Mendapatkan Pendapat dari Para Audiens

Facebook kini telah menjadi salah satu aplikasi dan layanan jejaring sosial terbesar di dunia karena telah menembus hingga 2 miliar pengguna. Sudah ada banyak pengguna yang memanfaatkan aplikasi tersebut untuk sekedar mencari hiburan maupun berkomunikasi.

Bahkan saat ini sudah ada banyak fitur lengkap dari Facebook yang dapat dengan mudah untuk pengguna gunakan. Lebih menariknya lagi, justru fitur-fitur tersebut malah lebih lengkap lagi daripada aplikasi yang lain.

Salah satunya adalah aplikasi Polling di Facebook yang kini telah menjadi fitur terbaik dan menarik yang bisa Anda gunakan dengan mudah. Kehadirannya fitur tersebut, Anda bisa melakukan voting atau jajak pendapat pada pilihan dari topik yang akan dibahas.

Sementara itu, saat ini Facebook telah memberitahukan jika fitur polling tersebut justru sudah tidak ada lagi di timeline. Meski demikian, di Facebook Group, justru malah memiliki anggota yang bisa melakukan vote jauh lebih cepat.

Cara Membuat Polling

Aplikasi Polling di Facebook memungkinkan Anda untuk membuatnya. Trik pertama adalah langsung buka saja akun Facebook yang Anda miliki. Setelah berhasil login, maka Anda akan berada di halaman utama Facebook berisi kotak dialog.

Kemudian, Anda bisa memilih opsi Create a Story pada bagian bawah kotak tadi untuk membuat status lalu pilihlah opsi Poll untuk membuatnya. Tahap selanjutnya, Anda bisa langsung membuat pertanyaan menggunakan dua pilihan jawaban.

Setelah pertanyaan serta jawaban tadi sudah Anda buat, selanjutnya Anda bisa menekan opsi atau tombol Done pada bagian kanan atas. Nanti Anda akan ada di halaman agar menambahkan efek, background, stiker, filter maupun tulisan dan tag.

Jika sudah, pilih lah tombol Share to Story yang berada pada bagian kanan bawah Facebook. JIka sudah maka polling yang Anda buat akan langsung muncul di Facebook Story dan tunggu teman lain untuk menjawab itu.

Baca Juga: Aplikasi Kamera Lomo Mampu Menghadirkan Gambar yang Berkualitas

Tutorial Membuat Polling di Group Facebook

Aplikasi Polling di Facebook ternyata juga bisa Anda lakukan juga di grup akun tersebut, bahkan caranya juga sangat mudah. Langkah yang pertama adalah dengan membuka Facebook Group yang sudah Anda pilih.

Selanjutnya langsung masuk ke kotak untuk membuat status pada bagian atas dan mencari pilihan menu Poll. Kemudian, Anda bisa langsung memberikan pertanyaan serta beberapa pilihan jawaban.

Jika semuanya sudah Anda isi dengan benar dan sesuai, selanjutnya tinggal menekan tombol Post. Terakhir, polling yang Anda buat itu akan langsung memberi notifikasi ke setiap anggota grup tersebut.

Selain itu polling group ini juga akan memungkinkan Anda agar memperoleh perhatian yang lebih besar lagi. Sebab hal ini karena semua anggota grup tersebut akan bisa melakukan voting dengan mudah.

Apa Tujuannya?

Aplikasi Polling di Facebook sendiri memiliki berbagai macam tujuan yang berbeda-beda tergantung dari si pembuat itu sendiri bagaimana. Bisa hanya untuk sekedar iseng saja, sebagai bahan penelitian, bahan pertimbangan maupun untuk mengambil sebuah keputusan dan kebijakan.

Namun apakah hasil dari polling tersebut bisa memperoleh hasil yang valid? Biasanya hal seperti ini akan tergantung pada sasaran polling tersebut maupun responden. Sebab, hal yang menjadi perhatian khusus mengenai responden yaitu satu pengguna Facebook dapat memiliki hingga lebih dari satu akun.

Sehingga satu orang saja dapat mengisi polling hingga lebih dari satu kali juga karena memiliki akun banyak. Tentunya hal ini juga akan mempengaruhi pada hasil polling di Facebook.

Dengan memanfaatkan aplikasi Polling di Facebook ini, maka Anda dapat menggunakan akun personal, halaman maupun melalui grup tertentu. Namun jika ingin memperoleh hasil polling valid, maka pilihlah akun personal saja. (R10/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisement -
- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -

Related News

- Advertisement -