spot_imgspot_img
BerandaTeknologiAplikasiAplikasi Si Kompeten Hadir untuk Melakukan Uji Kompetensi Mahasiswa

Aplikasi Si Kompeten Hadir untuk Melakukan Uji Kompetensi Mahasiswa

- Advertisement -

Aplikasi Si Kompeten rupanya hadir untuk mempermudah dalam melakukan uji kompetensi yang berlaku untuk lulusan sekolah pelatihan dan vokasi. Tidak hanya itu saja, melainkan juga kepada masyarakat umum lainnya. Kemendikburistek pun melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi lah yang meluncurkan aplikasi tersebut secara daring.

Hal ini juga mengingat dunia kerja dan perusahaan yang justru lebih memilih untuk pekerja profesional dalam memenuhi tuntutan perindustrian. Sehingga, persaingan agar menjadi bagian tersebut semakin bertambah.

Aplikasi Si Kompeten Hadir dan Memudahkan Para Lulusan Sekolah dan Masyarakat

Saat ini mahasiswa vokasi sudah tidak perlu pusing dalam memikirkan uji kompetensi mereka. Sebab, Kemendikburiustek belum lama ini telah meluncurkan sebuah aplikasi dengan bertajuk Si Kompeten.

Si Kompeten sendiri merupakan uji kompetensi yang berbasis aplikasi dan ini adalah upaya transformasi digital dalam pelatihan kursus layanan. Pasalnya aplikasi tersebut akan memudahkan saat melakukan pelatihan kursus secara daring. Selain itu juga telah terintegrasi pula dengan digitalisasi.

Menurut Wikan Sakarinto selaku DIrektur Jenderal Pendidikan Vokasi di Kemendikbud Ristek menyebutkan mengenai aplikasi Si Kompeten. Merupakan sebuah aplikasi yang berguna untuk memudahkan para mahasiswa vokasi untuk melakukan uji kompetensinya.

Nah, dari kemudahan itulah maka bisa tercapai berkat adanya aplikasi tersebut. Sehingga pelaksanaan layanan uji kompetensi yang berbasis digital akan lebih mudah. Selain itu, harus benar-benar meninggalkan pelaksanaan yang berbasis manual.

Baca Juga: Aplikasi Warung Pangan Hadir untuk Membantu Para Pengusaha Kecil

Apa Tujuannya?

Aplikasi Si Kompeten merupakan salah satu bentuk komitmen Kemendikbud Ristek sendiri dalam upayanya untuk penjaminan mutu para lulusan. Sehingga peningkatan mutu lulusan tersebut dengan cara mengoptimalkan teknologi ini, maka akan mempermudahkan dalam cara kerja.

Selain itu, layanan tersebut sudah tersedia dari mana saja dan sudah ada di seluruh Tanah Air dan peserta bisa melakukan pendaftaran. Bahkan mereka akan lebih mudah lagi melakukan pendaftaran tanpa harus datang ke TUK (Tempat Uji Kompetensi) mereka.

Tidak hanya itu saja, melainkan kehadirannya aplikasi tersebut juga mampu dalam memberi berbagai macam keunggulan. Misalnya saja seperti lebih transparan, terpercaya, mempunyai indikator yang jelas serta mempunyai jangkauan yang sangat luas.

Sehingga aplikasi tersebut akan mampu dalam memberikan penjaminan mutu lulusan dan meningkatkan mutu pengujian. Lalu, dengan memanfaatkan sebuah teknologi supaya memudahkan dalam kinerja.

Cara Kerja Lebih Mudah

Pasalnya aplikasi Si Kompeten ini akan bekerja secara otomatis, terpercaya dan transparan tanpa harus menunggu hasil uji yang lebih lama. Sebab, aplikasi yang satu ini bisa pengguna akses juga melalui website kursus.kemendikbud.go/ujk juga dengan mudah.

Agar bisa menggunakan aplikasi tersebut, maka para peserta terlebih dahulu harus masuk ke dalam aplikasi serta melakukan pendaftaran. Caranya juga cukup mudah, sebab peserta hanya cukup mengikuti petunjuknya yang sudah ada dan tersedia.

Lebih menariknya lagi, Si Kompeten tidak hanya untuk peserta didik saja. Melainkan aplikasi tersebut juga bisa dimanfaatkan pula oleh peserta lain yang mendaftar secara mandiri. Sehingga akan memudahkan untuk memperoleh sertifikat sesuai dengan keahliannya masing-masing.

Sementara itu bahwa uji kompetensi sendiri sangat berguna dalam mengukur pencapaian kompetensi yang sudah dikuasai oleh peserta kursus. Jadi uji kompetensi ini akan mengacu juga pada SKL atau Standar Kompetensi Lulusan.

Baca Juga: Aplikasi Edit Suara Video Cover Lagu Terbaru Menawarkan Banyak Fitur

Solusi untuk Sumber Daya Manusia

Aplikasi Si Kompeten ini adalah salah satu SDM atau Sumber daya manusia yang menginginkan sertifikasi dari kompetensi yang terintegrasi. Sementara itu, uji kompetensi ini berguna dalam mengukur pencapaian kompetensi yang sudah dikuasai oleh para peserta.

SKL kursus maupun pelatihan sendiri adalah kriteria minimal yang telah mencakup kesatuan sikap, pengetahuan dan keterampilan. Selain itu SKL sendiri juga akan melibatkan unsur organisasi profesi, dunia kerja, akademis maupun pemerintah teknis bidang yang terkait.

Kompetensi dalam SKL juga akan mengacu pada SKKNI, SKK maupun SKI. Dalam proses pencapaian SKL, maka peserta nanti akan memiliki sertifikasi kompetensi dan merupakan pengakuan pada kualitas SDM. Hasil sertifikasi kompetensi juga akan memastikan jika SDM telah terjamin kredibilitasnya.

Sehingga aplikasi Si Kompeten adalah alternatif dan atau solusi untuk SDM yang menginginkan sertifikasi atas kompetensi mereka masing-masing. (R10/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisement -
- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -

Related News

- Advertisement -