Aplikasi Warung Pangan Hadir untuk Membantu Para Pengusaha Kecil

Aplikasi Warung Pangan Hadir untuk Membantu Para Pengusaha Kecil
Ilustrasi Aplikasi Warung Pangan. Foto: Ist/Net

Aplikasi Warung Pangan kini telah hadir untuk memudahkan dalam jual beli komoditas pangan di Tanah Air dengan cara yang lebih mudah.

Sementara menurut Triw Wahyudo Hariyatno selaku BGR Logistics dan Direktur Pengembangan Usaha pun mengatakan jika aplikasi terbaru ini telah ada sebuah fitur tambahan yang bernama Face Recognition (pengenalan wajah).

Aplikasi Warung Pangan Sebagai Bantuan untuk Para Pelaku UMKM

Saat ini aplikasi tersebut sudah ada dan tersedia setidaknya di 78 kota besar Indonesia semenjak aplikasi tersebut hadir. Warung Pangan sendiri adalah aplikasi yang telah diinisiasikan oleh UKM & Kementerian Koperasi serta BUMN guna membantu pelaku UMKM.

Dengan tujuannya agar bisa memperoleh pasokan berupa bahan pangan, terlebih saat masa pandemi Covid-19 seperti sekarang. Namun ternyata aplikasi tersebut sudah hadir sejak lama, yaitu pada tanggal 12 Agustus 2020 yang lalu.

Aplikasi Warung Pangan juga bekerja sama dengan jaringan supplier lain seperti CUMN Cluster Pangan yang sangat berguna untuk pelaku UMKM. Salah satu tujuannya adalah guna membeli dan menjual atas ketersediaan komoditas pangan di tempat bisnisnya itu.

Bahkan dalam aplikasi tersebut juga memiliki sebuah fitur yang berguna untuk update harga, lacak paket dan menu pembayaran COD maupun transfer. Lalu untuk pembelian pangan ke beberapa jaringan supplier lainnya, salah satunya seperti ke BUMN Cluster Pangan.

Baca Juga: Aplikasi Integrasi JakLingko Melakukan Uji Coba, Begini Caranya!

Dukungan dari BUMN

Nyatanya BUMN Pangan juga telah mendukung aplikasi Warung Pangan milik dari BGR LOgistics atau PT Bhanda Ghara Reksa (Persero). Sementara calon induk holding BUMN Pangan yakni PT Rajawali Nusantara Indonesia juga mengapresiasi aplikasi tersebut.

Frans Marganda Tambunan selaku Direktur Komersial RNI juga mengatakan jika pengembangan aplikasi dalam jangka satu tahun tidaklah mudah. Akan tetapi, BGR Logistics justru bisa menunjukkan pencapaian yang luar biasa.

Pasalnya, Frans juga memulai dari inovasi BGR Logistics yang ternyata dapat beradaptasi dengan cara memanfaatkan digitalisasi. Selain itu, hadirnya aplikasi ini tentu sangat tepat. Apalagi masa pandemi Covid-19 yang membuat masyarakat kehilangan pekerjaan.

Tidak hanya itu saja, melainkan dengan aplikasi ini juga membantu pelaku UMKM supaya bisa memperoleh bahan pangan dengan harga murah. Sementara menurut Frans, jika aplikasi ini adalah upaya klaster BUMN pangan untuk menjaga ketersediaan bahan pasokan.

Baca Juga: Aplikasi B2B Grosiraja Hadir untuk Memudahkan Para Pengguna

Menerapkan Beberapa Fitur

Salah satu keunggulan dari aplikasi Warung Pangan yakni semua produk pangan akan dipasok melalui wilayah pemasok nantinya. Sehingga hal seperti ini akan memotong dana logistik yang akan menjadi kendala selama itu.

Tidak hanya itu saja, melainkan aplikasi tersebut mempunyai sejumlah fitur, misalnya saja e-commerce seperti pada umumnya. Mulai dari Warung Pangan Asik, Warung Pangan Fun, dan masih banyak lagi lainnya.

Lebih lanjut lagi, ada juga sebuah fitur bernama WP Supplier yang bisa digunakan oleh setiap perorangan dan pengusaha kecil. Ini merupakan fitur pendukung dari aplikasi guna mendukung akan ketahanan pangan dan pemasok.

Selain itu, aplikasi tersebut juga sangat berguna. Terutama untuk mereka para penguasa perorangan, menengah, maupun pengusaha kecil. Salah satu tujuannya adalah guna memasok sebuah produk pangan mereka dari aplikasi tersebut.

Hadir di Beberapa Kota

Saat ini aplikasi Warung Pangan nyatanya telah hadir di beberapa kota besar Indonesia setidaknya ada tujuh kota. Seperti Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Bandung, Pangkal Pinang, dan Jabodetabek.

Tidak hanya itu saja, melainkan untuk saat ini ada lebih dari 44 ribu mitra warung yang sudah terdaftar dalam aplikasi tersebut. Bahkan juga telah terkoneksi bersama Dana, Bank Himbara, serta Link Aja lalu terintegrasi bersama penguasa kecil.

Sementara itu, salah satu syarat Warung Pangan adalah pengguna harus memiliki HP Android lengkap dengan nomor WhatsApp dan kartu KTP. Tidak hanya itu saja, namun juga memiliki alamat yang lengkap dan jelas agar bisa berbelanja melalui aplikasi.

Untuk bisa menggunakan aplikasi Warung Pangan, para pengguna hanya cukup melengkapi data sebagai langkah untuk pendaftaran. Jika sudah terverifikasi dari pihak aplikasi, maka nanti pengguna akan mendapatkan informasi. Artinya, pengguna yang sudah mendaftar nanti akan menjadi mitra kerjanya. (R10/HR Online)

Editor: Jujang