Arah Rotasi Ban Mobil yang Benar dan Cara Mengaturnya

Arah Rotasi Ban Mobil
Ilustrasi Arah Rotasi Ban Mobil. Foto: Ist/Net

Arah rotasi ban mobil sangat mempengaruhi masa pemakaian ban. Oleh karena itu, penting dalam mengetahui dan mengatur kesesuaian arah ban tersebut. Sehingga ban kendaraan Anda lebih tahan lama dan dapat berguna hingga jangka panjang.

Ketika ban sudah Anda atur sesuai arah semestinya, maka tapak ban bisa habis secara merata. Pengaturan tersebut pada roda depan, belakang atau secara keseluruhan. Sehingga tingkat aus menjadi seimbang.

Ketentuan Arah Rotasi Ban Mobil yang Perlu Anda Ketahui

Pada dasarnya mengetahui arah rotasi bisa meminimalisir agar Anda tidak salah pasang. Sebaiknya ban mobil di rotasi setiap 10.000 km. Namun jika penggunaannya dengan kecepatan paling tinggi, maka dapat dilakukan rotasi pada setiap 5000 km.

Rotasi tersebut tergantung dari kondisi telapak ban, sehingga benar-benar diatur agar sesuai. Merotasi merupakan langkah menukar posisi ban. Jadi, ban yang tadinya berfungsi sebagai roda depan menjadi roda belakang maupun sebaliknya.

Baca Juga : Penyebab Ban Mobil Terasa Goyang, Ketahui Penjelasannya Berikut Ini

Apapun bentuk alur telapak ban, pemasangannya harus mengikuti arah yang tercetak dinding ban. Arah rotasi ban mobil juga tidak boleh terbalik, karena berakibat licin dan kembangan tidak berjalan dengan baik. Terutama pada jalan kering akan terasa kurang lincah dan mengeluarkan bunyi yang cukup mengganggu. Begitu juga di jalan basah resiko tergelincir akan lebih besar.

Berikut ini cara merotasi ban sesuai dengan tipe mobil perlu menjadi perhatian.

Rearward Cross atau Silang Belakang

Pada arah rotasi ban mobil ini Anda bisa pindahkan ban belakang menjadi roda bagian depan pada sisi yang sama. Begitu juga sebaliknya, roda depan dipindahkan ke belakang dengan posisi menyilang. Posisi ini yaitu roda kiri depan ke kanan belakang serta roda kanan depan ke kiri belakang dengan tepat.

Forward Cross atau Silang Depan

Pada rotasi ini pola memindahkan ban depan ke belakang pada sisi yang sama. Hal ini yakni ban kiri depan ke ban kiri belakang. Selanjutnya ban belakang dipindahkan ke depan namun dengan posisi menyilang.

Pola X

Mengatur arah rotasi ban mobil selanjutnya pola X ini, Anda perlu memindahkan ban belakang ke bagian depan dengan posisi yang menyilang. Tentu ban kanan belakang ke kiri depan atau sebaliknya. Selain itu ban kanan depan ke kiri belakang maupun sebaliknya.

Tips Rotasi Menyesuaikan Model dan Tipe Ban

Perlakuan setiap tipe ban berbeda-beda. Pada tipe ban bias biasanya memiliki chord dengan susunan ban di tenun dengan cara zig zag. Umumnya bersudut 40 hingga 65 derajat. Sementara ban radial susunan chord-nya memiliki sudut 90 derajat.

Tahukah Anda bahwa susunan chord tersebut memiliki peran penting. Karena berpengaruh pada daya cengkeram masing-masing tipe ban.

Ban radial memiliki daya traksi lebih baik terutama saat menikung. Hal ini membedakannya dengan bias. Sehingga susunan chord yang melingkar tersebut membentuk sudut 90 derajat.

Tips arah rotasi ban mobil pertama adalah memastikan tipe ban yang Anda gunakan apakah tipe radial atau tipe bias. Selanjutnya memperhatikan arah putaran yang sudah ditetapkan pada tiap ban. Anda harus teliti jangan sampai memasang arah putaran ban terbalik.

Baca Juga : Fungsi Rotasi Ban Mobil, Agar Keempat Roda Aus Secara Merata

Setelah itu perhatikan arah pola kembang ban agar tidak kebalik karena sangat berpengaruh dengan daya buang air saat melewati genangan air saat hujan.

Pada ban radial rotasi sebaiknya hanya depan ke belakang. Hal ini dengan pedoman susunan chord dan arah putaran ban. Sedangkan pada tipe bias cukup fleksibel sehingga bisa digeser secara menyilang dengan tepat.

Memang secara mudah adalah menukar ban depan ke belakang atau sebaliknya. Khusus untuk persilangan harus dipastikan ban memiliki alur telapak yang sama. Sehingga ketika ban punya satu alur maka tidak bisa disilangkan.

Untuk perhatian, jika ban bagian depan aus maka tidak boleh di rotasi. Anda sebaiknya mencari ban dengan ketebalan bagus. Pasalnya bagian depan memiliki fungsi penting dalam mengatur arah laju kendali setir. Arah rotasi ban mobil sangat berpengaruh pada keselamatan juga keawetan dari penggunaan ban itu sendiri. Sehingga harus benar-benar sesuai dengan yang semestinya. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto