Rabu, Oktober 27, 2021
BerandaTeknologiAplikasiArti Warna Aplikasi PeduliLindungi untuk Melacak Status Covid-19

Arti Warna Aplikasi PeduliLindungi untuk Melacak Status Covid-19

Arti warna aplikasi PeduliLindungi kerap menjadi pertanyaan semua orang. Kini aplikasi tersebut sudah resmi digunakan untuk melacak status Covid-19. Dengan begitu, akan membantu pemerintah dan masyarakat untuk mendeteksi status kesehatan pengguna berdasarkan warna.

Keberadaan aplikasi ini bertujuan untuk menyaring, tes, dan cek seseorang yang terdampak Covid-19. Bahkan pemerintah sudah menjadikan aplikasi tersebut sebagai syarat masuk ke ruang publik. Mengingat sebagian kawasan sedang menerapkan PPKM level 3 dan 2.

Melansir Galamedia dari laman resmi Kominfo, terdapat beberapa warna pada aplikasi PeduliLindungi. Tentu ada makna yang memberikan informasi untuk para pengguna. Warna tersebut berada di fitur Safe Entrance.

Baca Juga: Aplikasi Database Android Terbaik, Berikut Ini Pilihan Rekomendasinya!

Mengenal Arti Warna Aplikasi PeduliLindungi

Pada dasarnya, aplikasi PeduliLindungi merupakan cara untuk melakukan skrining masyarakat. Terutama bagi mereka yang berkunjung ke pusat perbelanjaan atau kawasan umum lainnya. Baru-baru ini ada kabar bahwa aplikasi tersebut wajib dimiliki mereka yang akan masuk ke mall.

Sebelum memasuki area mall, maka ada scan barcode khusus untuk aplikasi PeduliLindungi. Kode QR tersebut akan terpasang pada masing-masing pintu masuk ke mall. Sehingga semua orang wajib mampir dan menyertakan bukti aplikasi PeduliLindungi.

Tak hanya scan kode QR, Anda wajib menunjukkan sertifikat vaksinasi kepada petugas sebelum masuk ke mall. Hal ini guna mengecek status vaksinasi pengunjung. Nah, setelah melakukan scan kode QR, akan muncul notifikasi warna yang berbeda-beda.

Dengan inilah, pemerintah akan melakukan identifikasi terhadap warga melalui aplikasi PeduliLindungi. Arti warna aplikasi PeduliLindungi adalah sebagai berikut.

Warna Merah

Setelah melakukan scan kode QR, akan muncul beberapa warna dalam aplikasi PeduliLindungi. Warna merah adalah salah satu yang akan Anda jumpai. Nah, warna merah menandakan bahwa masyarakat tidak mendapatkan izin untuk memasuki kawasan tersebut.

Dengan kata lain, seseorang yang mendapatkan warna merah pada aplikasi PeduliLindungi tidak diperkenankan masuk ke mall. Selain itu, seseorang yang mendapatkan warna merah wajib melakukan vaksinasi demi keselamatan dari jangkaun virus Covid-19.

Baca Juga: Aplikasi Asap Digital Nasional Telah Meluncur untuk Pencegahan Karhutla

Warna Hijau

Kemudian aplikasi PeduliLindungi akan memberikan warna hijau kepada seseorang yang sudah melakukan scan kode QR. Arti warna aplikasi PeduliLindungi memberikan tanda bahwa seseorang bisa melakukan aktivitas di ruang publik.

Biasanya petugas akan mengizinkan seseorang yang memperoleh warna hijau. Hal tersebut juga menandakan bahwa seseorang telah memenuhi persyaratan seperti sudah melakukan vaksinasi.

Warna Oranye

Selanjutnya ada warna orange yang menandakan bahwa seseorang boleh masuk ke ruang publik. Hanya saja, mereka harus mematuhi semua peraturan yang berlaku. Artinya tetap mematuhi protokol kesehatan dan menyesuaikan kebijakan dari pengelola setempat.

Arti warna aplikasi PeduliLindungi membantu pemerintah untuk mengawasi semua ruang publik dengan lebih mudah. Dengan begitu, semua kawasan akan terkontrol sebaik mungkin.

Warna Hitam

Kemudian ada warna hitam yang merupakan kategori dalam aplikasi PeduliLindugi. Pasalnya, warna ini berlaku bagi mereka yang terpapar Covid-19.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut B Pandjaitan menjelaskan warna tersebut juga berlaku bagi mereka yang kontak erat pasien positif Covid-19.

Tujuan adanya warna tersebut agar petugas atau pemerintah bisa melakukan tindakan cepat. Sehingga bisa melakukan pencegahan terjadinya penyebaran kasus.

Arti warna pada aplikasi PeduliLindungi membantu semua pihak untuk mengawasi paparan virus Covid-19 id Indonesia. Mengingat bahwa saat ini Indonesia sudah memasuki zona yang lumayan aman dari pandemi tersebut.

Tindakan Petugas Penjaga Ruang Publik

Setelah mengetahui makna dari masing-masing warna pada aplikasi, maka perlu memahami tindakan petugas. Sudah pasti para petugas akan mempersilahkan semua pengunjung pusat keramaian untuk melakukan scan kode QR. Nantinya akan ada hasil berupa warna yang menandakan perizinan semua orang untuk memasuki kawasan tersebut.

Jika ada hal yang tidak terduga, maka petugas akan mempersilahkan pengunjung untuk isoman dan melakukan pembersihan kawasan dengan baik.

Mengingat bahwa tempat umum merupakan kawasan yang cukup krusial. Apabila kebersihan tidak terjaga, maka penyebaran virus Covid-19 semakin meluas.

Itulah beberapa hal yang dilakukan para petugas pada ruang publik seperti mall, pasaraya, dan lain sebagainya. Arti warna aplikasi PeduliLindungi menjadi langkah awal untuk Indonesia yang terbebas dari Covid-19. (R10/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisment -

Berita Terbaru