Asteroid 2021 NY1, Memiliki Ukuran Sebesar Jembatan Golden Gate

Asteroid 2021 NY1, Memiliki Ukuran Sebesar Jembatan Golden Gate
Ilustrasi Asteroid 2021 NY1. Foto: Ist/Net

Asteroid 2021 NY1 yang disebut sebagai Bennu akhirnya dirilis oleh NASA. Prediksi mengenai adanya tabrakan dengan asteroid yang besarnya membahayakan ini cukup kecil.

Kembali menjadi sorotan hangat warganet sejak kemunculan beritanya. Karena ukuran raksasanya yang membahayakan jika sampai bersinggungan dengan kehidupan makhluk hidup Bumi.

Penelitian mengenai asteroid yang satu ini ternyata sejak beberapa puluh tahun silam. Pada tahun 1999 hingga kini masih terus menjadi penelitian.

Hal yang membuatnya naik lagi ketika prediksi tanggal 22 September 2021 lalu akan melewati Bumi. Sedangkan berita lain memperkirakan asteroid 2021 QC1 yang lebih kecil juga akan melewati bumi pada awal bulan yang sama.

Baca Juga: Asteroid 2021 PH27, Berlokasi Dekat Dengan Bumi dan Matahari

Objek Asteroid 2021 NY1

Ukuran asteroid ini diperkirakan sekitar Jembatan Golden Gate yang ketinggiannya mencapai 277 meter. Diameter asteroid ini sendiri mencapai 130 meter hingga 300 meter. Lebih besar bukan?

NASA Jet Propulsion Laboratory yang merilis pernyataan terkait prediksi ini. Kemungkinan kecil asteroid yang lebih besar dari Jembatan terkenal San Francisco ini akan melewati Bumi.

Namun kita sebaiknya tenang karena memang gaya gravitasi berhasil untuk mengubah jalur objek dan menekan risiko berbahaya. Dampak yang akan asteroid timbulkan memang tidak bisa manusia antisipasi, karena ini murni dari alam semesta.

Oleh karena itu, para astronom berkoordinasi untuk terus memantau kemungkinan dari alam semesta. Mereka mengatakan bahwa jika terjadi ancaman terkait Bumi akan segera diumumkan untuk antisipasi.

Penelitian Lintasan Asteroid

Asteroid 2021 NY1 sudah terpantau utama sejak lama. Menggunakan teleskop khusus bernama Asteroid Hunter sebagai salah satu misi dari PDCO dan Universitas John Hopkins.

Misi ini bernama Pengalihan Asteroid Ganda atau DART. Usaha terus selalu berinovasi untuk menemukan cara bertahan dari ancaman tersebut.

Prediksi ini masih aman hingga kita meninggalkan bulan September. Orbitnya masih dalam jarak aman yang mencapai 930.487 mil. Sedangkan kecepatannya mencapai 3. 3659 km/jam.

Perasaan was-was terkait tabrakan pada Bumi ini masih terus hingga kini namun ilmuwan memastikan bahwa sudah aman. Bahkan prediksi terkait ancaman asteroid ke Bumi aman hingga abad depan.

Baca Juga: Asteroid 2021 PT Berukuran Dua Kali Big Ben, Pekan ini Masuk Orbit Bumi

Karakteristik Asteroid 2021 NY1

Memiliki nama lain yaitu Bennu dengan potensi yang membahayakan. Dengan ukuran raksasanya, kita bisa membayangkan sendiri akan pengaruhnya pada apapun yang bertebaran dengannya.

Sedangkan memiliki masa orbit yang cukup lama. Berkisar dari sejak tahun 1999 hingga tahun 2300 mendatang. Namun titik kritis pada lintasan mendekati bumi cenderung masih aman hingga kini.

Beberapa membandingkan ukurannya berkisar hingga tiga kali Patung Liberty. Bersama 17 objek lainnya yang berada mengitari Bumi selama kurang lebih dua bulan terakhir ini.

Membandingkannya bersama asteroid 2021 QC1 yang berukuran 160 meter dengan 71 meter. Kali ini akan melewati lebih dari tiga juta mil Bumi.

Jadi Asteroid Itu Apa Sih?

Membahas asteroid 2021 NY1 dengan ukuran raksasanya tersebut sudah membuat kita bergidik ngeri bukan? Nah, coba mari kita membahas mengenai asteroid secara lebih dalam lagi.

Objek ini mengelilingi planet dan matahari, berasal dari batuan. Pada awalnya pembentukan sebuah planet dalam susunan tata surya terdapat gas dan debu yang menjadi pembentuknya.

Ketika pencampurannya tidak menjadi ukuran sebuah planet tersebut, kita biasa menyebutnya sebagai asteroid dengan bentuknya yang tidak bulat sempurna seperti planet.

Penelitian menyebutkan bahwasanya sebagian besar asteroid berada dalam orbit Planet Mars dan Jupiter. Maka dari itu, ketika kabar terkait asteroid raksasa ini akan mengorbit menjadi ancaman yang terasa berdampak langsung.

Ancaman Asteroid

Asteroid 2021 NY1 menjadi salah satu ancaman terbesar pada akhir-akhir ini. Jumlahnya mencapai 2000 asteroid dan hal ini memberikan ancaman pada kehidupan planet kita ini.

Berbagai kemungkinan besar yang akan datang paling dekat berasal 45, 5 mil. Jarak ini sudah termasuk ke dalam kategori berbahaya.

Sedangkan dari seluruh jumlah NASA memberikan pernyataan bahwa 22 asteroid yang terdapat peluang. Namun kemungkinan ini cukup kecil dan masih dalam pemantauan hingga kini.

Harapannya akan tetap aman untuk kedepannya. Selagi para ilmuwan mencari cara untuk penanganan ancaman dari alam ini pada saat itu tiba.

Nah, jika Anda tertarik dengan tata surya semacam ini, maka akan cocok untuk mengikuti perkembangannya. Asteroid 2021 NY1 salah satunya yang menjadi berita terbaru dan terhangat. (R10/HR Online)

Editor: Jujang