Asteroid 2021 RS2 Meluncur Melewati Bumi, Kecil dan Tidak Berbahaya

Asteroid 2021 RS2 Meluncur Melewati Bumi, Kecil dan Tidak Berbahaya.
Ilustrasi Asteroid 2021 RS2. Foto : Ist/Net

Asteroid 2021 RS2 melintas melewati Bumi setelah berhasil ditemukan beberapa jam sebelumnya. Cenderung kecil berkisar seperti ukuran mobil, penemuan sekaligus meluncur pada 7 September 2021.

Melansir Earthsky dari NASA, Center for Near Earth Object Studies atau CNEOS. Penemuan fenomena kali ini menjadi hal yang menarik, terkait dari waktu penemuan dan aktivitasnya.

Prosesnya relatif singkat dan berdekatan. Pada posisi terdekatnya pukul 07:28 UTC atau 3:28 AM EDT, tepatnya 8 September 2021.

Objek berupa batu dari luar angkasa tersebut berhasil tertangkap mendekat melewati Bumi. Termasuk ke dalam salah satu dari 81 asteroid yang meluncur melewati Bumi dalam satu bulan ini.

Baca Juga: Asteroid Dog Bone Berbentuk Tulang Anjing, Ukuran Besar Namun Ringan

Objek Asteroid 2021 RS2 Meluncur Melewati Bumi

Karena ukurannya yang cenderung kecil membuat meteor ini berwarna terang dan cerah di langit. Kedatangannya hanya 9.532 mil atau 15.340 km dari permukaan Planet Bumi.

Jika kita bandingkan dari diameter Bumi ini, maka 7.917,5 mil 12.742 km. Perkiraan lintas dari Bumi mencapai satu diameter Bumi, lebih sedikit.

Lajunya mencapai 39.366 mil per jam atau 63,353 km per jam. Jika dalam kilometer, maka mencapai 17,59 per detik. Hal ini relatif dekat terhadap Bumi.

Meski cukup dekat, namun tidak membahayakan. Justru jika asteroid ini berhasil mendekati atmosfer, maka ia akan hancur terlebih dahulu. Karena ukurannya hanya berkisar 11 kaki atau 3,5 meter saja.

Kenapa Baru Ditemukan?

Objek asteroid 2021 RS2 yang satu ini relatif kecil ukurannya. Maka dari sini saja sudah cukup sulit untuk terdeteksi jika ia berada jauh dari Bumi posisinya.

Jika kita bandingkan dari asteroid yang berukuran lebih besar, tentu mendapatkan perhatian lebih. Daripada asteroid kecil yang satu ini cenderung tidak terlihat tentu saja.

Julukan asteroid ini diberikan karena hal ini. Sejak pengamatan pertamanya berlokasi di Mount Lemmon Survey, Arizona.

Baca Juga: Objek Asteroid 2021RE Mengorbit Terdekat ke Bumi,10 September 2021

Tidak Membahayakan Bumi

Karena fenomena objek batu luar angkasa yang bermunculan mendekat ke Bumi akhir-akhir ini. Bahkan asteroid 2021 RS2 yang satu ini adalah salah satunya, tercatat ke urutan 81 pada bulan ini.

Satu satu belakangan ini Bumi mendapatkan berbagai hasil pengamatan yang meningkat dari kegiatan berbagai objek luar angkasa. Namun sejauh ini masih aman, meski beberapa memiliki ukuran raksasa jaraknya masih jauh dari aman.

Sedangkan ketika jaraknya cukup dekat ukurannya yang justru masih sangat aman. NASA sendiri sudah melakukan pengembangan untuk rencana darurat.

Hal ini menjadi tindakan untuk siasat apabila ada benda langit yang membahayakan Bumi. Dengan meluncurkan Pesawat Luar Angkasa pada objek yang mendekat. Oleh karena itu, penelitian masih terus berlanjut demi memecahkan situasi semacam ini.

Penelitian Penangkalan

Beberapa kali terlihat aktivitas benda luar angkasa yang mendekat ke Bumi. Meski perkiraan para ilmuwan Bumi akan aman selama satu abad kedepan.

Penelitian terus masih berlanjut untuk mendapatkan formula tepat. Asteroid 2021 RS2 menjadi hal yang masih aman untuk saat ini. Namun kita tidak mengetahui kemungkinan kedepannya bukan?

Sampai saat ini para peneliti bahkan belum memiliki beragam pilihan. Guna menangkal objek yang masuk ke Bumi dan berpotensi membahayakan.

Ujian pertama yaitu DART yang akan membantu manusia untuk membelokkan sesuatu tanpa harus dengan nuklir. Ada pilihan lain lagi seperti berdiam diri ke dalam ruang bawah tanah. Namun tidak ada yang lebih menyakinkan lebih jauh hingga kini.

Fakta Lain Asteroid 2021 RS2

Termasuk dalam kategori Asteroid Apollo. Meski dalam klasifikasi Asteroid Dekat Bumi, objek 2021 RS2 ini aman dan tidak berbahaya untuk kelangsungan para penduduk Bumi itu sendiri.

Meski ukurannya diperkirakan hanya seperti mobil atau bus yang sering kita gunakan. Jika para peneliti bandingkan dengan beberapa objek yang mendekat ke Bumi belakangan ini ukurannya relatif kecil.

Dari data Pusat Planet Kecil IAU memberikan 37 pengamatan untuk menemukan orbitnya. Tidak terdapat target yang layak untuk eksplorasi Studi NHATS.

Asteroid 2021 RS2 ini jadi kenangan dan kemungkinan beberapa aktivitas selanjutnya. Hal ini akan menjadi menarik pada penelitian kedepannya mengenai objek dan benda langit lainnya. Meski tidak berbahaya untuk Bumi, kita tidak bisa memastikan dengan kemungkinan benda lainnya pada beberapa saat kedepan. (R10/HR Online)