spot_imgspot_img
BerandaBerita TerbaruBahan Knalpot yang Bagus, Simak Rekomendasi Terbaik Berikut Ini

Bahan Knalpot yang Bagus, Simak Rekomendasi Terbaik Berikut Ini

- Advertisement -

Bahan knalpot yang bagus akan mempengaruhi tampilan dan suaranya. Selain itu, bahan akan membuat ketahanan semakin awet. Bahan knalpot juga bisa membawa kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Knalpot merupakan bagian dari kendaraan yang memiliki fungsi penting. Maka dari itu, jika terjadi masalah, akan berpengaruh pada kondisi performa ketika digunakan.

Baca Juga : Knalpot Mobil Keluar Air, Jangan Panik! Ini Penyebabnya

Sebagai contoh, ketika mesin beroperasi siap berkendara, kendaraan membutuhkan ruang untuk mengeluarkan zat tidak terpakainya. Nah, fungsi dari knalpot adalah menjadi sistem pembuangan tersebut.

Mengenal Bahan Knalpot yang Bagus

Kini berbagai bahan yang digunakan dalam pembuatan bagian knalpot semakin beragam. Maka dari itu, coba simak beberapa kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Berbagai bahan tersebut ternyata mulai beredar luas di pasaran. Kita tentu menggunakan salah satunya dalam kendaraan yang sering menjadi transportasi sehari-hari.

Namun, tahukah Anda bahwa berbagai bahan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing?

Besi Tahan Karat

Salah satu bahan terbaik yaitu dengan menggunakan besi tahan karat. Karena persentasi dari kromiumnya membuat karakteristiknya sebesar 10 hingga 20%, tahan terhadap ancaman korosi.

Korosi sendiri merupakan salah satu reaksi kimia terhadap benda berbahan besi. Seiring dengan berjalannya waktu, akan membuat benda mudah rusak.

Baca Juga : Cara Membersihkan Knalpot Berkarat, Dijamin Ampuh dan Kinclong

Oleh karena itu, menggunakan bahan ini akan menjadi pilihan tepat. Apalagi ketika kelebihannya yang cenderung mudah dibentuk dan kuat daripada lainnya.

Buktinya, bahan ini menjadi material utama pembuatan berbagai produk, seperti peralatan makan, alat bedah, hingga pembangunan. Maka dari itu, pertimbangan dari karakteristik bahan dan harganya memberikan keuntungan para penggunanya.

Baja Ringan

Bahan knalpot yang bagus selanjutnya adalah baja ringan. Material ini cukup terkenal dan menjadi pilihan para pengguna karena beberapa kelebihannya. Mulai dari harga yang menjadi pertimbangan utama. Harganya memang cenderung terjangkau daripada bahan lainnya.

Penggunaan bahan ini sangat jadi pilihan hingga saat ini. Dalam menekan biaya produksi dan menjadi jalan keluar warga menengah ke bawah.

Meski begitu, bahan ini cenderung mudah panas. Selain itu jika perawatannya tidak tepat, akan mudah berkarat dan rentan terhadap beberapa kemungkinan lainnya.

Inconel

Bahan knalpot yang bagus selanjutnya ini merupakan salah satu bahan yang berasal dari percampuran dua bahan. Kita pasti tidak asing dengan nikel. Nah, bahan ini akan dicampurkan dengan kromium.

Dengan titik leleh tinggi dan menjadi bahan dalam reaktor nuklir. Biasanya dalam pembuatan knalpot berbahan ini hanya dalam ketebalan tipis agar menghasilkan bobot yang ringan saja.

Baca Juga : Knalpot Mobil Tanpa Resonator, Ada 3 Efek yang Harus Anda Tahu

Selain itu, kelebihannya yang mampu menahan panas dan kuat menjadi pertimbangan penggunaannya. Pembuatan knalpot berbahan ini cenderung cukup rumit dan sulit.

Namun sering jadi pilihan pada kendaraan kelas atas yang menjadi kegiatan tertentu. Oleh karena itu, bahan ini cenderung lebih mahal daripada lainnya. Kualitasnya bisa menjadi pertimbangan utama untuk Anda yang menginginkan bahan ini pada knalpot kendaraan kesayangan.

Titanium

Bahan knalpot yang bagus selanjutnya adalah bahan ini. Untuk berat dari material ini cenderung lebih ringan, bahkan mencapai 40%.

Namun tenang saja. Meski ringan, bahan ini tetap sama kuatnya dengan bahan unggul lainnya. Penggunaan knalpot berbahan ini cenderung mewah.

Selain itu, daya tarik dari knalpot ini ketika semakin panas justru akan menghasilkan warna biru yang cantik. Anda bisa menggunakan bahan ini dengan harga yang relatif lebih mahal, namun keawetannya terjamin sangat baik.

Galvanis

Bahan knalpot yang bagus yang satu ini memiliki kelebihan tidak mudah karat. Jika kita perhatikan, tampilannya cenderung mengkilap daripada bahan lain, menjadi daya tarik.

Berat knalpot bahan ini cenderung ringan, namun tahan karat lebih baik daripada besi. Selain itu, proses pembuatannya mudah untuk dibentuk berbagai macam yang orang inginkan.

Untuk ketersediaannya cukup bervariasi dan tidak terbatas meski dalam negeri. Baik untuk knalpot 4 tak ataupun 2 tak. Untuk perawatannya lebih baik usahakan selalu kita perhatikan agar tidak mudah berkarat begitu saja.

Bahan knalpot bagus yang kita bahas tadi bisa jadi referensi untuk Anda. Pembelian bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan dan selera masing-masing. Jangan lupakan mengenai budget utama dari pembelian bahan knalpot sebelum menggunakan. (R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisement -
- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -

Related News

- Advertisement -