Rabu, Desember 1, 2021
BerandaBerita TerbaruBahan Plafon Terbaik Mampu Memberikan Kualitas Hasil yang Maksimal

Bahan Plafon Terbaik Mampu Memberikan Kualitas Hasil yang Maksimal

Bahan plafon terbaik bisa mempengaruhi kualitas hasil yang diberikan. Apalagi mengingat jika saat ini sudah banyak bahan yang bisa digunakan untuk pembuatan plafon.

Plafon itu sendiri merupakan salah satu elemen penting yang banyak digunakan untuk membuat rumah tampak lebih menarik. Apalagi dengan motif dan model plafon yang beragam membuat interior rumah Anda semakin maksimal.

Fungsinya sendiri tidak hanya sebagai pembatas atap dan ruangan. Akan tetapi, plafon juga bisa berfungsi untuk dekorasi ruangan.

Baca Juga: Ukuran Standar Dapur Minimalis Menentukan Anggaran Biaya Anda

Bahkan mampu meredam suara bising, serta menghindari kotoran yang jatuh dari atap rumah. Sudah banyak orang yang menggunakan plafon untuk menghiasi rumahnya.

Selain fungsinya yang cukup penting desainnya juga cukup menarik. Bahkan Anda bisa memilih berbagai desain yang sesuai dengan konsep rumah.

Sehingga interior dan eksterior rumah akan menyatu. Untuk mendapatkan perpaduan yang tepat sebaiknya kenali bahan plafon bagus dan berkualitas.

Ada banyak jenis plafon yang bisa Anda jadikan pilihan. Oleh karena itu, pastikan Anda bisa memilih sesuai dengan jenis yang diinginkan.

Jenis-Jenis Bahan Plafon Terbaik yang Perlu Anda Tahu

Saat ini semakin banyak konsep rumah yang justru hadir di tengah-tengah masyarakat. Namun dari sekian banyaknya desain yang hadir konsep rumah minimalis masih menjadi pilihan sebagian besar orang.

Selain karena lahannya yang memang terbatas juga menjadi lebih hemat biaya. Rumah dengan konsep minimalis memang mampu menghadirkan ide menarik dan hemat biaya.

Setiap pembangunan rumah tentu memikirkan konsep, ide, dan berbagai peemilihan furniture agar lebih tepat. Hal ini juga berpengaruh pada pemilihan desain interior rumah Anda.

Dimana salah satunya dengan penggunaan plafon. Dengan memilih jenis plafon yang menarik akan membuat ruangan tampak lebih luas.

Bahkan Anda juga perlu tahu bagaimana cara memilih bahan plafon yang bagus. Jika materialnya bagus tentu kualitas hasil yang diberikan kuat, tahan lama dan menawan.

Bagi Anda yang sedang mencari rekomendasi jenis plafon yang bagus bisa gunakan rekomendasi berikut ini. Ada beberapa jenis plafon yang bisa Anda jadikan pilihan antara lain:

Gypsum

Bahan plafon terbaik mampu memberikan hasil berkualitas, awet, tahan lama dan menarik. Untuk itu, pastikan Anda memilih jenis bahannya sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga: Desain Ruang Terbuka Lantai Atas Beragam Manfaat Bisa Anda Dapatkan

Salah satu jenis yang banyak digunakan yaitu plafon rumah gypsum. Untuk Anda yang memiliki rumah dengan desain minimalis bisa pilih jenis plafon yang satu ini.

Ada banyak model plafon gypsum. Misalnya seperti bertingkat hingga kubah. Karena peminatnya cukup banyak membuat jenis plafon yang satu ini cukup mudah untuk Anda temukan di pasaran.

Namun sayangnya ada kekurangan dari jenis plafon rumah ini yaitu daya serap air yang cukup tinggi. Sehingga air yang terserap akan menambah beban plafon.

Hal ini mengakibatkan plafon gypsum akan mudah roboh jika terkena air atau kebocoran.

Eternit

Ada jenis bahan plafon terbaik lainnya yaitu eternit. Jenis plafon rumah yang satu ini merupakan campuran bahan semen dan kain perca. Jenis plafon ini tahan terhadap air dan memiliki harga yang cukup terjangkau.

Selain itu, plafon eternit juga tahan terhadap api, tidak mudah lapuk dan mampu memberikan nuansa dingin pada ruangan. Bagi Anda yang menginginkan menggunakan jenis plafon ini harus lebih ekstra hati-hati dalam pemasangannya.

Material eternit mudah retak sehingga perlu perhatian khusus dalam pemasangan. Agar bisa menambah nilai estetika ruangan bisa tambahkan lampu.

Triplek

Plafon jenis triplek juga sudah banyak menjadi pilihan untuk berbagai pilihan rumah bergaya klasik. Bahan plafon terbaik yang satu ini biasanya tersedia dalam bentuk lembaran dengan berbagai ketebalan berbeda.

Untuk pemasangannya biasanya menggunakan rangka kayu. Adapun keunggulan dari jenis plafon rumah yang satu ini yaitu harganya yang terjangkau.

Dengan bobot triplek yang ringan membantu memudahkan dalam pemasangan. Sedangkan untuk kekurangannya yaitu plafon triplek tidak tahan terhadap api. Bahkan akan mudah rusak jika sering terkena air.

Dalam pemilihan bahan plafon terbaik bisa mempengaruhi hasil yang Anda dapatkan. Untuk itu, pastikan plafon tersebut cocok dengan konsep rumah Anda dan memiliki kualitas yang baik. (R10/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -