Bekerja Adalah Ibadah Karena Merupakan Perintah Allah Maha Pemurah

Bekerja Adalah Ibadah Karena Merupakan Perintah Allah Maha Pemurah
Ilustrasi Bekerja Adalah Ibadah. Foto: Ist/Net

Bekerja adalah ibadah. Mungkin banyak yang sudah mengetahui mengenai kata tersebut. Akan tetapi masih banyak juga yang belum paham yang menyebabkan bekerja itu dikatakan sebagai ibadah.

Bahkan, kebanyakan orang hanya mengetahui bekerja itu hanya untuk mendapatkan uang bukan salah satu ibadah yang mendapatkan pahala.

Islam merupakan agama tauhid, yakni kepercayaan tentang keesaan Allah. Adanya keyakinan tersebut melahirkan aneka kesatuan. Apabila dilepaskan, maka akan terlepas pula ajaran tauhid tersebut.

Sama seperti halnya keliling di sekitar serta berada di bawah daya tariknya planet tata surya, yang apabila terlepas dari daya tarik tersebut, maka akan terjadi kehancuran.

Perlu Anda ketahui bahwasanya, dunia dan akhirat itu merupakan salah satu aspek dari ajaran tauhid. Artinya adalah, apapun yang kita lakukan di dunia nantinya akan kita temukan di akhirat pula. Karena semuanya akan dimintai pertanggungjawaban.

baca juga: Rukun Ibadah Haji dan Penjelasannya Sesuai Syariat Islam

Bekerja Adalah Ibadah, Apa Penyebabnya?

Tidak tepat Apabila ada yang mengatakan ada amal duniawi dan ada pula Amal ukhrawi. Pasalnya, keduanya tersebut merupakan mata uang dengan dua wajah. Sehingga ibadah dan kerja itu seharusnya menjadi satu kesatuan utuh.

Maksudnya adalah, pekerjaan apapun yang kita lakukan hendaknya berdasarkan ajaran tauhid. Dengan demikian, kita dapat memahami bahwasanya bekerja adalah ibadah.

Kerja sendiri memiliki definisi sebagai penggunaan daya. Perlu Anda catat juga bahwasanya Allah itu sudah menganugerahkan 4 daya pokok kepada manusia.

Daya fisik yang akan menghasilkan kegiatan fisik serta keterampilan, daya pikir yang bakal mendorong pemiliknya untuk berpikir serta menghasilkan ilmu pengetahuan.

Kemudian ada daya kalbu, yang akan menjadikan kita mampu berkhayal, mampu mengekspresikan keindahan, beriman, mampu merasakan berhubungan dengan Sang Pencipta Allah SWT.

Selanjutnya, anugerah berupa daya hidup yang bakal menjadikan seseorang itu mempunyai semangat juang, dalam menghadapi tantangan serta mampu untuk menanggulangi adanya kesulitan.

Perlu Anda catat bahwasanya, empat Anugerah tersebut sudah pasti kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dan itulah yang menyebabkan Mengapa kerja yang kita lakukan itu sebagai amal ibadah. Karena adanya perpaduan 4 anugerah tersebut akan menghasilkan kerja merupakan keniscayaan.

baca juga: Cara Membersihkan Najis Dalam Islam yang Menjadi Penghalang Ibadah

Kembali Kepada Hakikat Penciptaan Manusia

Alasan mengenai bekerja adalah ibadah bukan itu saja, seperti halnya penjelasan dalam Alquran surat Al-Dzariyat ayat 56, tidak ada tujuan lain dalam Allah menciptakan jin dan manusia melainkan hanya untuk beribadah dan menyembah kepada Allah.

Ibadah sendiri tidak hanya sekedar ketaatan dan ketundukan saja. Melainkan, bentuk ketundukan akibat adanya rasa keagungan yang terdapat dalam jiwa seseorang sehingga menyebabkan ia mengabdi.

Bekerja adalah ibadah, apabila kita mampu mengimbanginya dengan melakukan amal kebaikan.

Misalnya saja begini, di tengah-tengah sibuknya pekerjaan, akan tetapi Anda masih sempat melaksanakan shalat Dhuha, shalat wajib, shodaqoh jariyah, saling tolong-menolong dan amalan lainnya yang menyebabkan kita itu mendapatkan pahala.

Dalam Islam sendiri bekerja merupakan sebuah kewajiban. Mengapa? Karena hal tersebut merupakan salah satu bentuk ikhtiar untuk bertahan hidup. Seperti halnya perintah Allah yang menganjurkan kepada hamba-Nya untuk selalu berusaha. 

Oleh sebab itu, dengan bekerja kita melaksanakan kewajiban yang bernilai ibadah. Bahkan, kita mendapatkan pahala dari Allah SWT, apabila kita mampu mengimbanginya dengan melakukan amar ma’ruf.

Seperti penjelasan pada bagian sebelumnya bahwa Allah itu memerintahkan kita untuk bekerja. Maka, apabila kita bekerja berarti kita sudah melaksanakan perintah dari Allah, dan hal tersebut merupakan atau termasuk dalam ibadah. Mengenai hal tersebut dalam Alquran dan hadis juga menjelaskan bahwa bekerja adalah ibadah.

baca juga: Amal Ibadah Paling Utama di Bulan Ramadhan

Dalil Al-Quran yang Mendukung

Akan tetapi, hendaknya kita mencari nafkah dengan cara yang halal baik untuk diri sendiri maupun keluarga. Karena hal tersebut, merupakan bagian dari berjuang di jalan Allah SWT. Dalam Al Quran surat An-Naba ayat 11:

Maksudnya adalah, hendaknya kita mampu memanfaatkan waktu tersebut, Untuk mengerahkan segala usaha dan upaya, supaya kita mampu bertahan hidup.

Bukan hanya itu saja, dalam Al Quran surat Al Jumuah ayat 10 menjelaskan, setelah shalat itu kita laksanakan, maka hendaknya kita menyebar di seluruh permukaan bumi ini dengan tujuan mencari karunia Allah. Akan tetapi, hendaknya kita tetap mengingat Allah sebanyak-banyaknya supaya beruntung.

Kemudian, dalam Quran surat al-mulk ayat 15 yang artinya, Allah-lah yang sudah menjadikan bumi itu mudah untuk kita jelajahi. Maka, jelajahilah ke semua penjuru dan makanlah sebagian dari rizki yang sudah Allah berikan. Karena hanya kepada Allah-lah kita akan kembali setelah dibangkitkan.

Hadits riwayat Thabrani dan Bukhari juga menjelaskan bahwa sesungguhnya Allah itu mencintai orang-orang mukmin, yang mau bekerja keras untuk usaha mencari mata pencaharian.

Sedangkan dalam hadis riwayat Ahmad memiliki arti, bahwa sesungguhnya Allah itu mencintai hamba yang bekerja dan terampil. Barangsiapa yang bersusah payah untuk mencari nafkah bagi keluarganya, maka seperti halnya dengan seorang Mujahid yang berjuang dijalan Allah.

Bekerja adalah salah satu ibadah dan perintah Allah SWT. Apabila kita mampu melaksanakan dan mengimbanginya dengan tetap taat dan tunduk terhadap aturan Allah, bukan hanya mendapatkan kebahagiaan duniawi saja, akan tetapi juga pahala yang akan menjadi bekal kita menghadap Allah suatu saat nanti.

Semoga, adanya penjelasan mengenai bekerja adalah ibadah tersebut, membuat kita lebih semangat dan giat untuk mencari nafkah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. (Muhafid/R6/HR-Online)