Warga Dusun Mekarsari Pangandaran Beli Lahan TPU Secara Swadaya

Warga Dusun Mekarsari Pangandaran Beli Lahan TPU Secara Swadaya
Warga Dusun Mekarsari, Desa Jayasari, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, gotong royong membersihkan dan menata lahan yang nantinya akan dijadikan TPU. Foto : Enceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Selama puluhan tahun, warga Dusun Mekarsari, Desa Jayasari, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, tidak mempunyai lahan untuk TPU atau Tempat Pemakaman Umum.

Namun, kini warga bisa memiliki Tempat Pemakaman Umum, setelah membeli lahan secara swadaya.

Kepala Desa Jayasari, Oban Sobandi, membenarkan, bahwa sudah puluhan tahun warga Dusun Mekarsari tidak mempunyai lahan TPU.

Jadi, katanya, untuk memakamkan sanak saudaranya yang meninggal dunia, warga terpaksa memakamkan di TPU Pasir Joho Desa Pangkalan.

Padahal, jarak antara Dusun Mekarsari dengan TPU Pasir Joho Desa Pangkalan cukup jauh.

“Sehingga, warga berinisiatif untuk membeli lahan TPU secara swadaya. Jadi, jika ada warga yang meninggal tidak terlalu jauh tempat pemakamannya,” katanya kepada HR Online, Rabu (15/9/2021).

Lebih lanjut Oban menambahkan, warga membeli lahan untuk pemakaman umum seluas 2.583 meter pesegi. Sementara sumber dana untuk membeli lahan tersebut berasal dari uang hasil donasi warga sekitar.

Menurutnya, lahan untuk pemakaman itu nantinya akan dihibahkan oleh warga Dusun Mekarsari kepada pemerintah Desa Jayasari.

Nantinya, pemerintah desa akan kembali menghibahkannya kepada masyarakat, khususnya masyarakat Dusun Mekarsari.

“Jadi kedepan jika ada warga masyarakat yang meninggal dunia, pemakamannya tidak harus jauh ke wilayah Desa Pangkalan. Karena mereka sudah punya lahan sendiri,” ujarnya.

Oban pun mengapresiasi inisiatif dan gotong royong warga Dusun Mekarsari, yang ingin memiliki lahan TPU sendiri.

“Semoga dusun-dusun lain yang belum memiliki TPU bisa meniru Dusun Mekarsari,” pungkasnya. (Enceng/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto