Senin, Oktober 18, 2021
BerandaBerita CiamisBerdayakan Koperasi, DKUKMP Ciamis Gelar Pelatihan SDM

Berdayakan Koperasi, DKUKMP Ciamis Gelar Pelatihan SDM

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat, Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Ciamis menggelar pelatihan peningkatan kapasitas dan kompetensi SDM koperasi, Selasa (21/9/2021) di Hotel Larissa Ciamis.

Sebanyak 20 pengawas Koperasi mengikuti kegiatan tersebut.

Kepala Dinas KUKMP Ciamis, David Firdha mengatakan, kegiatan pelatihan ini sebagai upaya meningkatkan pemberdayaan keberadaan koperasi supaya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Koperasi merupakan gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan,” katanya.

Menurutnya, koperasi sebagai unit usaha bersama sangat sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia.

Oleh karena itu, koperasi perlu dikembangkan oleh masyarakat dalam rangka menegakan perekonomian nasional.

“Koperasi juga berperan dalam hidup di tengah masyarakat salah satunya untuk memperbaiki ekonomi dan tercapailah kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Baca Juga: 1.000 Orang Pedagang Pasar Ciamis Disuntik Vaksin

David mengungkapkan, kondisi koperasi di Kabupaten Ciamis saat ini masih belum dapat menunjukan kemajuan yang cukup signifikan.

“Itu karena terbatasnya akses terhadap koperasi kepada sumber daya yang produktif, menyebabkan koperasi ini sulit dalam hal tingkatkan kapasitas usahanya serta mengembangkan usaha yang inovatif dan berdaya saing,” ungkapnya.

David menjelaskan, dari beberapa koperasi yang ada  di Kabupaten Ciamis masih belum terlihat adanya manfaat bagi masyarakat khususnya anggota koperasi.

Untuk itu, perlu mengembalikan fungsi koperasi agar berperan dalam memenuhi kebutuhan anggotanya dan masyarakat sekitar serta mampu memberikan kontribusi dalam pertumbuhan perekonomian di Kabupaten Ciamis.

“Untuk mengatasi masalah tersebut DKUKMP selaku Dinas terkait berupaya keras dan mengambil langkah-langkah kebijakan, dengan memberdayakan dan menumbuhkembangkan koperasi melalui kegiatan pelatihan ini,” jelasnya.

David berharap, kepada para peserta agar dapat benar-benar mengikuti kegiatan ini supaya nanti bisa mengimplementasikan kepada masyarakat.

“Tolong ikuti pelatihan ini dengan sebaik-baiknya, supaya bisa terciptanya kesejahteraan bagi masyarakat dan juga anggota khususnya,” pungkasnya. (Ferry/R8/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img