Bilangan Kuantum Azimut Terkenal Dengan Keterkaitan Ilmu Matematika

Bilangan Kuantum Azimut Terkenal Dengan Keterkaitan Ilmu Matematika
Ilustrasi Bilangan Kuantum Azimut. Foto : Ist/Net

Bilangan kuantum Azimut terkenal sebagai bilangan kuantum momentum sudut orbital dan bilangan kuantum kedua. Sering dilambangkan menjadi ℓ pembacaan rumusnya.

Pembahasan kali ini mengenai salah satu materi dalam IPA Fisika. Untuk para penggemar pelajaran yang satu ini kuantum menjadi hal menarik.

Selain itu, penggunaanya dalam menentukan sebuah orbit atom. Quantum Number Azimuth menjadi salah bentuk untuk menyatakan suatu orbital dengan subkulit elektron berbeda.

Dengan materi ini, bilangan ini memiliki nomina 0,1,2,3, dan seterusnya. Bernilai positif dan untuk kulit atom menggunakan huruf K, L, M, N dan berlanjut.

Baca Juga: Sifat Fisika dan Kimia Aldehid, Senyawa dan Cara Pembuatannya

Ketahui Bilangan Kuantum Azimut

Pertama kita akan membahas pengertian dari bilangan yang satu ini. Azimut merupakan sebuah bilangan kuantum kedua yang hadir dari bilangan kuantum elektron.

Jika membicarakan orbital dari atom untuk momentum sudut akan membentuk orbital, maka bilangan ini akan berpengaruh terhadap empat energi dari elektron sebuah atom.

Dalamnya terdapat n, , mℓ, dan ms yang sering digunakan kuantum. Selain itu, kita pasti akan menemukan keterkaitan antara tiga bilangan.

Untuk penggunaannya dalam persamaan gelombang dan penyelesaian bagian polar. Bilangan kuantum utama menggunakan (n) sedangkan untuk notasi spektroskopi, kuantum magnetik (m), dan kuantum spin menggunakan (s).

Sejarah Awal Mulanya

Mulanya Arnold Sommerfeld yang memiliki usulan terkait dengan bilangan kuantum azimut ini. Berasal dari model Atom Bohr, yang merupakan nukes kecil dengan muatan positif.

Sekitarnya terdapat elektron bergerak dalam orbit yang melingkarinya. Sama seperti dengan daya gravitasi pada tata surya. Maka dari sini, analisis spektroskopi mengkombinasi model atom Rutherford.

Dengan titik terendah kuantum dan orbit pendulum. Muatan tersebut bisa berosilasi dalam dimensi orbit pendulum tersebut.

Baca Juga: Sifat Kimia Alkena Beserta Sifat Fisikanya yang Penting untuk Diketahui

Bilangan Kuantum Utama

Berkaitan dengan terbentuknya bilangan kuantum Azimut. Bilangan kuantum Azimut yang satu ini akan menjadi bahasan terkait. Dengan kulit elektron atau tingkat energi dan atom.

Ketergantungan bilangan ini pada sebuah jarak elektron dan nukleus yang memiliki koordinat radial r. Jika jaraknya bertambah, maka secara otomatis keadaan kuantum dengan bilangan utamanya berbeda daripada kulitnya.

Bilangan Kuantum Magnetik

Nah, untuk bilangan yang satu ini akan memberikan gambaran terkait dengan energi subkulit. Dengan proyeksi momentum sudut orbital sepanjang sumbu tersebut.

Misalnya mℓ, maka subkulitnya s(ℓ=0) berisikan satu orbital. Sedangkan mℓ elektron dalam sebuah subkulit s selalu 0, subkulit p(ℓ=1) berisi tiga orbital.

Elektron di subkulit akan -1, 0 atau 1. Lalu subkulit (ℓ=2) akan berisikan lima orbital, maka mℓ nilainya -2,-1,0,1 dan 2 berkaitan dengan orientasi orbita.

Daftar Bilangan Kuantum Momentum Sudut

Nah berikut ini akan membahas bagaimana daftar bilangan ini. Mulai dari sudut intrinsik atau spin yang secara sederhana disebut sebagai bilangan kuantum spin.

Kedua memiliki bilangan kuantum momentum sudut orbital. Bilangan kuantum magnetik yang memiliki keterkaitan dengan momentum orbital.

Bahkan bilangan kuantum momentum sudut total yang kita bahas sebelumnya. Daftar ini berisikan bilangan kuantum momentum sudut secara lengkap.

Keadaan sebuah kuantum akan memberikan elektron dalam atom untuk menyusun fungsi gelombang. Selain itu, dengan fungsi gelombang akan terdapat persamaan Schrödinger.

Momentum Sudut Elektron

Bilangan kuantum Azimut memiliki keterkaitan dengan hal ini. Sebuah bilangan dengan yang kuantumnya memiliki persamaan untuk menentukan operator momentum sudut orbital.

Bilangan dalamnya memiliki nilai positif misalnya 1,2,3,4,5, dan seterusnya. Fungsi utama gelombang ini adalah membentuk harmonis sferis dengan polinomial Legendre.

Jumlah simpul planar yang melewati nukleus akan memberikan elektromagnetik. Untuk menjadi titik tengah pada puncak dan lembah yang memiliki magnitudo nol.

Momentum Sudut Terkuantisasi

Membahas sekaligus pada magnitudo tadi, kisaran ini akan memberikan keterkaitan pada tahapan bilangan bulatnya. Maka nanti besaran momentum sudut individunya akan saling berpengaruh.

Nah, bahasan mengenai bilangan yang saling terkait dalam elektron sebuah atom tersebut memberikan pemahaman baru bahwa fisika memiliki keterkaitan dengan ilmu matematik yang cukup dekat bukan? Bahkan dalam kehidupan sehari-hari kita bisa mempraktikkannya secara langsung.

Bilangan kuantum Azimut yang hadir ini memberikan gambaran sudut orbital yang memiliki bentuk orbit. Sering ditulis dengan bilangan bulat mulai dari 0, 1, 2, 3, 4, 5, dan seterusnya. Bisa kita sebut juga sebagai bilangan kuantum sudut orbital. (R10/HR Online)

Editor: Jujang