BPNT di Ciamis Dianggap Mematikan Warung Lokal

BPNT di Ciamis Warung
Ilustrasi BPNT. Foto: Ist/Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Program BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) di wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat dianggap mematikan warung lokal.

Sejumlah pedagang mengeluhkan sepinya pembeli lantaran banyak warga yang terdata sebagai KPM (Keluarga Penerima Manfaat) BPNT yang tidak lagi berbelanja ke warung lokal yang dekat dengan tempat tinggalnya.

Nana, pedagang sembako di wilayah Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, mengaku omzet penjualannya turun seiring cairnya BPNT dalam bentuk sembako.

“Berbagai jenis barang dagangan yang biasanya gampang terjual, saat ini sulit terjual. Sebab, komoditi seperti telur dan beras disuplay langsung dari pelaku usaha berskala besar,” ungkapnya, Sabtu (4/9/2021).

Menurut Nana, seandainya bantuan yang diterima KPM berbentuk beras sara dan sisanya uang tunai, maka KPM bisa membelanjakan uang tersebut ke warung-warung terdekat di wilayahnya.

“Kalau KPM membelanjakan uang bantuan itu ke warung-warung lokal, maka para pedagang kecil turut merasakan adanya peningkatan omset jualan,” katanya.

Baca Juga: Digesek E-Warung Diam-diam, Saldo Kartu Sembako KPM Ciamis Kosong

Lanjut Nana, berbeda apabila bantuan yang diberikan kepada KPM dalam bentuk bahan pangan sembako, maka pedagang kecil seperti dirinya akan sepi pembeli.

Hal senada juga diungkapkan Abo, seorang peternak telur di Kecamatan Cipaku. Abo mengatakan, sebelum ada BPNT di Ciamis, telur dari peternakannya selalu laris terjual di setiap warung.

“Beda dengan sekarang, warung yang biasa membelinya tidak menerima telur saya. Mereka beralasan karena konsumen yang biasa belanja ke warungnya sudah mendapatkan bantuan telur,” jelasnya.

Abo berharap, program BPNT dari Kemensos tersebut tidak seluruhnya berupa bahan pangan sembako. Namun sebagiannya bisa berbentuk uang. “Maksudnya agar pedagang-pedagang kecil tidak kena dampaknya,” tandasnya.

Sementara itu, program bantuan yang digulirkan pemerintah tidak hanya BPNT atau biasa juga disebut Bantuan Sembako. Selain BPNT, pemerintah juga menggelontorkan berbagai bantuan dalam bentuk uang tunai, seperti Bantuan Langsung Tunai (BLT) Kemensos. Selain dari Kemensos ada juga BLT yang berasal dari Dana Desa. (Edji/R7/HR-Online/Editor-Ndu)