Warga Cigayam Ciamis Lega, Bronjong Tebing Sungai Akhirnya Dibangun

Bronjong Tebing Sungai Akhirnya Dibangun
Pihak BBWS membangun bronjong tebing sungai Ciputera Haji, yang selama ini menjadi biang keresahan warga Dusun Pangadegan, Desa Cigayam, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis. Foto : Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Warga Dusun Pangadegan, Desa Cigayam, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, kini sudah tidak was-was kembali. Pasalnya, pihak BBWS membangun bronjong tebing sungai Ciputera Haji, yang selama ini menjadi biang keresahan warga.

Seperti yang diungkapkan Arifin, salah seorang warga sekitar sungai Ciputera Haji. Ia mengaku lega saat BBWS melaksanakan pekerjaan bronjong tebing sungai, yang selama ini menjadi sumber kekhawatiran warga.

“Pembangunan bronjong ini sudah lama kami nantikan,” ungkapnya kepada HR Online, Minggu (12/9/2021).

Sebab, sambungnya, bantaran sungai yang terus mengalami abrasi tersebut berada di lokasi lahan miliknya.

Bukan hanya Arifin saja yang khawatir atau was-was, namun juga mengancam kenyamanan warga sekitar.

“Alhamdulillah penantian kamu warga sini akhirnya terkabulkan juga,” katanya.

Hal senada dikatakan Wakil Ketua Karang Taruna Desa Cigayam, Komar Siddiq. Menurutnya, pembangunan bronjong tebing sungai tersebut sangat bermanfaat sekali bagi masyarakat. Terutama warga yang rumahnya dekat dengan bantaran sungai yang longsor.

“Sebagai pemuda, kami sangat berterima kasih kepada pihak BBWS, yang telah menggelontorkan anggaran untuk perbaikan bibir sungai yang terus abrasi,” ucapnya.

Pihaknya berharap kepada BBWS, agar kedepannya pembangunan bronjong tebing sungai tersebut terus berlanjut.

“Karena masih ada beberapa titik bibir sungai yang mengalami abrasi. Dan tentunya dengan abrasi tersebut bisa mengancam pemukiman warga sekitar,” terangnya. (Suherman/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto