Burung Kecil yang Mudah Diternak, Ini Pilihannya

burung kecil yang mudah diternak
Ini pilihan burung kecil yang mudah diternak. Foto: Ist/Net

Burung kecil yang mudah diternak memang tidak banyak. Karena itu perlu seleksi dalam menjalankan usaha ternak burung agar menguntungkan. Kebutuhan pasar juga perlu menjadi pertimbangan jika Anda ingin agar bisnis cepat berkembang.

Selain itu tidak semua burung kecil akan menguntungkan untuk usaha ternak. Ada beberapa burung kecil yang mudah kita pelihara sekaligus menguntungkan. Apalagi dengan penampilannya yang cantik dan ukurannya yang bagus.

Bahkan seringkali burung kecil tersebut tampil dalam kontes dan banyak orang yang memperjual belikan.

Baca Juga: Cara Ternak Puyuh Petelur, Usaha Rumahan yang Cocok saat Pandemi

Jenis Burung Kecil yang Mudah Diternak

Bagi Anda yang tertarik untuk berternak burung khususnya burung kecil dan ingin mendapatkan keuntungan, berikut ada beberapa jenis burung yang cocok Anda ternak.

Pastikan jangan salah pilih agar usaha ternak Anda mampu memberikan keuntungan. Berikut ini beberapa jenis burung kecil yang mudah diternak yang bisa Anda pilih.

Burung Kenari

Jenis burung kecil yang mudah dalam perawatan adalah burung kenari. Burung ini banyak orang pelihara. Salah satu cirinya adalah memiliki corak warna yang beragam dengan harga relatif terjangkau untuk pemula.

Burung yang tergolong sebagai hewan endemik Kepulauan Canary Spanyol ini menyebar hampir ke seluruh dunia. Jadi burung ini sangat mudah kita temukan.

Secara fisik, ukuran tubuh dari burung kenari sekitar 10 sampai dengan 12 cm dari dari ujung paruh sampai dengan ekor. Sedangkan bobotnya sekitar 15 gram saja.

Baca Juga: Cara Ternak Ayam Joper, Usaha Rumahan yang Menguntungkan

Burung Parkit

Jenis burung kecil yang mudah diternak selanjutnya adalah burung parkit. Binatang bersayap yang satu ini memiliki panjang tubuh sekitar 18 cm dan bobot 30 sampai dengan 40 gram.

Parkit termasuk salah satu burung kecil pemakan biji-bijian yang biasanya hidup sekitar kawasan kering Australia sebelum akhirnya masuk ke Indonesia.

Jenis burung ini juga termasuk burung yang cerdas. Bahkan burung ini terkenal sebagai burung yang mampu menirukan suara hewan atau pemiliknya.

Burung Kacer

Kacer secara umum memiliki ciri berupa corak bulu yang memadukan antara warna hitam dan putih. Burung ini menyebar ke berbagai penjuru dunia, mulai dari kawasan India sampai ke kawasan Asia Tenggara.

Ukuran tubuhnya memiliki panjang sampai dengan 19 cm dengan bagian ekornya yang relatif panjang. Harganya pun relatif murah tergantung umur, kondisi, suara serta prestasinya.

Semakin berprestasi dengan suara kicau yang unik, maka akan semakin tinggi juga banderol harga terhadap burung ini.

Love Bird

Jenis burung kecil yang mudah diternak yang satu ini sedang populer saat ini. Burung Love Bird termasuk salah satu jenis burung yang sangat bagus untuk kita ternak dan pelihara.

Selain ukurannya yang kecil dan mungil dengan bulu yang indah, love bird juga termasuk salah satu jenis burung yang memiliki suara atau kicauan merdu. Sehingga banyak orang yang suka dengan burung ini.

Love bird merupakan jenis burung yang berasal dari genus Agapornis dengan ukuran panjang rata-rata 13 hingga 17 cm. Burung ini memiliki bobot sekitar 40 sampai dengan 60 gram.

Habitat asli Love bird berasal dari kawasan Afrika dan juga Madagaskar. Burung  ini termasuk jenis burung kicau terbaik yang seringkali ikut serta dalam berbagai kontes yang menilai kicauan serta penampilannya.

Harganya sendiri sangat bervariasi dan tergantung jenisnya. Seperti ada lovebird muka merah, lovebird kacamata fisher, loverbird muka salem dan berbagai jenis lainnya.

Burung Kolibri

Burung kolibri memiliki karakteristik paruh panjang dan tipis yang fungsinya untuk mengonsumsi nektar. Jenis hewan ini rata-rata memiliki panjang tubuh sebesar 9 – 10 cm dan memiliki bobot mulai dari 5 sampai dengan 7,5 gram.

Umumnya, beberapa jenis burung kolibri yang banyak orang pilih untuk ternak atau peliharaan seperti burung kolibri ninja atau dalam bahasa latin bernama Leptocoma sperata.

Burung ini juga terkenal dengan sebutan burung madu pengantin. Habitat alami dari burung ini berada pada kawasan hutan tropis dan subtropis sekitar kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Itulah beberapa jenis burung kecil yang mudah diternak dan Anda budidayakan. Anda para pecinta burung bisa membudidayakan salah satunya dan mendapatkan kepuasan serta keuntungan darinya. (R10/HR Online)