Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBerita TerbaruCara Hemat Baterai iPhone untuk Semua Tipe, Daya Lebih Tahan Lama

Cara Hemat Baterai iPhone untuk Semua Tipe, Daya Lebih Tahan Lama

Cara hemat baterai iPhone tentu merupakan hal penting yang perlu Anda perhatikan. Daya tahan baterai menjadi salah satu problem tersendiri bagi para pengguna iPhone.

Pasalnya, perangkat iPhone mempunyai kapasitas baterai yang tergolong kecil. Kapasitas perangkat ini hanya berada dalam kisaran 1000 hingga 3000 mAh.

Besaran daya baterai tersebut tentunya sangat sedikit bagi Anda yang memiliki aktivitas mobile cukup tinggi. Bahkan saat bepergian pun para pengguna iPhone selalu membawa powerbank untuk mengantisipasi ketika kehabisan baterai ponsel.

Baca Juga : Penyebab IC Baseband iPhone Rusak, Akibatkan Hilang Sinyal pada HP

Oleh karena itu, daripada Anda selalu berhadapan dengan baterai ponsel cepat habis, maka Anda perlu melakukan beberapa hal yang dapat menghemat konsumsi daya iPhone.

Simak Cara Hemat Baterai iPhone Paling Ampuh

Baterai merupakan salah satu komponen utama dalam setiap perangkat HP. Hal ini karena baterai berisi dengan material yang memiliki fungsi sebagai sumber daya supaya perangkat dapat menyala serta berfungsi sebagaimana mestinya.

Baterai HP umumnya bersumber dari tenaga listrik. Oleh karena itu, memerlukan adanya perawatan serta pemeliharaan agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Akan tetapi, tidak banyak orang yang memahami jika baterai bisa saja berusia lebih singkat dari yang disarankan. Hal ini pun dapat terjadi pula pada perangkat iPhone

iPhone hadir dengan berbagai macam versi dan fitur yang cukup canggih. Akan tetapi, penggunaan iPhone secara berlebihan juga dapat mempengaruhi konsumsi baterai sehingga cepat habis.

Berikut ini cara hemat baterai iPhone yang cukup ampuh, antara lain:

Mematikan Animasi

Penggunaan animasi pada perangkat HP secara terus-menerus tentu dapat mempengaruhi daya baterai. Pasalnya, dengan menggunakan animais, maka kemampuan dari iPhone untuk menjalankan animasi tersebut akan semakin besar. Hal ini tentunya memerlukan adanya energi baterai yang besar plas.

Dengan demikian, bagi Anda yang ingin menghemat baterai, sebaiknya tidak perlu menggunakan fitur animasi pada perangkat iPhone Anda. Ini bertujuan supaya baterai iPhone dapat lebih tahan lama.

Mengurangi Kecerahan Layar

Cara hemat baterai iPhone selanjutnya adalah dengan mengurangi kecerahan layar. Kecerahan layar pada perangkat HP yang semakin tinggi justru akan menguras daya baterai ponsel yang Anda gunakan.

Baca Juga : Cara Merekam Telepon di iPhone, Simak Beberapa Langkah Berikut Ini

Oleh karena itu, apabila Anda memerlukan penggunaan daya yang lebih lama, maka sebaiknya Anda turunkan kecerahan layar seminimal mungkin yang dapat Anda gunakan. Dengan demikian, Anda tetap dapat menggunakan iPhone tanpa harus khawatir akan kehabisan baterai dengan cepat.

Aktifkan Mode Daya Rendah

Mengaktifkan mode daya rendah juga dapat menjadi salah satu cara untuk hemat baterai iPhone. Mode daya merupakan salah satu fitur yang mempunyai fungsi untuk membatasi pengisian baterai.

Saat fitur ini dihidupkan, maka perangkat iPhone hanya akan melakukan tugas yang paling penting. Dengan demikian, aktivitas latar belakang, seperti mengambil pesan serta mengunduh akan dinonaktifkan.

Setting Raise To Wake

Cara ampuh untuk hemat baterai iPhone selanjutnya adalah dengan melakukan pengaturan Raise To Wake. Pada umumnya fitur ini cukup bermanfaat untuk mengaktifkan layar pada saat ponsel diangkat.

Baca Juga : Menghidupkan Hotspot di iPhone, Solusi Berbagi Data ke Perangkat Lain 

Akan tetapi ,penggunaan mode aktif pada fitur berpengaruh terhadap penggunaan daya baterai. Oleh karena itu, saat fitur ini nonaktif, maka penggunaan baterai pun akan lebih hemat.

Menggunakan Fitur Night Shift

Penggunaan fitur Night Shift sangat bermanfaat jika Anda gunakan pada malam hari. Dengan menggunakan fitur ini, para pengguna masih dapat membuat tampilan layar lebih kuning sehingga sangat nyaman untuk Anda lihat.

Untuk dapat menghemat daya baterai iPhone, maka Anda dapat mengaktifkan fitur Night Shift ini. Selain dapat menghemat baterai, Anda pun akan tetap merasa nyaman dalam menggunakan perangkat iPhone. Hal ini karena pencahayaan tidak terlalu terang.

Nonaktifkan Fitur Background App Refresh

Background App Refresh merupakan salah satu fitur yang tersemat pada perangkat iOS. Fitur ini akan mengizinkan berbagai aplikasi terinstall untuk memperbaharui data walaupun tidak Anda gunakan. Hal ini tentu akan dapat menguras kinerja baterai karena harus bekerja dalam setiap waktu.

Untuk mengatasi hal ini, maka Anda perlu menonaktifkan fitur Background App Refresh. Selain itu, Anda juga dapat memilih aplikasi apa saja yang akan selalu Anda aktifkan atau tidak.

Masih banyak lagi cara hemat baterai iPhone yang dapat Anda lakukan. Mulai dari menonaktifkan fitur lokasi, tidak menggunakan Auto Brightness, atau yang lainnya. Dengan demikian, penggunaan baterai pun akan lebih tahan lama serta baterai awet. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img