Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaTeknologiAplikasiCara Hibernasi Aplikasi di Xiaomi dengan Greenify, Simak Tutorialnya!

Cara Hibernasi Aplikasi di Xiaomi dengan Greenify, Simak Tutorialnya!

Cara hibernasi aplikasi di Xiaomi diterapkan dalam rangka penghematan energi daya baterai saat mulai menipis. Istilah hibernasi sebenarnya diambil dari proses penghematan makanan yang dilakukan oleh hewan pada saat terjadi kelangkaan.

Namun saat ini, istilah hibernasi juga diterapkan pada penggunaan perangkat Android, yakni suatu bentuk penghematan energi pada baterai ponsel yang mulai menipis dayanya. Salah satunya dengan menonaktifkan aplikasi yang berjalan secara dia-diam pada latar belakang ponsel.

Maka dengan proses hibernasi aplikasi di perangkat Android khususnya Xiaomi, dapat menjadi cara untuk menghemat baterai supaya tidak boros. Dengan demikian, kinerja perangkat pun akan lebih optimal dan stabil, meskipun banyak terinstall aplikasi di dalamnya.

Baca Juga: Cara Masuk ke Aplikasi PeduliLindungi Paling Mudah, Begini Tutorialnya!

Mengetahui Cara Hibernasi Aplikasi di Xiaomi

Penggunaan baterai ponsel yang cukup boros sebenarnya bukanlah sebuah masalah baru. Pasalnya rom MIUI memang terkenal cukup boros baterai.

Oleh karena itu, dengan menghemat daya baterai dipercaya mampu untuk menambah, memperbesar serta melegakan dan juga mengoptimalkan memori RAM pada perangkat.

Cara Hibernasi Aplikasi di Xiaomi dengan Greenify

Bagi Anda para pengguna Android, mungkin sudah tidak asing dengan aplikasi Greenify ini. Merupakan salah satu aplikasi yang bermanfaat untuk menghemat baterai. Atau lebih tepatnya Management baterai yang telah lama dimanfaatkan oleh para pengguna smartphone.

Aplikasi Greenify bekerja dengan cara menidurkan atau hibernasi aplikasi yang tidak sering pengguna manfaatkan, ini pun juga dapat Anda terapkan di HP Xiaomi. Akan tetapi notifikasi yang masuk tetap dapat terbaca oleh para pengguna.

Aplikasi Greenify akan bekerja secara lebih efektif pada layar smartphone Xiaomi yang mati atau dalam mode stand by. Secara default, aplikasi Greenify juga mengizinkan para pengguna untuk memilih aplikasi mana yang akan mereka hibernasi.

Cara hibernasi aplikasi di Xiaomi dengan menggunakan Greenify ini, maka para pengguna harus melakukan root serta xposed framework terlebih dahulu. Dalam prosesnya kerjanya, Greenify akan menginjeksikan module Greenify itu sendiri pada xposed Manager. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan kinerja dari aplikasi tersebut.

Adapun cara hibernasi aplikasi di Xiaomi dengan menggunakan Greenify antara lain:

  • Download dan install aplikasi Greenify pada perangkat Xiaomi Anda
  • Selanjutnya jalankan serta beri akses root SuperSU
  • Berikutnya, aplikasi Greenify akan menginstal sendiri module Greenify pada xposed Manager.
  • Kemudian masuk ke xposed Manager > module > kemudian aktifkan module Greenift > reboot.
  • Setelah proses reboot selesai, maka masukkan kembali ke aplikasi Greenify, yang kemudian akan terdapat setup wizard, ikuti langkah hingga selesai.
  • Perhatikan secara baik-baik setiap instruksi yang terdapat pada aplikasi Greenify.
  • Cara hibernasi aplikasi di Xiaomi berikutnya adalah Anda akan memperoleh opsi untuk menambahkan aplikasi mana yang akan Anda hibernasi. Dalam hal ini, pilih aplikasi yang benar-benar jarang Ana gunakan.

Solusi Greenify Tidak Dapat Melakukan Hibernasi

Setelah Anda mengikuti cara hibernasi aplikasi di Xiaomi dengan Greenify di atas, akan tetapi tetap tidak dapat menutup aplikasi yang telah Anda pilih.

Anda tidak perlu khawatir, berikut ini beberapa solusi Greenify yang tidak dapat melakukan hibernasi antara lain:

Kecualikan Greenify pada Penghemat Daya

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa pada perangkat HP Android terbaru telah terdapat fitur penghemat data yang dapat menghentikan kinerja aplikasi yang berjalan pada background. Dengan demikian, pastikan bahwa aplikasi Greenify tidak turut Ana optimalkan dalam penghemat daya.

Pasalnya, jika aplikasi ini ikut Anda optimalkan, maka tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Maka Anda harus mengetahui pengaturan penghemat baterai di sebelah mana, karena masing-masing ponsel mempunyai letak yang berbeda-beda.

Baca Juga: Aplikasi Ubblindmap Android Karya Mahasiswa Universitas Brawijaya

Akses Aksesibilitas Belum Aktif

Apabila akses aksesibilitas belum Anda belum aktif, pada keseluruhan jenis HP pun aplikasi Greenify tidak akan dapat melakukan hibernasi aplikasi. Pasalnya aplikasi ini memerlukan adanya akses aksesibilitas.

Cara mengaktifkan akses aksesibilitas adalah Pengaturan > Aksesibilitas > Greenify > Aktifkan. Apabila akses aksesibilitas telah aktif, maka Greenify pun dapat melakukan hibernasi aplikasi secara otomatis atau manual pada perangkat Anda.

Dengan mengetahui bagaimana cara hibernasi aplikasi di Xiaomi, maka Anda tidak perlu khawatir lagi akan mengalami pemborosan daya pada baterai ponsel Anda. HP Xiaomi yang Anda gunakan pun akan bekerja secara lebih stabil dan maksimal. (R10/HR Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img