spot_imgspot_img
BerandaTeknologiAplikasiCara Masuk ke Aplikasi PeduliLindungi Paling Mudah, Begini Tutorialnya!

Cara Masuk ke Aplikasi PeduliLindungi Paling Mudah, Begini Tutorialnya!

- Advertisement -

Cara masuk ke aplikasi PeduliLindungi memang perlu Anda ketahui supaya bisa dengan mudah untuk menggunakan dan memanfaatkannya sendiri.

Pasalnya, aplikasi tersebut merupakan buatan dari Kominfo beserta Kementerian BUMN yang berguna untuk Kementerian Kesehatan dan Gugus Tugas Covid-19.

Selain hanya terintegrasi secara langsung menggunakan sertifikasi vaksin Covid-19, riwayat kontak bisa teridentifikasi melalui PeduliLindungi. Sementara riwayat atas perjalanan dan hasil tes PCR akan dimuat otomatis.

Baca Juga: Aplikasi Ubblindmap Android Karya Mahasiswa Universitas Brawijaya

Simak Cara Masuk ke Aplikasi PeduliLindungi dan Tutorial Menggunakannya

Pemerintahan Indonesia saat ini telah menetapkan PeduliLindungi sebagai aplikasi yang berguna untuk masyarakat. Terutama bagi mereka yang ingin melakukan perjalanan bahkan menjadi persyaratan dan wajib mereka miliki sendiri.

Pasalnya, persyaratan tersebut sangat wajib dimiliki oleh semua masyarakat yang ingin melakukan perjalanan, baik laut, darat dan udara. Meski demikian, sebagian besar orang justru belum mengetahui bagaimana cara menggunakan aplikasi dari Kominfo tersebut.

Sehingga mengetahui cara masuk ke aplikasi PeduliLindungi itu sangat penting untuk mereka, termasuk Anda yang perlu paham penggunaannya.

Maka dari itu, pada pembahasan kita kali ini, kita akan membahas seputar tutorial atau tips mudah dalam menggunakan aplikasi tersebut.

Aplikasi tersebut sangat berguna untuk melacak maupun menghentikan adanya penyebaran virus Corona. Sebab, PeduliLindugi ini mempunyai banyak fitur terbaik, misalnya informasi vaksin atau pantauan jumlah kasus positif.

Bagi Anda yang kini belum mempunyai aplikasi tersebut, mulai sekarang bisa menginstalnya di Google Play Store dan ikuti cara ini!

Baca Juga: Aplikasi Pendeteksi Tanaman Padi E-Rice Detector Membantu Para Petani

Membuat Akun Dahulu

Sebelum lebih lanjut untuk cara masuk ke aplikasi PeduliLindungi, sebaiknya Anda mengetahui bagaimana membuat akunnya dahulu. Karena sebelum menggunakan, Anda harus sudah memiliki akun terlebih dahulu agar bisa Anda gunakan dengan mudah.

Langkah yang pertama, Anda cukup download di Google Play Store maupun App Store lalu instal sampai selesai. Jika sudah terinstal, kemudian Anda bisa langsung membuka aplikasi tersebut di perangkat smartphone Anda.

Selanjutnya, minta izin untuk akses lokasi, penyimpanan, kamera, dan Anda bisa langsung membuat akun dengan mengisi nama. Jangan lupa lengkapi pula nomor telepon, NIK, atau nomor KTP yang benar, lalu klik Daftar dan masukkan kode OTP yang nanti akan terkirim ke nomor ponsel Anda.

Terakhir tinggal klik opsi Confirm, maka secara otomatis Anda telah memiliki akun tersebut dan kini bisa langsung menggunakannya. Lalu bagaimana menggunakannya? Berikut tipsnya!

Cara Menggunakan dan Masuk

Cara masuk ke aplikasi PeduliLindungi itu sangat mudah. Setelah Anda berhasil membuat akun, kini Anda bisa menggunakan cara ini. Langkah yang pertama, Anda perlu membuat perangkat Android dan masuk ke dalam aplikasi PeduliLindungi.

Login dengan menggunakan nomor telepon yang sebelumnya sudah Anda daftarkan tadi dan masukkan kode OTP dari pesan SMS. Jika Anda sudah berhasil login, maka nanti akan langsung melihat tampilan awal dan ada tombol seperti scan QR code, info penting, pendaftaran vaksin, dan lain-lain.

Apabila Anda ingin menggunakan PeduliLindungi untuk syarat perjalanan, maka Anda bisa menekan pasto digital yang sudah tertera. Nantinya akan muncul sub menu berupa sertifikat vaksin dan hasil tes Covid.

Anda tinggal menekan menu hasil tes Covid maupun sertifikat vaksin tadi. Jika sudah, maka cara masuk ke aplikasi PeduliLindungi yakni dengan menscan kode barcode yang ada dalam aplikasi tersebut. Tutorial yang bisa Anda lakukan juga sangat mudah, seperti berikut!

Cara Scan Code

Tips untuk scan barcode sendiri dari aplikasi PeduliLIndungi tidak sulit, namun justru ada sebagian masyarakat yang belum tahu bagaimana caranya. Langkah yang pertama cukup buka aplikasi dan lakukan login seperti pembahasan sebelumnya tadi.

Jika sudah masuk ke PeduliLindungi, tinggal pilih saja menu untuk Scan QR Code dan Anda tinggal scan saja kode tersebut. Selanjutnya, tinggal memberikan hasil scan code tersebut kepada petugas yang sudah ada.

Nah, tugas Anda hanya cukup menunggu hasilnya, jika Anda memiliki hasil berwarna hijau tandanya Anda bisa masuk. Apabila lampu berwarna kuning, maka Anda perlu melakukan verifikasi QR Code ulang. Lalu jika berwarna merah, Anda tidak diizinkan masuk.

Sebenarnya cara masuk ke aplikasi PeduliLindungi itu sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang begitu lama. Bagaimana, apakah ini membantu Anda? (R10/HR Online)

- Advertisement -
- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -

Related News

- Advertisement -