Cara Melepas Wallpaper Dinding dengan Aman dan Mudah Dilakukan

Cara Melepas Wallpaper Dinding dengan Aman dan Mudah Dilakukan
Ilustrasi Cara Melepas Wallpaper Dinding. Foto: Ist/Net

Cara melepas wallpaper dinding bisa saja Anda lakukan tanpa harus merusak tembok. Ada beberapa tips tepat dalam melakukannya. Dekorasi rumah bisa dilakukan dengan banyak cara.

Salah satu yang bisa menarik perhatian banyak orang yaitu penggunaan wallpaper dinding. Wallpaper atau biasa disebut dengan kertas dinding ini memiliki beragam motif pilihan.

Bahkan Anda juga bisa memilih warna sesuai konsep ruangan. Anda bisa menggunakannya untuk beberapa dinding ruangan di rumah. Misalnya saja ruang kamar mandi atau justru dapur.

Wallpaper memang banyak dipilih karena berbagai hal. Selain motif dan warnanya yang banyak, pemasangan wallpaper juga dibilang mudah. Sehingga membuat Anda bisa menggantinya kapan saja.

Setelah pemakaian yang cukup lama tentu membuat Anda merasa bosan dengan wallpaper yang ada. Bahkan Anda ingin menggantinya karena wallpaper sudah terlihat tidak bagus lagi.

Saat Anda ingin melepasnya sebaiknya gunakan cara tepat. Cara untuk melepas wallpaper dinding cukup mudah bahkan bisa Anda lakukan sendiri. Dengan tahu tipsnya Anda bisa menggantinya kapan saja waktu yang diinginkan.

Baca Juga: Cara Pasang Wallpaper Dinding Rumah, Mudah, Praktis dan Anti Gagal

Sehingga ruangan di rumah justru tampil seperti baru. Bahkan dengan cara yang pas Anda tidak akan merusak tekstur dinding rumah.

Cara Melepas Wallpaper Dinding dengan Aman dan Mudah

Dekorasi sebuah rumah bisa dilakukan menggunakan cara apa saja. Selain penggunaan cat untuk tembok kini ada cara mudah yang bisa Anda lakukan yaitu penggunaan wallpaper.

Kertas dinding bisa Anda jadikan jalan alternatif untuk memiliki ruangan yang estetik. Anda bisa memilih berbagai jenis wallpaper sesuai selera masing-masing.

Hal ini mengingat jika beragam jenis kertas dinding yang terjual di pasaran sudah semakin banyak. Setelah penggunaan wallpaper yang cukup lama terkadang membuatnya terlihat memudar.

Saat hal ini terjadi sebaiknya segera ganti yang baru. Anda bisa melepas sendiri dengan cara yang tepat. Jika Anda masih kebingungan berikut ini ada berbagai cara melepas wallpaper dinding aman dan mudah yaitu:

Spons dengan Air Hangat

Ada cara melepas wallpaper dinding yang bisa Anda lakukan dengan aman yaitu penggunaan spons dan air hangat. Anda bisa gunakan cara ini ketika ingin mengganti wallpaper dengan yang baru.

Baca Juga: Wallpaper Dinding 3D Dengan Berbagai Model yang Estetik

Cukup siapkan ember berisikan air hangat dan campur bersama sabun. Gunakan spons untuk membuat wallpaper basah. Tekan pada border wallpaper sampai basah.

Tunggu kurang lebih 10 menit agar air bisa menyerap dengan baik. Setelah itu, Anda bisa lepas wallpaper dengan alat pengikis.

Hair Dryer

Alat yang bisa Anda jadikan bantuan untuk melepas wallpaper yaitu dengan hair dryer. Anda bisa gunakan pengering rambut tersebut pada bagian bolder atau pembatasnya.

Anda bisa melihatnya pada bagian ujung bawah maupun atas. Panasnya wallpaper bisa membantu melepaskan lem pada wallpaper. Panaskan secara perlahan dan tarik wallpaper. Cara melepas wallpaper dinding yang satu ini cukup aman.

Steam Wallpaper

Cara untuk melepas wallpaper dinding selanjutnya juga bisa Anda lakukan dengan mudah. Seam wallpaper bisa menjadi salah satu cara aman yang bisa Anda coba.

Alat khusus yang satu ini biasa terjual di toko kebutuhan rumah tangga. Steam wallpaper memiliki bentuk seperti vacum cleaner. Cara kerjanya sendiri untuk mengeluarkan panas sehingga wallpaper dinding bisa terlepas dengan mudah.

Baca Juga: Motif Keramik Dinding Kamar Mandi Cantik dan Artistik

Anda bisa membeli dan menyimpan alat tersebut jika sewaktu-waktu ingin menggunakannya. Jika tidak Anda cukup mencari jasa sewa yang menyediakan peralatan tersebut.

Cara Penyemprotan

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk melepas kertas dinding. Salah satunya dengan metode penyemprotan. Anda bisa gunakan larutan alami seperti campuran cuka apel dan air.

Anda bisa gunakan cara ini pada dinding yang berlapis cat. Selain itu, Anda juga bisa gunakan cairan pelembut pakaian dan air hangat. Sebelumnya Anda bisa gunakan alat untuk menyayat wallpaper.

Dengan begitu larutan akan meresap dengan mudah. Hal ini akan membantu lem wallpaper terkelupas. Setelah itu, semprotkan cairan dan kerik kertas secara perlahan. Wallpaper akan terkelupas dengan mudah dan aman.

Bagi Anda yang menggunakan wallpaper untuk dekorasi dinding ruangan jangan sampai tidak tahu bagaimana cara melepasnya. Anda bisa gunakan cara melepas wallpaper dinding dengan tips aman dan mudah seperti yang ada. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang