Cara Memasang Anti Gores HP Secara Tepat, Anti Gelembung!

cara memasang anti gores hp
Ilustrasi Cara Memasang Anti Gores HP. Foto: Ist/Net

Cara memasang anti gores HP penting untuk Anda perhatikan. Anti gores (screen protector) atau dengan istilah lain screen guard, memiliki peran penting inti melindungi layar ponsel dari goresan. Hadirnya goresan pada layar tentu dapat merusak tampilan layar hingga sensitivity touchscreen ponsel.

Sehingga, dengan memasang anti gores pada perangkat HP dapat memperpanjang usia ponsel yang Anda gunakan. Cara memasangnya pun sebenarnya cukup sederhana, akan tetapi butuh adanya ketelitian.

Baca Juga : Casing HP Terbaik dan Tahan Banting dari Berbagai Merek

Jika Anda sampai salah dalam memasang anti gores, justru akan menimbulkan gelombang udara di dalamnya sehingga akan ada debu yang menempel di dalamnya. Dengan demikian, anti gores pun tidak dapat berfungsi secara maksimal.

Cara Memasang Anti Gores HP Paling Tepat

Setiap orang tentunya menginginkan tampilan HP terlihat bagus. Selain dengan menambahkan aksesoris, smartphone juga harus dibuat bersih dan kinclong.

Selain itu, setiap orang juga seringkali menginginkan tampilan layar smartphone yang aman dari berbagai goresan baik benda tajam atau tumpul. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka hadirlah pelindung layar yang disebut dengan anti gores.

Sementara dalam memasang anti gores, selain mengandalkan pihak toko, Anda pun dapat melakukannya sendiri di rumah. Namun terkadang, anti gores yang telah terpasang sering copot atau kurang menempel.

Hal ini dikarenakan proses pemasangan yang kurang pas atau tepat. Berikut ini beberapa tips atau cara memasang anti goreng yang tepat antara lain:

Persiapan Peralatan

Sebelum mengikuti cara memasang anti gores HP secara benar, hal penting pertama yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan peralatan yang diperlukan.

Antara lain screen protector yang telah sesuai dengan ponsel yang Anda gunakan. Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan kain lembut untuk membersihkan layar ponsel.

Siapkan pula isolasi, penggaris atau SIM/kartu ATM atau yang lainnya untuk menggosok gelembung. Saat melakukan proses pemasangan pastikan landasan atau meja yang Anda gunakan dalam keadaan yang bersih dari debu. Sehingga pemasangan pun dapat memperoleh hasil yang maksimal.

Bersihkan Permukaan Layar Ponsel

Hal penting dalam memasang anti gores pada perangkat HP adalah membersihkan permukaan layar. Pasalnya, salah satu penyebab pelindung layar bergelembung adalah adanya debu pada layar.

Oleh karena itu, bersihkan layar dengan menggunakan kain atau lap yang lembut, solasi atau dengan menggunakan minyak kayu putih. Cara ini terbukti membersihkan sisa-sisa kotoran yang menempel pada layar.

Proses Memasang

Proses selanjutnya untuk memasang anti gores HP yang tepat, yakni pertama buka bagian anti gores yang bertuliskan “Peel Here 1”. Bagian ini yang nantinya akan menempel pada layar ponsel Anda.

Saat proses memasang, pastikan Anda tidak menyentuh bagian dalamnya. Caranya adalah dengan memegang pada bagian pinggirnya saja. Ha; penting lain yang perlu Anda perhatikan adalah bentuk ponsel serta fiturnya.

Baca Juga : Tips Mudah Menghilangkan Goresan di Layar Smartphone

Sehingga jangan sampai lubang pelindung terletak pada bagian yang salah. Cara memasang anti gores HP selanjutnya adalah tempelkan secara perlahan anti gores pada permukaan layar.

Pastikan tidak ada udara yang terjebak pada permukaan tersebut. Hal ini dapat Anda lakukan dengan menggunakan penggaris, kartu atau benda lainnya yang mempunyai pinggiran yang rata.

Cara ini berfungsi untuk membantu sedikit demi sedikit dalam menempelkan pelindung pada layar. Sehingga layar akan terselimuti secara rata dan sempurna tanpa adanya gelembung.

Dengan mengikuti cara di atas, dengan demikian Anda telah memasang anti gores dengan baik. Lalu lepaskan bagian dua anti gores secara perlahan. 

Sebaiknya jangan melepas seluruh pelindung. Hal ini dikarenakan plastik anti gores tersebut sama-sama tipis. Setelah bagian kedua berhasil terlepas, maka pelindung layar pun siap Anda gunakan.

Mengatasi Anti Gores Melembung

Hal lain yang dapat Anda perhatikan saat mengikuti cara memasang anti gores HP adalah munculnya gelembung pada pelindung layar. Apabila setelah berhasil memasang anti gores masih muncul gelembung pada pelindung layar tersebut, maka Anda masih dapat membersihkannya.

Caranya adalah dengan mengangkat pelindung dengan menggunakan isolasi. Kemudian angkat debu atau hindarkan udara yang terselip diantara pelindung layar tersebut.

Hal ini harus Anda lakukan dengan segera. Pasalnya, jika dilakukan terlalu lama, udara atau debu yang terjebak pada layar tersebut akan membuat lebih banyak udara atau debu yang akan masuk.

Demikianlah cara memasang anti gores HP yang tepat. Sehingga hasil yang Akan Anda peroleh pun lebih maksimal. Layar ponsel Anda pun dapat terhindar dari berbagai goresan. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto