Cara Membuat Link Zoom Meeting di HP Mudah, Ini Tutorial Lengkapnya

cara membuat link zoom meeting di hp
Ilustrasi cara membuat link zoom meeting di HP. Foto: Ist/Net

Cara membuat link Zoom Meeting di HP cukup menarik untuk kita ulas. Sejak terjadinya pandemi Covid-19, online meeting atau rapat secara daring menjadi salah satu hal yang cukup lumrah di kalangan masyarakat. Mulai dari sektor pendidikan, instansi pemerintah, hingga beberapa perusahaan yang menjalankan bisnis.

Sehingga, dengan maraknya Work From Home (WFH), menjadikan popularitas aplikasi zoom pun cukup meningkat.

Baca Juga : Aplikasi Zoom Escaper, Solusi Unik untuk Atasi Kejenuhan Zoom Meeting

Banyak kalangan yang menggunakan aplikasi ini sebagai salah satu alternatif dalam menjalankan meeting online. Sedangkan untuk dapat menjadi anggota meeting online melalui aplikasi ini, maka Anda harus memperoleh link dari Host. Selain itu, Anda juga dapat menjadi host pada meeting online tersebut dengan cara membuat link Zoom itu sendiri.

Zoom meeting yang saat ini makin populer, menjadikannya sebagai salah satu aplikasi yang cukup efektif dalam menjalankan belajar online atau bekerja di rumah.

Baca Juga : Menyalakan dan Mematikan Suara Zoom Meeting, Begini Caranya!

Selain itu, dengan link dari aplikasi Zoom, maka Anda dapat mengikuti meeting online secara lebih mudah di mana saja. Link Zoom meeting merupakan sebuah link yang dapat menghubungkan Anda pada aplikasi Zoom pada saat akan membuatnya.

Dengan adanya link Zoom meeting, maka Anda dapat dengan mudah terhubung dengan member lain yang sama-sama menjalankan meeting online dalam akun sama. Melalui link Zoom Meeting, maka Anda dapat berkomunikasi online dengan dua hingga 100 orang pengguna.

Aplikasi Zoom dapat Anda gunakan melalui perangkat Android ataupun iPhone. Sedangkan cara lengkap membuat link Zoom meeting adalah:

  1. Pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah mendownload aplikasi Zoom Cloud Meeting pada perangkat HP Anda.
  2. Selanjutnya silahkan daftar terlebih dahulu dengan cara klik tombol Sign In.
  3. Kemudian login menggunakan email pribadi, Gmail, Facebook atau SSO.
  4. Setelah Anda berhasil masuk pada aplikasi Zoom, maka secara otomatis Anda akan masuk ke halaman utama. Untuk membuat meeting, maka ketuk “New Meeting”
  5. Cara membuat link Zoom Meeting di HP selanjutnya adalah dengan melakukan beberapa pengaturan, “Video On” serta “Use Personal Meeting ID (PMI)”. Lalu ketuk “Start a Meeting” untuk dapat memulai meeting.
  6. Link Zoom Meeting pun berhasil Anda buat.

Dengan berhasil mengikuti cara membuat link Zoom meeting di HP, maka selanjutnya Anda pun dapat membagikan link tersebut kepada orang-orang yang akan diminta hadir dalam rapat online. Caranya pun cukup mudah, yakni:

  1. Silahkan tekan tombol “Participants” yang terdapat pada bagian bawah layar. Kemudian pilih “Invite” serta klik “Copy Invite Link”
  2. Atau klik ikon “i” yang terdapat di kiri atas untuk mendapatkan meeting ID serta password
  3. Kemudian link ataupun meeting ID juga password tersebut dapat Anda bagikan melalui aplikasi chatting pada ponsel kepada anggota meeting lainnya, sehingga mereka dapat bergabung dalam meeting online tersebut.

Selain memahami cara membuat link Zoom meeting di HP, Anda juga dapat membuat link zoom meeting secara terjadwal dengan mudah. Cara ini sudah banyak dipraktikkan oleh berbagai kalangan.

Link Zoom Meeting terjadwal bertujuan pada saat seseorang akan melakukan pertemuan yang telah dijadwalkan sebelumnya, maka dapat segera membagikan link tersebut pada peserta lain. Langkah-langkahnya adalah:

  1. Unduh serta install aplikasi Zoom Cloud Meetings
  2. Kemudian buka aplikasi Zoom pada HP
  3. Klik pada menu tombol Schedule
  4. Langkah berikutnya, isikan judul pada kolom tab paling atas
  5. Lalu atur tanggal, waktu, serta pengaturan lainnya
  6. Kemudian gulirkan layar pada bagian bawah dan aktifkan fitur Add to Calendar
  7. Anda dapat klik tombol menu Done pada bagian kanan atas layar
  8. Untuk dapat mengubahnya, Anda masuk ke menu Meeting Details
  9. Lalu klik opsi Edit untuk mengubah sesuai dengan keperluan
  10. Selanjutnya klik menu Invite atau Copy to Clipboard untuk memperoleh link
  11. Kemudian bagikan link pertemuan Zoom pada peserta lain.

Demikianlah cara membuat link zoom meeting di HP yang dapat Anda lakukan dengan praktis. Dengan menggunakan perangkat HP, maka Anda dapat memanfaatkan fitur yang tersemat di dalamnya dan bisa mendukung aktivitas meeting online Anda. (R10/HR-Online)

Editor: Adi Karyanto