Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBerita TerbaruCara Memperbaiki Rem Cakram Motor Keras, Temukan Dulu Pemicunya

Cara Memperbaiki Rem Cakram Motor Keras, Temukan Dulu Pemicunya

Cara memperbaiki rem cakram motor keras perlu Anda ketahui, mengingat rem adalah komponen penting dalam kendaraan. Rem memiliki fungsi yang berhubungan langsung dengan keselamatan pengendara.

Ketika ingin mengurangi kecepatan maupun menghentikan laju kendaraan, akan membutuhkan rem ini. Selain itu, rem juga turut andil agar laju kendaraan tidak awut-awutan. Itulah mengapa, rem seharusnya tetap dalam kondisi prima dan terjaga.

Baca Juga : Piston Rem Cakram Tidak Kembali, Ini Penyebab dan Cara Mencegahnya

Akan tetapi karena keseringan penggunaan, tidak menutup kemungkinan apabila sistem pengereman mengalami suatu permasalahan. Salah satunya yang kerap terjadi adalah rem menjadi keras atau ‘bagel’.

Masalah ini tentu tidak boleh Anda abaikan begitu saja. Sekali dua kali pemakaian, barangkali tidak akan menemukan petaka. Namun, terlalu lama kemudian bisa berakibat fatal pada pengguna.

Cara Memperbaiki Rem Cakram Motor Keras dan Penyebabnya

Rem cakram keras lebih kerap terjadi di bagian roda depan. Kebanyakan yang mengalami permasalahan ini adalah kendaraan bermotor yang sudah berumur dengan tidak adanya pengecekan secara rutin.

Bagi para pengguna, hal ini adalah salah satu pengganggu kenikmatan perjalanan. Bahkan permasalahan ini juga dapat meningkatkan risiko kecelakaan, terlebih ketika Anda melakukan pengereman mendadak.

Sedangkan untuk mengatasi masalah rem cakram bagel ini, ada baiknya Anda tahu terlebih dahulu tentang apa penyebabnya. Sehingga, Anda bisa menuntaskan sampai akar-akarnya.

Penyebab Rem Cakram Motor Keras

Cara memperbaiki rem cakram motor keras bisa Anda tangani setelah tahu pemicunya. Pada masalah rem bagel ini, terdapat beberapa penyebab utama.

Keluhan rem cakram keras ini bisa timbul karena seal master yang tidak bekerja dengan baik, adanya kebocoran di bagian suplai minyak rem, atau bisa juga dari keterlambatan dalam mengganti minyak rem.

Namun, pada umumnya yang banyak menjadi pemicu rem cakram terasa keras adalah karena bagian piston rem yang kotor atau kering. Sebenarnya minyak rem cenderung tidak pernah habis.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Rem Cakram pada Sepeda Motor

Akan tetapi, masih ada kemungkinan kerusakan lain yang terjadi menjadikan piston ini kehausan. Contohnya, di bagian suplai rem yang mengalami kebocoran.

Sistem pengereman yang terasa keras bisa mengakibatkan rem tidak pakem meski sudah ditekan sekuat tenaga. Istilah yang kerap digunakan untuk menyebut keluhan rem keras yang bersumber dari kotornya master rem adalah masuk angin.

Kemudian mengganti piringan cakram dengan kualitas yang buruk juga akan mempengaruhi kondisi rem ini. Setelah tahu semua penyebab rem cakram terasa keras, maka selanjutnya adalah memperbaiki.

Bagaimana Cara Memperbaiki Rem Cakram Motor Keras?

Karena sudah mengetahui penyebab-penyebabnya, masalah rem cakram keras bisa Anda atasi sesuai dengan pemicu awalnya tersebut. Namun di antara semua penyebab tersebut, Anda tetap harus melakukan pembongkaran.

Pertama, jika masalah bersumber dari bagian piston master rem yang kotor, cukup Anda perbaikan dengan membersihkannya. Bongkar mesin bagian master rem, dan bersihkan area seaker pusat (tuas rem) dan seaker rem cakram (kapiler).

Anda bisa menggunakan amplas halus atau mencucinya menggunakan sabun. Selanjutnya, Anda bisa memasang kembali dan melakukan pembuangan angin pada sistem cakram.

Cara memperbaiki rem cakram motor keras apabila masalah bersumber dari minyak rem, maka Anda bisa mengurasnya. Hal tersebut perlu Anda lakukan apabila warna minyak rem udah berubah.

Semisal, mulanya minyak berwarna kuning atau merah, kemudian Anda temukan sudah berubah menjadi kecoklatan menyerupai lumpur, Anda bisa segera menggantinya. Bukan sekedar menambahnya dengan minyak, namun memang wajib Anda kuras dan ganti dengan minyak baru, termasuk minyak yang masuk ke selang.

Terakhir, apabila pemicunya adalah piringan cakram yang tidak berkualitas, Anda bisa mengatasinya dengan cara mengembalikan piringan cakram yang serupa dengan bawaan pabrik, atau dengan yang kualitasnya sama dengan aslinya. Jika tidak Anda ganti, maka akan timbul masalah baru lagi.

Apa yang Lebih Penting Dari Perbaikan?

Ketika kampas rem menipis dan ada bagian kampas yang tidak terkikis secara merata, itulah yang akan membawa permasalahan. Saat keadaan demikian, bagian kampas yang tidak terkikis lebih menonjol dan akan terlebih dulu bersinggungan sebelum kampas rem mencengkeram piringan secara merata.

Pada akhirnya, cara memperbaiki rem cakram motor keras tidak berguna sepenuhnya. Nah, untuk menghindari terjadinya hal itu, Anda perlu mengganti piringan cakram yang menyerupai aslinya.

Sebenarnya, ada hal yang lebih utama daripada cara memperbaiki komponen kendaraan yang bermasalah. Hal tersebut adalah mencegah terjadinya masalah-masalah pada kendaraan.

Caranya tidak lain adalah dengan melakukan perawatan secara rutin kendaraan yang Anda miliki. Seperti untuk minyak rem itu misalnya, sarannya adalah penggantian selang 2 tahun sekali.

Komponen selain rem juga harus mendapat perhatian. Itu artinya melakukan service tidak perlu menunggu ketikan kendaraan bermasalah.

Untuk cara memperbaiki rem cakram motor keras cukup sampai di sini dulu. Semoga bermanfaat untuk Anda dan pembaca semua. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img