Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBerita TerbaruCara Memperbaiki Sasis Mobil Keropos Secara Mudah dan Penyebabnya

Cara Memperbaiki Sasis Mobil Keropos Secara Mudah dan Penyebabnya

Cara memperbaiki sasis mobil keropos akan menjadi pembahasan kita kali ini. Salah satu komponen mobil ini bisa mengalami keropos oleh beberapa hal yang menyebabkannya.

Maka dari itu, kita bisa melakukan perbaikan segera agar tidak semakin parah. Sasis sendiri merupakan komponen yang penting dalam kendaraan.

Baca Juga : Jenis Sasis Mobil, Kenali 4 Varian dengan Keunggulan Masing-Masing

Karena kerangka internal ini menjadi penopang utama dari seluruh komponen. Wajar jika kita harus segera melakukan perbaikan agar tidak membahayakan penggunanya. Keropos sendiri juga bisa berasal dari beberapa hal yang memicu. Sedangkan kita tidak menyadari apa hal tersebut.

Pahami Cara Memperbaiki Sasis Mobil Keropos Secara Mudah

Sebelumnya kita seharusnya memahami apa yang membuat sasis bisa keropos. Hal ini akan membantu untuk menekan risiko terjadi kembali nantinya.

Kasus seperti ini banyak terjadi di beberapa mobil keluaran lama dan yang baru. Kita harus segera memperbaikinya agar tidak membuat semakin parah dan justru patah.

Bersihkan Bagian yang Keropos

Pertama, kita bisa melakukan pembersihan agar tidak semakin meluas. Korosi ini terjadi karena sifat kimia pada sebuah material tertentu. Maka untuk membuatnya tidak semakin parah, kita bisa membersihkannya terlebih dahulu.

Cari bahan yang akan anti korosi, misalnya lemon dan cuka yang akan membantu menguranginya. Hal ini sudah terbukti secara langsung, tidak hanya sasis saja.

Anda juga bisa menggunakan sabun dan air untuk membersihkannya terlebih dahulu. Namun ternyata uap bensin lebih membantu secara langsung.

Kita hanya perlu membersihkannya terlebih dahulu. Agar tidak percuma ketika melakukan perawatan dan perbaikan kedepannya.

Pengamplasan

Cara memperbaiki sasis mobil keropos selanjutnya adalah melakukan pengamplasan. Karena akan berpengaruh pada permukaan body mobil, maka tindakan ini untuk membersihkan secara efektif.

Baca Juga : Sasis Ladder Frame dengan Berbagai Keunggulan dan Kekurangannya

Bahkan sebelum melakukan pengecatan ulang atau pengelasan, hal ini harus kita lakukan. Untuk memastikan apakah sasis akan memiliki permukaan yang halus dan terhindar dari karat lagi kedepannya.

Jangan Memanaskannya

Salah satu cara ini sering menjadi pilihan, baik itu perbaikan mandiri atau ke bengkel. Padahal perbaikan dengan cara ini justru berbahaya.

Karena ketika sasis kita panaskan, tentu saja membuat kekuatan dan elastisitas baja menurun. Tidak hanya sedikit, namun benar-benar besar hingga 40%.

Hal seperti ini justru akan membahayakan dan penurunan kualitas aslinya. Maka jika sudah berisiko cukup parah, akan lebih baik jika kita segera menggantinya daripada memperbaikinya.

Cat dan Las

Cara memperbaiki sasis mobil keropos yang paling tepat adalah melakukan pengelasan dan pengecatan. Jika Anda memiliki keterampilan mengelas, maka gunakan untuk memperbaikinya.

Karena biasanya hal ini dilakukan oleh tenaga profesional saja. Namun jika takut terjadi hal yang tidak diinginkan, lebih baik untuk membawanya langsung ke bengkel terdekat.

Biasanya penanganannya akan lebih berkualitas. Bahkan ketika sudah terjadi pengelasan, mereka akan memberikan pengecatan untuk melindungi bagian yang tadi sudah mengalami keropos.

Cat khusus untuk pelapisan ini akan menekan risiko terjadi pengeroposan kembali. Oleh karena itu, akan lebih baik jika kita membawanya langsung pada orang yang berpengalaman pada bidang ini.

Penyebab Sasis Keropos

Setelah mempelajari cara memperbaiki, kita akan membalas beberapa penyebab yang memicu sasis mobil keropos ini terjadi. Maka dari itu, simak dan jangan sampai terulang kembali hal yang menyebalkan ini.

Kurang Perawatan

Hal paling sering diabaikan adalah perawatan secara rutin. Berbagai kotoran yang menempel lalu bercampur dengan air dan debu terkadang menciptakan reaksi kimia. Kemudian terjadilah pengeroposan yang sangat berpengaruh. Maka dari itu, akan lebih baik jika kita membersihkan serta merawatnya secara rutin dan efisien.

Melindungi Dengan Cat Khusus

Setelah mempelajari cara memperbaiki sasis mobil keropos, ketika membawanya ke bengkel kita pasti akan diberitahukan bahwa bagian tersebut sudah sekaligus mereka lapisi dengan anti keropos atau karat.

Hal ini pada beberapa jenis mobil tua, khususnya yang mudah aus. Namun terkadang mobil yang masa kini justru menggunakan material tipis dan mudah keropos.

Maka sebab inilah, beberapa penyebabnya bisa kita sesuaikan dengan jenis mobil masing-masing. Dari beberapa cara dan penyebab tersebut, sebaiknya kita perhatikan agar tidak terulang kembali.

Cara memperbaiki sasis mobil keropos ini cukup jadi perhatian. Karena sasis merupakan komponen penting dalam sebuah kendaraan dan keselamatan. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img