spot_imgspot_img
BerandaBerita TerbaruCara Mencegah Usus Buntu yang Mudah dan Alami

Cara Mencegah Usus Buntu yang Mudah dan Alami

- Advertisement -

Cara mencegah usus buntu lebih baik Anda ketahui sebelum gangguan ini terjadi. Apalagi penyakit ini membutuhkan penanganan yang cepat dan efektif untuk mencegah erjadinya komplikasi. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan gangguan ini.

Penyakit usus buntu merupakan jenis gangguan yang seringkali kita sepelekan. Hal ini karena gejala penyakit tersebut umumnya seperti sakit perut biasa. Sehingga banyak orang yang tidak menyadari ancaman penyakit ini.

Gangguan usus buntu sebenarnya cukup berbahaya dan membutuhkan pengobatan yang cepat dan tepat. Sebab jika tidak mendapat penanganan yang serius, gangguan usus buntu dapat menimbulkan terjadinya berbagai komplikasi.

Bahaya komplikasi tersebut akan terjadi ketika radang usus buntu mengalami pecah. Jika hal ini terjadi, penderita akan merasakan sakit yang teramat sangat, terutama pada bagian sebelah kanan bawah perut.

Adapun penyebab radang usus buntu adalah pola makan yang buruk. Seperti makanan keras masuk ke dalam usus buntu dan tidak bisa keluar lagi.

Makanan yang masuk tadi akan membuat usus semakin berkerut dengan cepat. Kondisi inilah yang memicu dan mengakibatkan terjadinya usus buntu.

Baca Juga : Cara Mengatasi Usus Buntu dan Langkah Pencegahannya

Cara Mencegah Usus Buntu

Selain seperti sakit perut biasa, ada beberapa gejala awal usus buntu. Biasanya tanda gejala ini berupa muntah-muntah, pusing, demam, hingga diare.

Penanganan yang cepat penting untuk pencegahan terhadap penyakit usus buntu. Berikut ini beberapa cara mencegah usus buntu yang mudah dan bisa kita lakukan dengan cepat.

Mengkonsumsi Makanan Tinggi Serat

Makanan yang mengandung banyak serat sangat baik untuk metabolisme tubuh. Hal ini juga berguna untuk mencegah terjadinya usus buntu. Alasan utamanya adalah radang pada usus buntu sebenarnya karena terpicu oleh penumpukan feses.

Maka tak heran jika seseorang yang sering mengalami sembelit akan lebih berisiko menderita gangguan usus buntu.

Beberapa makanan yang baik bagi penderita usus buntu adalah agar-agar, sayuran, dan juga buah-buahan. Serat sangat baik untuk pencernaan sehingga feses mudah melunak.

Baca Juga : Makanan Penyebab Usus Buntu yang Sebaiknya Dihindari atau Dibatasi

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Adapun cara mencegah usus buntu lainnya adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih. Pasalnya air putih mampu melancarkan pencernaan sekaligus mencegah sembelit.

Biasanya feses yang keras dapat dilunakkan dengan cairan yang terdapat pada tubuh. Oleh sebab itu, seseorang yang kekurangan cairan rentan terkena sembelit dan radang usus buntu.

Sebaiknya konsumsi air mineral 8 gelas setiap harinya dan asupi pula dengan buah-buahan.

Jangan Menahan Buang Air Besar

Cara mencegah usus buntu yang juga penting untuk Anda ketahui adalah dengan menghindari upaya untuk menahan buang air besar. Meskipun hal semacam ini terdengar sepele, namun menahan buang air besar dapat menyebabkan terjadinya penyakit usus buntu.

Apabila seseorang yang kerap menahan buang air besar, memungkinkan akan memicu feses yang menyumbat ke usus dan meningkatkan risiko radang usus buntu.

Bukan hanya itu, Anda juga mesti menghindari menahan buang gas, karena memang menimbulkan hal yang sama yakni radang usus buntu.

Baca Juga : Gejala Usus Buntu pada Anak yang Perlu Anda Waspadai!

Meningkatkan Daya Imun

Satu lagi cara mencegah usus buntu adalah dengan meningkatkan sistem imunitas tubuh. Hal ini karena sistem imun meningkat, sehingga makanan tidak akan bisa masuk ke dalam usus buntu tersebut.

Apabila sistem imun tubuh melemah, maka makanan akan lebih mudah membusuk dalam usus. Setelah terjadi pembusukan akan muncul infeksi dan bisa menyebabkan seseorang mengalami sakit perut.

Proses pembusukan dalam usus buntu inilah yang akan memicu komplikasi. Akhirnya usus buntu pecah dan menjalar ke usus lainnya.

Hindari Makanan Penyebab Sembelit

Ada berbagai jenis makanan yang justru bisa menyebabkan terjadinya sembelit dan gangguan pencernaan. Seperti makanan yang tinggi kandungan karbohidratnya, tepung, buah salak, hingga makanan rendah serat.

Karena itu, ada baiknya pula Anda mengurangi berbagai jenis makanan junk food. Begitu juga minuman yang mengandung kafein maupun alkohol sebaiknya Anda hindari.

Selain itu, makanan yang mengandung banyak gas adalah kembang kol dan sayur kol. Pasalnya, makanan tersebut akan membuat perut menjadi sakit dan terasa begah.

Demikianlah beberapa cara mencegah usus buntu yang bisa kita lakukan. Penanganan yang cepat sejak dini sangat penting untuk mencegah terjadinya komplikasi yang lebih serius. (R11/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisement -
- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -

Related News

- Advertisement -