spot_imgspot_img
BerandaBerita BisnisCara Mendapatkan Kredit Usaha Tanpa Ribet dan Terbukti

Cara Mendapatkan Kredit Usaha Tanpa Ribet dan Terbukti

- Advertisement -

Cara mendapatkan kredit usaha dari bank sebenarnya tidak sulit. Apalagi jika usaha Anda sudah jalan dengan baik. Kredit sebagai bentuk kepercayaan akan lebih mudah jika Anda memiliki usaha yang kredibel dengan pembukuan yang baik.

Modal usaha merupakan salah satu unsur penting dalam memulai maupun mengembangkan bisnis. Apapun usahanya, hal pertama yang harus kita sediakan selain konsep adalah modal.

Sebagus apapun konsep usaha yang kita rencanakan kalau belum ada modal tentu akan menjadi kendala. Namun Anda tak perlu khawatir karena saat ini ada banyak pilihan sumber pinjaman modal usaha yang bisa Anda dapatkan.

Salah satunya dengan mengajukan kredit usaha ke lembaga perbankan. Jika Anda memiliki masalah yang sama yaitu ingin menjalankan usaha akan tetapi terkendala dengan modal, Anda bisa mencoba mengajukan kredit ke bank.

Baca Juga: Berbagai Sumber Modal Usaha, Kredit Tanpa Agunan Salah Satunya

Cara Mendapatkan Kredit Usaha

Selain untuk usaha besar, saat ini bank juga telah menyediakan program  kredit untuk modal usaha kecil dan UKM. Oleh sebab itu Anda bisa mencoba mengajukannya untuk memperoleh modal usaha.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tips cara mendapatkan kredit usaha yang bisa Anda terapkan agar mereka setujui.

Siapkan Berbagai Persyaratan dan Dokumen

Untuk memudahkan dan melancarkan proses pengajuan pinjaman usaha Anda, pastikan bahwa Anda sudah menyiapkan segala macam persyaratan yang dibutuhkan sekaligus dokumen-dokumen pentingnya.

Setidaknya terdapat enam dokumen sebagai persyaratan pengajuan kredit yang harus Anda siapkan yang meliputi:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT)
  • NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  • Rekening koran 3 bulan terakhir
  • Kelengkapan surat usaha
  • Laporan transaksi dan dokumen rencana investasi
  • Slip gaji bagi Anda yang bekerja sebagai pegawai perusahaan

Memahami Konsep 5C

Salah satu cara mendapatkan kredit usaha dari bank adalah memahami konsep 5C. 5C merupakan singkatan dari Capacity, Collateral, Character, Conditions dan Capital.

Konsep ini menjadi salah satu aspek yang sangat menjadi perhitungan oleh pihak bank sebelum menentukan layak atau tidaknya Anda mendapatkan pinjaman usaha.

Capacity terkait dengan kemampuan kita dalam mengembalikan dana pinjaman usaha. Kriterianya biasanya mereka tentukan dari cara Anda dalam mengelola keuangan usaha.

Collateral terkait dengan aset yang Anda punya. Aset inilah yang nantinya akan mereka jadikan sebagai jaminan atas pinjaman Anda.

Character merupakan penilaian berdasarkan kepribadian Anda. Aspek ini biasanya berupa latar belakang dan kehidupan sehari-hari Anda. Sementara condition terkait dengan situasi pasar yang akan sangat berpengaruh terhadap usaha Anda.

Terakhir ada capital yang menyangkut nilai bersih usaha. Dalam faktor ini terdapat hak-hak Anda.

Jika 5C tersebut memang sudah bisa terpenuhi maka pihak pemberi pinjaman atau bank tentu akan lebih mudah menyetujui pinjaman modal usaha yang Anda ajukan.

Baca Juga: Aplikasi Kredit Akulaku, Buat Impian Jadi Nyata

Memilih Kredit Agunan atau Tanpa Agunan

Langkah selanjutnya cara mendapatkan kredit usaha adalah memilih terlebih dahulu salah satu dari dua jenis kredit yang ada. Kredit usaha dari bank memiliki dua jenis, yaitu kredit dengan agunan atau kredit tanpa agunan.

Hanya saja saat ini untuk pinjaman dalam jumlah besar tak banyak bank yang mengeluarkan kebijakan kredit tanpa agunan.

Sedangkan jika Anda memilih kredit dengan agunan, Anda bisa meminjam dana dalam jumlah besar. Jaminannya bisa berupa deposito, aset properti atau kendaraan yang Anda punya.

Jika gagal bayar, maka apa yang Anda jaminkan sebagai agunan tadi yang akan menjadi jaminan untuk disita oleh pihak bank.

Menyertakan Dokumen yang Perlu

Selama proses cara mendapatkan kredit usaha Anda juga perlu menyiapkan beberapa dokumen. Baik dokumen pribadi maupun perizinan usaha. Jenis dokumen yang perlu Anda siapkan antara lain:

  • Identitas diri calon peminjam berupa KTP atau SIM dan kartu keluarga
  • Surat legalitas usaha terkait dengan akta pendirian dan akta perubahan usaha
  • Dokumen perizinan usaha seperti SIUP, TDP, SK domisili dan sebagainya
  • Catatan pembukuan atau laporan keuangan
  • Salinan bukti agunan

Setelah semua syarat tersebut Anda penuhi dan dokumen sudah lengkap, maka Anda sudah bisa mendapatkan kredit usaha sesuai kebutuhan Anda.

Itulah sejumlah langkah penting cara mendapatkan kredit usaha yang sebaiknya Anda tahu. Pastikan jika Anda memutuskan meminjam dana untuk modal usaha, Anda harus membayar cicilan tepat waktu agar nama Anda aman tanpa ada cela. (R11/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisement -
- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -

Related News

- Advertisement -