Rabu, Juni 29, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Menentukan Orde Reaksi Perlu Melalui Percobaan

Cara Menentukan Orde Reaksi Perlu Melalui Percobaan

Cara menentukan orde reaksi dapat dilakukan melalui percobaan. Pada kehidupan sehari-hari tentunya sering menjumpai proses reaksi kimia. Salah satunya cukup populer, yakni pada lemari pendingin atau kulkas.

Saat suhu yang lebih rendah laju reaksi akan menjadi lebih lambat. Sehingga makanan membusuk lebih lambat daripada dalam suhu ruangan. Hal itu karena membusuk merupakan reaksi kimia.

Melansir Wikipedia, pada bidang kinetika kimia, orde reaksi suatu substansi seperti halnya reaktan, katalis atau produk. Banyaknya faktor konsentrasinya yang mempengaruhi kecepatan reaksi. 

Baca Juga: Pengertian Laju Reaksi dan Faktor yang Mempengaruhinya

Ketahui Cara Menentukan Orde Reaksi 

Untuk dapat menentukan orde reaksi tidak dapat diturunkan dari persamaan reaksi. Namun  dalam menentukannya hanya dengan berdasarkan percobaan. Orde reaksi memang selalu dijumpai melalui percobaan.

Sehingga tidak dapat menentukan apapun mengenai orde reaksi. Apabila hanya dengan mengamati persamaannya dari suatu reaksi. Pada percobaan tersebut perlu mengamati pengaruhnya penambahan konsentrasi tiap-tiap reaktan atau pereaksi terhadap laju reaksinya. 

Apabila reaksi yang terjadi pada dua reaktan atau lebih, maka tiap-tiap reaktan menentukan orde reaksinya. Kemudian orde reaksi total merupakan hasil penjumlahan orde reaksinya dari tiap-tiap reaktan.

Untuk melakukan percobaan dengan mengubah-ubah konsentrasi salah satu zat yang bereaksi. Caranya dengan menaikkan/menurunkan konsentrasinya. Sedangkan pada konsentrasi zat-zat lainnya masih tetap. 

Adanya cara atau langkah ini yakni dalam menentukan orde reaksi. Caranya dengan  memilih 2 data percobaan. Namun pada salah satunya memiliki konsentrasi sama. Kemudian  perlu membandingkan dua data percobaan, yakni dengan memasukkan dalam persamaan yang umum terhadap laju reaksi.

Baca Juga: Penemuan Reaksi Kimia Baru di Mars yang Sebelumnya Tak Terlihat

Hal yang Akan Ditemukan pada Orde Reaksi

Orde reaksi berupa bilangan pangkat dari konsentrasi beberapa zat yang bereaksi. Berikut ini beberapa hal yang akan Anda temui pada orde reaksi.

Laju Reaksi Berbanding Lurus dengan Konsentrasi A

Apabila melipatgandakan konsentrasi A, maka laju reaksinya akan berlipat ganda juga. Sehingga orde reaksi terhadap A sama dengan satu.

Laju Reaksi Berbanding Lurus Kuadrat Konsentrasi A

Apabila melipatgandakan konsentrasi A, nantinya laju reaksi semakin berlipat menjadi kuadrat konsentrasinya. Hal itu yang artinya orde reaksi terhadap A sama dengan dua.

Laju Reaksi Tidak Terpengaruh dengan Konsentrasi A

Apabila laju reaksi tidak terpengaruh oleh adanya penambahan konsentrasi A. Hal itu yang artinya orde reaksi terhadap A sama dengan nol.

Jenis Orde Reaksi

Orde reaksi menampilkan hubungannya antara perubahan konsentrasi dengan perubahan laju reaksi. Hubungan antara keduanya tampak dengan grafik orde reaksi.  Apabila sudah mengetahui cara menentukan orde reaksi. Orde ini tidak berpengaruh pada koefisien stoikiometri reaktan.

Namun tergantung pada nilai selama percobaannya. Untuk itu ketahui beberapa jenis dari orde reaksi berikut ini.

Orde Reaksi Nol

Orde nol atau orde reaksi nol menjadikan suatu reaksi, apabila orde nol dengan salah satu pereaksinya. Tampak bahwa pada perubahan konsentrasi pereaksinya tidak mempengaruhi laju reaksi tersebut.

Sehingga bilangan berapapun yang memiliki pangkat nol, maka akan bernilai dengan satu. Pada orde reaksi nol nilainya hanya bergantung pada tetapan laju reaksinya.

Orde Satu

Orde reaksi 1 atau suatu reaksi orde satu dengan salah satu pereaksinya. Hal itu apabila laju reaksinya berbanding lurus dengan konsentrasi pereaksinya. Cara menentukan orde satu berbanding lurus dengan konsentrasi reaksinya. Konsentrasinya menjadi naik dua kali lipat. Laju reaksinya nantinya akan menjadi dua kali lebih besar.

Orde Dua

Suatu reaksi yang memiliki orde reaksi dua, tampak pada nilai laju reaksinya. Nilai laju reaksi tersebut merupakan hasil kuadrat dari perubahan konsentrasi. Hal itu karena orde reaksi dua merupakan kuadrat dari konsentrasi reaktan.

Maka konsentrasinya menjadi naik 2 kali lipat. Sedangkan laju reaksi akan menjadi 4 kali lipat lebih besar. Apabila konsentrasinya naik menjadi 4 kali lipat, maka laju reaksinya semakin bertambah 16 kali lebih besar.

Orde Negatif

Suatu reaksi berorde negatif, apabila laju reaksi pengaruhnya berbanding terbalik dengan konsentrasi pereaksinya. Seperti halnya apabila suatu reaksi berorde -1. Konsentrasi pereaksi menjadi dua kali lipat, maka laju reaksinya akan menjadi 2−1=122−1=12 kalinya.

Orde reaksi merupakan bilangan yang menyatakan besarnya pengaruh konsentrasi reaktan saat terjadinya laju reaksi. Untuk mengetahui cara menentukan orde reaksi perlu dengan melakukan suatu percobaan. Tidak hanya mengamati persamaannya dari suatu reaksi. (R10/HR Online)

- Advertisment -