Cara Mengatasi Motor Mati Kena Air, Begini Penanganan Pertamanya

Cara Mengatasi Motor Mati Kena Air, Begini Penanganan Pertamanya
Ilustrasi Cara Mengatasi Motor Mati Kena Air. Foto: Ist/Net

Cara mengatasi motor mati kena air ini akan menjadi solusi untuk para penggunanya. Salah satu penyebab mati mendadak, adalah karena beberapa kejadian yang tidak sengaja, seperti kendaraan terendam air dalam waktu lama.

Hal seperti ini akan berbahaya, apalagi jika jenis airnya tertentu. Misalnya air asin, yang jika sampai masuk maka kandungan yang mengenai komponen motor tentu akan berakibat lebih parah.

Baca Juga : Motor Matic Tidak Bisa Distarter, Kenali Apa Penyebabnya

Maka dari itu, jika hal ini sampai terjadi, baik air tawar dengan lumpur, juga bisa air asin yang ada di laut, kita harus segera menanganinya.

Hal itu agar tidak terjadi hal yang lebih parah kedepannya. Sebab, penanganan yang lebih cepat akan mengurangi potensi kerusakan mesin motor.

Begini Cara Mengatasi Motor Mati Kena Air

Jika motor atau kendaraan Anda terkena air dalam waktu lama bahkan hingga mati, maka coba lakukan beberapa tips ini. Referensi ini akan menjadi solusi yang aman dan tidak memperparah kerusakan tentu saja.

Keluarkan Air

Langkah pertama adalah mengeluarkan air yang masih ada dalam motor tersebut. Usahakan untuk tidak menyalakan motor, jika air belum benar-benar sempurna hilang dari kendaraan.

Motor biasanya terendam air jika terjadi banjir. Bisa juga karena kita memilih tempat parkir di tempat terbuka dan membuat kehujanan dalam waktu yang lama, tentu hal ini akan membahayakan.

Jika kita masih nekat untuk menghidupkan kendaraan tersebut, maka justru akan membuat komponen lain ikut rusak. Misalnya tadinya hanya beberapa bagian yang rusak, maka akan menjadi semakin parah dan meluas kerusakannya.

Kuncinya cara mengatasi motor yang mati kena air, adalah jangan menyalakan terlebih dahulu. Tujuannya, agar air tidak menyebar ke komponen lain yang riskan dan mudah rusak.

Memastikan Cop dan Kabel Busi

Cara mengatasi motor mati kena air selanjutnya adalah memeriksa kondisi pada cop dan kabel busi. Motor memiliki sebuah tempat yang menjadi penyimpanan busi dan memiliki titik rendah.

Karena letaknya berada di samping blok mesin motor, maka lokasi tersebut maka mudah terkena cipratan air, dan bahkan hingga terendam yang membuat resiko.

Baca Juga : Penyebab Motor Matic Tidak Kuat Nanjak Karena Tenaga Berkurang

Sedangkan pada karet penutup busi yang terkena air tersebut cenderung mudah aus. Maka dari itu, ketika suhu panas yang terkena air maka akan terurai molekulnya.

Oleh karena itu, selalu cek tutup juga kabel dan busi apalagi pada kondisi yang berpotensi terkena air. Misalnya musim penghujan, atau perjalanan daerah yang tergenang air.

Cek Karburator

Cara mengatasi motor mati kena air yang satu ini dengan melakukan pembongkaran untuk memastikan. Sebelum membongkar, lakukan penutupan kran saluran bensin dari tangki ke karburator mesin.

Setelah itu, putar baut untuk pembuangan dengan arah berlawanan dari jarum jam. Jika bensin telah keluar, maka kita bisa membuka salurannya, putar balik baut hingga mencapai titik maksimal dan kuat. Operasi mesin karburator ini sangat penting dalam menjalankan motor Anda.

Knalpot

Selanjutnya kita bisa memeriksa kondisi knalpot yang menjadi saluran pembuangan gas pada motor. Gunakan standar tengah untuk membuka knalpot dan mengeluarkan air yang terdapat di dalamnya.

Ganjal agar posisi motor bagian belakang lebih rendah dan air akan keluar dengan lancar. Pastikan knalpot kita berikan tambahan oli agar tidak terkena korosi.

Memanaskan Mesin

Cara mengatasi motor mati kena air yang terakhir adalah menghidupkan mesin. Kita harus melakukan ini agar mesin motor kembali menghangat dan panas.

Sama seperti melakukan perawatan motor, kita harus melakukan pemanasan secara rutin. Agar kondisi kendaraan selalu prima dan baik-baik saja.

Oleh karena itu kita sebaiknya selalu melakukan service secara berkala. Jadi jika terjadi hal yang tidak kita inginkan di luar dari perkiraan tetap bisa kita tangani dengan baik.

Matinya kendaraan khususnya motor ini juga bisa kita tangani dengan mudah. Anda bisa mencoba untuk melakukan penanganan pertama seperti tips tadi.

Namun jika tidak memiliki keterampilan, sebaiknya bawa langsung ke bengkel saja. Hal itu agar tidak terjadi salah penanganan dan malah menambah kerusakan pada komponen lainnya.

Nah, apakah kendaraan kesayangan Anda pernah mengalami hal yang satu ini? Apakah Anda sudah tepat dalam penanganan pertamanya?

Cara mengatasi motor mati kena air yang kita bahas dengan lengkap tadi semoga bisa membantu permasalahan Anda. Jadi selamat mencoba tips tersebut! (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto