Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBerita TerbaruCara Mengatasi Tangki Motor Bocor Dengan Cepat Tanpa Ke Bengkel

Cara Mengatasi Tangki Motor Bocor Dengan Cepat Tanpa Ke Bengkel

Cara mengatasi tangki motor bocor sangat dibutuhkan ketika seseorang mengalaminya. Mengingat tangki merupakan part penting untuk motor yang terbuat dari bahan logam, maka memiliki kemungkinan besar terjadi kebocoran.

Bahan logam bisa terjadi korosi yang mengakibatkan logam tersebut menjadi berkarat. Semakin lama dibiarkan, maka karat tersebut menjadi kebocoran. Pemicu sebenarnya adalah air. Air yang masuk ke dalam tangki karena beberapa faktor tersebut berpotensi karat.

Tak Perlu Panik! Ini Cara Mengatasi Tangki Motor Bocor dengan Mudah

Umumnya tangki yang rembes atau bocor karena air masuk ke dalam tangki. Faktor pemicunya karena embun yang ada di tangki, bocor dari tutup bensin, atau korosi air hujan.

Jika sudah bocor, maka akan sangat berbahaya jika tersambar api. Selain itu, air yang berada di tangki bisa masuk ke sela-sela penutup dan mengendap di dasar tangki. Semakin lama membuat bagian tangki keropos.

Baca Juga : Tangki Bensin Motor Kosong, Ini 6 Bahaya yang Perlu Diwaspadai

Apabila Anda mengalami hal ini, sebaiknya Anda menanganinya dengan langkah tepat. Sebelum melakukan penanganan pada bagian yang bocor, Anda lakukan pembersihan tangki terlebih dahulu.

Cara mengatasi tangki motor bocor dengan pembersihan tangki. Melepasnya terlebih dahulu dan tuang bensin hingga benar-benar kering.

Jika sudah, maka lakukan pembersihan dengan menggunakan detergen dan air ke tangki bersama sebuah kelereng atau gundu agar ketika dikocok bisa bersih maksimal. Lakukan pengocokan hingga bersih dan bilas. Hal ini untuk menghilangkan kadar bensin di dalam tangki.

Jika sudah, keringkan dengan menjemurnya di sinar matahari langsung sampai kering sempurna. Selanjutnya Anda terapkan cara mengatasi tangki rembes besar maupun kecil agar tidak bocor lagi.

Menambal dengan Lem G

Cara mengatasi tangki motor bocor mudah dan murah adalah menggunakan lem G. Anda tak perlu pergi ke bengkel hanya untuk menambalkan tangki yang bocor.

Perlu Anda siapkan lem G, serbuk pasir, maupun semen. Sebelum mengoleskan lem G, sebaiknya Anda amplas bagian yang bocor. Lakukan dengan hati-hati.

Baca Juga : Cara Membersihkan Throttle Body Motor dengan Aman

Setelah bersih, maka teteskan lem G pada bagian yang bocor, taburi serbuk pasir maupun semen secara merata. Kemudian ketika kering, Anda bisa mengamplasnya lagi, beri tetesan lem G, dan taburi semen.

Lakukan berulang kali. Anda tak perlu menunggu lama karena lem dan semen mampu cepat kering sehingga bisa dilakukan pengamplasan.

Tambal Bagian Bocor dengan Sabun Mandi

Cara mengatasi tangki motor bocor lainnya dengan menggunakan sabun mandi. Sebenarnya langkah pembersihan tangki hampir sama langkahnya dengan petunjuk di atas, yaitu menguras tangki dan membersihkannya.

Gosok tangki dengan amplas hingga bersih. Ambil sabun seperlunya, lalu tekan sabun tersebut pada tangki yang sudah diamplas tadi. Jika sudah, kemudian gosok sedikit dengan menggunakan air hingga merata.

Lakukan penambalan dengan rata agar semua kebocoran tertambal secara baik. Namun cara tersebut hanya sementara. Hal ini bisa menjadi antisipasi sementara ketika Anda tengah melakukan perjalanan.

Selanjutnya Anda bisa melakukan penambalan secara permanen di rumah dengan bahan yang lebih tahan lama untuk jangka panjang.

Tambal Tangki Motor dengan Patri

Cara mengatasi tangki motor bocor lainnya adalah dengan menggunakan patri. Caranya siapkan patri, timah, dan amplas. Untuk mengatasinya bisa dengan melepas tangki motor tersebut, lalu bersihkan hingga tangki benar-benar bersih dan kering.

Selanjutnya gosok bagian tangki yang berkarat atau bocor menggunakan amplas. Gosok hingga bersih dan halus. Jika sudah, maka langkah selanjutnya adalah memanaskan timah. Rekatkan tangki dengan timah panas agar benar-benar merekat sempurna.

Menambal dengan Resin

Menambal dengan resin dapat dilakukan dengan menyiapkan resin dan tiner A spesial. Ambil tangki yang sudah bersih dan kering di sinar matahari.

Pertama, campurkan resin setengah kilo dengan tiner A spesial hingga encer. Ingat, jangan terlalu encer. Lalu tuang ke dalam tangki melalui lubang tutup tangki. Namun jangan lupa tutup lubang kran bensinnya.

Jika semua telah masuk, maka goyang tangki hingga resin merata ke setiap sisi tangki. Setelah merata, biarkan hingga satu malam agar benar-benar kering. Cara mengatasi tangki motor bocor ini sangat ampuh dan tidak merusak bagian luar tangki. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img