Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBerita TerbaruCara Menghafal Tabel Periodik dengan Mudah dan Menyenangkan

Cara Menghafal Tabel Periodik dengan Mudah dan Menyenangkan

Cara menghafal tabel periodik sebenarnya dapat Anda lakukan dengan mudah.  Tabel periodik unsur yang sering Anda jumpai pada mata pelajaran kimia. Hal itu dapat memberikan kemudahan bagi para penggunanya.

Pada setiap unsur telah memperoleh tempat di setiap baris dan kolom pada tabel. Sehingga memudahkan seseorang yang akan mempelajarinya. Secara umum tabel periodik terdiri dari baris periode dan kolom golongan. 

Melansir Wikipedia, tabel periodik  merupakan tampilan unsur-unsur kimia yang bentuknya tabel. Tabel periodik yang seringkali menjadi hal yang menakutkan. Jumlah unsurnya yang sangat banyak dengan singkatan yang sulit untuk memahaminya.

Bahkan penambahan struktur penomoran atom yang cukup rumit. Hal itu yang menjadikan dalam hafalan tabel periodik terbilang sangat sulit dan membosankan. Sehingga Anda perlu mengetahui strategi yang tepat untuk menghafalnya. 

Baca Juga: Pengertian Gerak Periodik dan Ketahui Karakteristiknya

Inilah Beberapa Cara Menghafal Tabel Periodik

Secara sederhana tabel periodik yang artinya sebagai kumpulan unsur-unsur kimia. Hal tersebut yang termuat dalam sebuah tabel. Unsur yang terdapat dalam tabel periodik berdasarkan kriteria tertentu.

Seperti nomor atom, konfigurasi elektron, serta keberulangan sifat kimianya. Sama halnya dengan tabel-tabel pada lainnya. Tabel periodik juga terdiri dari baris dan kolom. Penyebutan barisnya dalam hal ini merupakan periode.

Sedangkan pada bagian kolom merupakan golongan. Tabel periodik ini juga memiliki beberapa kegunaannya. Untuk dapat mengetahui turunan hubungan dari beberapa sifat unsur. Selain itu memperkirakan sifat unsur baru yang disintesis.

Sehingga apabila tabel periodik ini menjadi kerangka kerja. Untuk melakukan analisis perilaku kimia dan sering pengaplikasiannya pada ilmu lainnya. Hal itu memang memudahkan Anda dalam menghafal tabel periodik yang lebih mudah. Berikut ini beberapa cara untuk menghafal tabel periodik dengan mudah.

Lakukan Identifikasi Tiap Unsur

Hal yang Anda lakukan agar dapat membaca tabel periodik. Anda perlu untuk melakukan proses identifikasi tiap unsurnya. Biasanya  Anda akan memerlukan beberapa informasi data. Seperti nomor atom, berat atom, nama unsur, serta simbol.

Pelajari Setiap Bagian Unsur Secara Rutin

Seperti halnya dalam cara belajar pada anak-anak. Anda juga dapat mempelajari setiap bagian unsurnya. Caranya dengan membaginya dalam beberapa bagian. Contohnya untuk hari pertama Anda perlu menghafal 10 nama unsur.

Kemudian Anda dapat menambah jumlah hafalannya. Apabila rutin dalam menghafal, maka tidak ada yang tidak mungkin. Terlebih dengan 118 unsur lagi dapat Anda kuasai secara lebih mudah.

Baca Juga: Sifat Periodik Unsur, Perubahan Sifat Berdasarkan Letak Sistem Periodik

Tanya Jawab Bersama Teman

Cara untuk menghafal tabel periodik lainnya dengan melakukan tanya jawab bersama teman. Hal ini juga akan  memudahkan Anda dalam hafalan unsur dalam tabel periodik. Menghafal singkatan dan nama unsur, massa atom relatif serta hal lainnya. Hal yang mudah Anda lakukan saat bersama teman.

Membuat Salinan Tabel Periodik Apabila Memungkinkan

Anda juga dapat membuat salinan tabel periodik pada buku saku. Buku saku sangat mudah digunakan serta mudah membawanya. Anda dapat membacanya saat sedang waktu luang. Dengan membuat salinan pada buku saku yang ukurannya kecil. Sehingga dapat masuk ke dalam kantong celana Anda.

Menghafal dengan Membuat Kalimat atau Singkatan

Cara untuk menghafal tabel periodik lainnya dapat Anda lakukan dengan mudah dan menyenangkan. Hal itu karena Anda hanya perlu menghafal sebuah kalimat. Pada kalimat tersebut akan memudahkan Anda. Selain itu juga dalam bentuk singkatan yang akan memudahkan. Mengingat keseluruhan nama unsurnya golongan 1 hingga 8.

Membuat Tabel Menjadi Beberapa Bagian

Anda juga dapat membuat tabel menjadi beberapa bagian. Untuk dapat menghafal tabel periodik tersebut. Meskipun tampak lebih mudah, Anda juga harus menguasai pembuatannya.

Pembuatannya dengan membaginya menjadi beberapa bagian. Hal itu berdasarkan baris, kolom, kelompok, serta berat atom atau blok.

Uji Daya Ingat dengan Kuis

Cara lainnya yang dapat Anda coba lakukan untuk menghafalnya. Anda dapat melakukan uji kemampuan daya ingat Anda setiap hari. Caranya dengan mencoba beberapa varian kuis. Hal itu usahakan untuk membuatnya sesederhana mungkin. Sehingga Anda dapat mempelajari unsurnya dimanapun dan kapanpun.

Cara untuk menghafal tabel periodik dapat dilakukan dengan mudah dan menyenangkan. Sehingga Anda akan lebih cepat untuk menghafalkannya. (R10/HR Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img