Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan 7 Bahan Alami

Bekas Jerawat
Cara menghilangkan bekas jerawat dengan menggunakan 7 bahan alami. Foto: Net/Ist.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan menggunakan 7 bahan alami bisa kamu lakukan di rumah. Untuk mendapatkan bahan-bahan alaminya pun tidak akan sulit. Bahkan mungkin diantaranya selalu tersedia di dapur rumah mu.

Membahas jerawat memang tidak akan pernah ada habisnya. Masalah kesehatan kulit yang satu ini kerap kali dialami banyak orang. Keberadaannya mengganggu penampilan hingga membuat kepercayaan diri menurun.

Namun, seiring perkembangan zaman, kini sudah banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah jerawat.

Meski jerawat sudah dapat diatasi, tetapi permasalahan tersebut tidak berhenti sampai di situ. Karena jerawat selalu meninggalkan bekas. Persoalan ini pun dapat mengganggu penampilan.

Untuk menghilangkannya, ada beberapa cara alami yang bisa kamu lakukan sendiri dengan mudah dan murah. Tanpa harus pergi ke salon perawatan kecantikan kulit.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa cara alami untuk mengatasi masalah bekas jerawat.

Baca Juga : Mengatasi Jerawat dalam Semalam untuk Remaja Puber

7 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Lidah Buaya

Bahan alami yang satu ini dikenal juga dengan sebutan aloe vera. Manfaatnya tak hanya melembabkan kulit, tapi juga mampu menyamarkan bekas jerawat.

Kandungan zat aloin dalam lidah buaya dapat menghambat terjadinya pembentukan melanin. Oleh karena itu, gunakan lidah buaya untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat.

Caranya, ambil bagian gel atau dagingnya, lalu oleskan ke wajah sebagai masker. Setelah itu, biarkan selama 20 menit supaya terserap.

Kemudian, bilas menggunakan air. Lakukan cara alami ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga : Cara Mengatasi Jerawat Hormonal dengan Skincare Korea

Timun

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami yang selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan timun. Mungkin kamu sering atau pernah melihat orang maskeran menggunakan timun.

Hal tersebut bukan tanpa alasan. Timun memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, dan magnesium. Ketiga zat alami ini dapat menghidrasi wajah dan mampu menghilangkan kemerahan pada kulit wajah akibat jerawat.

Cara mengaplikasikannya, timun iris tipis-tipis, kemudian letakkan irisan tersebut selama 30 menit pada seluruh wajah. Noda hitam bekas jerawat pun akan hilang, dan wajah terasa lebih segar.

Kunyit

Kunyit bukan hanya berfungsi sebagai bumbu penyedap masakan, tapi ternyata memiliki khasiat pula untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Oleh karena itu, kunyit bisa kamu manfaatkan sebagai masker wajah untuk menghilangkan bekas jerawat. Caranya, cukup tumbuk kunyit sampai halus. Bisa juga kamu gunakan bubuk kunyit yang telah dicampur air.

Baca Juga : Penyebab Jerawat Muncul di Telinga dan Cara Mengatasinya

Jika menggunakannya secara rutin, kunyit yang mempunyai sifat anti inflamasi dan antiseptik mampu menghilangkan jerawat berikut dengan bekasnya.

Lemon

Buah lemon tinggi kandungan vitamin C yang mampu mencerahkan wajah serta menyamarkan noda hitam bekas jerawat. Selain itu, kandungan AHA dalam lemon juga dapat membantu merevitalisasi kulit.

Karena kandungan tersebut, maka buah lemon juga bisa menjadi bahan alami untuk menghilangkan bekas jerawat.

Cara mengaplikasikannya, peras buah lemon, kemudian air perasannya biarkan dulu 15 menit. Setelah itu baru bilaskan ke wajah.

Lemon memiliki efek melenyapkan minyak wajah. Oleh sebab itu aplikasikan segera pelembab setelah memakai masker atau air perasan lemon.

Tomat

Cara menghilangkan bekas jerawat juga bisa kamu lakukan dengan menggunakan tomat. Bahan alami yang satu ini mungkin selalu tersedia di dapur rumah kamu sebagai bumbu masak.

Nah, ternyata tomat juga berfungsi sebagai masker wajah untuk mengatasi masalah noda hitam bekas jerawat. Bahkan, tomat juga memiliki mampu mengencangkan kulit wajah karena mengandung vitamin A, vitamin C, serta likopen.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, cukup tempelkan saja irisan tomat ke wajah. Selain itu, kamu juga gunakan tomat sebagai masker. Namun sebelumnya tomat harus dihaluskan terlebih dahulu.

Madu

Bahan alami lainnya yang bermanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat adalah madu. Pastinya kamu juga sudah tahu kalau madu banyak manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan.

Karena itulah madu bisa membantu menyamarkan noda hitam bekas jerawat. Caranya, aplikasikan madu pada wajah, kemudian pijat secara melingkar dengan gerakan perlahan.

Setelah itu, biarkan 15 menit, lalu bilas menggunakan air hangat. Jangan lupa gunakan madu asli atau madu organik ya!

Putih Telur

Apabila bekas jerawat yang kamu miliki berupa bopeng pada kulit atau jaringan parut, kamu bisa coba menghilangkan bekas jerawat tersebut dengan menggunakan putih telur.

Kamu cukup aplikasikan bagian putih telur ke wajah yang mengalami masalah bekas jerawat. Biarkan selama antara 10 sampai 15 menit.

Pastikan pula kamu untuk tidak menggerakkan wajah supaya putih telurnya tidak retak, serta tidak merusak bagian kulit wajah.

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan bekas jerawat menggunakan 7 bahan alami yang bisa kamu coba mulai sekarang juga. Semoga bermanfaat! (R3/HR-Online)

Editor : Eva