Cara Menghilangkan Keputihan Secara Alami, Ini Pilihannya!

cara menghilangkan keputihan secara alami
Begini cara menghilangkan keputihan secara alami. Foto: Ist/Net

Cara menghilangkan keputihan secara alami merupakan tradisi yang sudah turun temurun. Ada sejumlah pilihan ramuan herbal yang bisa kita manfaatkan untuk mengatasi gangguan yang khusus terjadi pada kaum wanita ini.

Pada wanita, masalah keputihan memang merupakan salah satu gangguan kesehatan yang kerap terjadi. Tentu saja hal ini bisa muncul karena berbagai macam faktor penyebab.

Mengutip dari laman Smarter Health, keputihan merupakan cairan tidak normal yang muncul dan keluar dari kemaluan wanita. Cairan ini berisi sel-sel yang sudah mati dan bakteri sehingga harus keluar dari tubuh.

Jenis cairan keputihan ini sebenarnya hasil produksi kelenjar vagina dan leher rahim yang berperan penting dalam sistem reproduksi wanita. Fungsinya juga untuk menangkal terjadinya infeksi maupun menjaga kebersihan vagina.

Keputihan terbilang normal terjadi pada kaum wanita. Jika tidak berbau dan intensitasnya tidak terlalu sering, yang tentu saja bisa menjadi pertanda akan masa subur Anda.

Sebaliknya, perlu Anda perhatikan apakah keputihan yang terjadi pada tubuh anda dalam bentuk yang berbau dan juga sering. Anda bisa menggunakan cara menghilangkan keputihan secara alami yang mudah Anda lakukan.

Sebab hal ini bisa saja karena adanya suatu infeksi virus. Ini juga bisa menjadi sinyal yang menandakan adanya masalah pada kesehatan organ kewanitaan Anda.

Baca Juga : Obat Keputihan Alami yang Mudah, Murah, Tapi Efektif

Cara Menghilangkan Keputihan Secara Alami dengan Ramuan Herbal

Untuk mengatasi keputihan yang berbau dan tidak sehat ini ada banyak pilihan obat yang bisa Anda gunakan. Termasuk dengan menggunakan ramuan herbal alami yang merupakan pilihan tepat untuk Anda coba.

Bagi Anda yang penasaran apa saja cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi keputihan, maka berikut ini adalah ulasan menariknya untuk anda coba.

Jus Lemon

Bahan alami yang satu ini merupakan salah satu pilihan bahan alami yang kaya akan vitamin C yang tinggi. Tentu saja nutrisi ini sangat bermanfaat untuk membantu mengatasi keputihan secara alami dan mudah.

Jus lemon ini sendiri baik untuk menghilangkan bakteri penyebab keputihan. Anda bisa mengonsumsi jus lemon ini sebagai cara menghilangkan keputihan secara alami yang mudah, enak, dan aman.

Baca Juga : Cara Mengatasi Keputihan yang Tidak Normal

Bawang Putih

Kandungan anti bakteri yang tinggi pada bawang putih tentu saja merupakan salah satu pilihan pengobatan yang tepat untuk mengatasi keputihan secara alami.

Untuk melakukannya juga cukup mudah. Anda bisa meletakan bawang putih pada area kewanitaan Anda.

Bisa juga Anda mengonsumsinya secara langsung, atau dengan mencampurkan ke dalam masakan atau minuman. Sehingga keputihan Anda bisa segera teratasi secara alami dan mudah.

Daun Sirih

Pilihan lainnya sebagai cara menghilangkan keputihan secara alami adalah dengan menggunakan daun sirih. Air rebusan daun sirih juga merupakan solusi lainnya sebagai herbal yang tepat untuk mengatasi keputihan.

Baca Juga : Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Organ Kewanitaan

Untuk membuat ramuannya juga gampang. Rebus daun sirih dengan air hingga mendidih. Setelah dingin, maka Anda bisa menggunakannya untuk membasuh area kewanitaan Anda.

Daun sirih kaya akan anti bakteri yang baik untuk mengatasi keputihan secara alami dan mudah untuk Anda coba.

Air Masakan Beras Putih

Air bekas mencuci beras yang berwarna putih ini sebaiknya jangan Anda buang. Anda bisa menyimpannya dan merebusnya hingga matang. Air masakan beras putih ini sangat baik untuk membantu sebagai cara menghilangkan keputihan secara alami.

Selain itu air beras ini juga memiliki kandungan anti bakteri. Anda juga bisa meminum air rebusan beras ini secara teratur untuk mengatasi keputihan secara alami.

Mengonsumsi Sayuran

Hal lainnya yang baik untuk membantu mengatasi keputihan adalah dengan memperhatikan konsumsi makanan. Sayuran tak hanya kaya akan kandungan seratnya yang tinggi, namun juga merupakan pilihan bahan makanan yang baik untuk mengatasi keputihan.

Karena itu, Anda bisa rutin mengonsumsi sayuran hijau untuk setiap menu makanan yang akan Anda konsumsi. Selain membantu mengatasi keputihan, masakan ini juga berguna untuk membuat kulit menjadi lebih awet muda.

Itulah beberapa pilihan alami untuk membantu mengatasi keputihan secara mudah. Selain dengan cara menghilangkan keputihan secara alami ini penting juga tetap menjaga kebersihan area organ kewanitaan Anda. (R11/HR-Online)

Editor : Eva