spot_imgspot_img
BerandaBerita TerbaruCara Menghilangkan Notch HP untuk Semua Tipe, Simak Tutorialnya!

Cara Menghilangkan Notch HP untuk Semua Tipe, Simak Tutorialnya!

- Advertisement -

Cara menghilangkan notch HP untuk semua tipe sebenarnya tidak terlalu sulit. Layar poni atau notch dapat mudah Anda temui pada smartphone Android keluaran terbaru.

Seperti yang kita ketahui, notch merupakan inovasi terbaru pada pasar smartphone yang banyak meniru desain dari iPhone X. Sebenarnya desain tersebut cukup peran serta membawa kesatuan lebih menarik.

Akan tetapi jika dilihat dari segi penggunaan sebenarnya keberadaan layar poni ini kurang efektif. Keberadaan layar poni justru memberikan ruang yang terbatas terhadap notifikasi yang biasa penggu berderet di atasnya.

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa tidak semua orang suka akan keberadaan dari desain layar yang terdapat pada bagian atas ini.

Cara Menghilangkan Notch HP di Semua Tipe

Notch atau yang biasa disebut dengan layar poni (takik) merupakan bar kecil berwarna hitam yang tersemat pada bagian atas layar. Hadirnya notch membuat tampilan pada smartphone jadi terkesan berubah.

Hal ini karena pada awalnya desain smartphone mempunyai bezel yang menjadikan layarnya berbentuk bingkai. Sedangkan notch memberikan desain yang terkesan full screen.

Tidak hanya menunjang tampilan desain saja, akan tetapi notch juga berfungsi untuk memperluas tampilan layar pada HP. Meskipun tidak menghilangkan komponen yang ada, seperti kamera depan serta sensor dan yang lainnya. Oleh karena itulah notch memberikan sedikit ruang hitam untuk menempatkan komponen tersebut.

Dengan kehadiran notch perangkat HP, sebagian besar pengguna mungkin cukup nyaman dengan layar poni ini. Namun terdapat beberapa kalangan pengguna smartphone yang justru merasa terganggu.

Bagi Anda yang masuk dalam kategori kalangan yang kurang nyaman dengan kehadiran layar poni pada HP kesayangan Anda, berikut ini beberapa cara menghilangkan notch HP dengan mudah.

Cara Menghilangkan Layar Poni dengan Developer Options

Merupakan cara cukup sederhana yang dapat Anda manfaatkan untuk menghilangkan layar poni pada perangkat HP Anda. Untuk dapat menggunakan cara satu ini, para pengguna harus mengaktifkan opsi pengembang terlebih dahulu. Adapun langkah-langkah yang dapat Anda terapkan antara lain:

  • Buka menu pengaturan atau setting
  • Masuk pada System > About Phone
  • Selanjutnya temukan Build Number, tekan sebanyak 7 kali dengan cepat
  • Berikutnya akan muncul notifikasi bahwa Opsi Developer telah aktif.
  • Cara menghilangkan notch HP selanjutnya adalah setelah Anda pastikan opsi Developer aktif, maka Anda dapat menemukan menu dalam Settings.
  • Untuk dapat mematikan atau menghilangkan notch screen, maka silahkan buka Opsi Developer.
  • Selanjutnya temukan menu “Display Cut Out” serta matikan atau “None”.

Cara Menghilangkan Notch HP Melalui Aplikasi Nacho Notch

Perlu Anda ketahui, terdapat beberapa smartphone dengan OS Android k10 ke atas yang tidak lagi menampilkan opsi untuk menyembunyikan notch pada layar.

Oleh karena itu, sebagai alternatif mudah untuk dapat menghilangkan layar poni pada perangkat HP adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bernama Nacho Notch.

Penggunaan aplikasi ini terinspirasi dari fitur yang terdapat pada Huawei P20 Series yang dapat memungkinkan para pengguna menghilangkan poni pada layar HP. Selain itu, aplikasi Nacho Notch dapat memunculkan sebuah background hitam di sekitar notch secara otomatis sehingga notch akan hilang dan tidak terlihat.

Berikut ini cara untuk menghilangkan notch di HP melalui aplikasi Nacho Notch adalah:

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah download dan Install aplikasi Nacho Notch pada Google Play Store.
  • Nacho Notch merupakan aplikasi buatan Zachari Wander yang tidak mempunyai sebuah launcher. Maka  untuk dapat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur yang terdapat dalam aplikasi ini, maka Anda dapat menambahkan sebuah Quick Tile tambahan dalam kolom Notifikasi.
  • Selanjutnya izinkan Display over apps untuk aplikasi. Lalu aktifkan opsi Hide Notch
  • Maka secara otomatis poni pada perangkat HP akan tertutup dengan bar berwarna hitam pada bagian situs bar.
  • Untuk memastikannya apakah notch pada perangkat HP Anda telah hilang atau belum, Anda dapat mengeceknya dengan membuka Google Chrome atau aplikasi lainnya.

Cara menghilangkan notch HP di atas tentu dapat menjadi solusi tepat bagi Anda yang merasa kurang nyaman dengan kehadiran layar poni pada smartphone yang Anda gunakan. Dengan demikian, Anda pun akan lebih nyaman saat menggunakan ponsel dalam berbagai aktivitas.

- Advertisement -
- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -

Related News

- Advertisement -