Cara Merawat Kopling Mobil Agar Perjalanan Aman dan Nyaman

Cara Merawat Kopling Mobil Agar Perjalanan Aman dan Nyaman
Ilustrasi Cara Merawat Kopling Mobil. Foto: Ist/Net

Cara merawat kopling mobil yang tepat bisa mempengaruhi performanya agar tetap prima. Komponen yang satu ini cukup penting dalam sebuah kendaraan, karena jika mesin berputar akan saling berkaitan dengan lainnya.

Kopling sendiri berfungsi saat melakukan sebuah perjalanan dalam medan tertentu. Ketika jalanan naik dan turun, maka tenaga yang keluar dari kendaraan tentu berbeda-beda.

Baca Juga : Jenis-Jenis Kopling Mobil, Berbagai Macam dengan Ciri yang Dimilikinya

Maka dari itu, untuk membuat kondisi mobil tetap prima, kita sebaiknya selalu memperhatikan perawatannya. Sementara agar tidak mengganggu perjalanan, sistem mesin kendaraan kopling harus selalu kita cek. Sebab, kenyamanan pengemudi akan berpengaruh kepada para penumpangnya.

Oleh karena itu, beberapa tips berikut ini bisa Anda terapkan pada kendaraan kesayangan.

Deretan Cara Merawat Kopling Mobil

Beberapa langkah berikut ini sebaiknya kita perhatikan pada kendaraan roda empat. Karena jika kita merawatnya dengan cara yang tepat, otomatis akan memiliki keawetan lebih lama.

Pengecekan Berkala

Cara pertama merawat kopling mobil adalah selalu melakukan service rutin. Jika tidak bisa menangani sendiri, akan lebih baik langsung bawa ke bengkel terpercaya.

Mereka akan lebih paham untuk memastikan kondisi dari kendaraan yang kita gunakan setiap hari ini. Jika terdapat tanda-tanda akan terjadi kerusakan atau mengarah ke sana, kita akan memahaminya dari awal.

Kondisi Berhenti

Tahukan Anda jika sedang berkendara akan lebih baik jika kita memastikan posisi kopling. Pastikan bahwa posisi normal atau nol, meski hanya berhenti sementara, seperti sedang berada di lampu merah. Bisa juga ketika sedang terjebak macet, akan lebih baik posisi gigi mesin pada nol atau normal.

Perpindahan Gigi

Nah setelah dalam posisi normal, keadaan berhenti. Jika ingin melakukan perjalanan, maka coba pindah. Gunakan gigi satu agar mesin bisa beradaptasi terlebih dahulu. Karena hal ini akan membantu mobil tidak merasa terbebani secara tiba-tiba.

Baca Juga : Penyebab Kopling Mobil Selip, Terjadi Karena Kampas Bermasalah

Selain itu, perhatikan rute dan medan untuk menyesuaikan perpindahan gigi. Karena jika kita secara tiba-tiba melakukan perpindahan gigi, maka cepat atau lambat akan membuat kopling justru mudah rusak.

Menginjak Kopling

Cara merawat kopling mobil bisa kita lakukan saat menggunakannya. Misalnya ketika berkendara, usahakan untuk selalu menginjak kopling secara sempurna.

Jangan tanggung karena justru akan membuat gigi mengembang antara masuk atau tidak. Posisi kopling dan flywheel akan membuatnya terpisah secara sempurna juga bekerja dengan baik.

Kedua, jangan menaruh kaki pada posisi selalu menginjak pedal kopling. Hal ini akan membahayakan karena secara terus-menerus membuat piringan kopling cepat aus.

Kasarnya, seperti membuatnya bekerja secara terus-menerus pada bearing kopling. Hal ini akan membuat kopling mudah rusak, usahakan untuk tidak menaruh kaki pada kopling jika tidak menggunakannya.

Lepas Kopling Pelan-Pelan

Cara merawat kopling mobil selanjutnya adalah memperhatikan kala penggunaan. Jika ingin mengganti atau berpindah, akan lebih baik berhati-hati dan tidak mendadak.

Baca Juga : Umur Kampas Kopling Mobil, Berpengaruh pada Transmisi Kendaraan

Karena cara kasar akan membuat plat kopling mudah rusak. Selain itu, kondisi seperti ini membuat kopling bergetar dan kaget sebagai penerima respon tersebut.

Usahakan untuk melepas kopling dengan hati-hati dan pelan. Cara merawat ini tentu saja akan membuat keawetan kopling mobil tetap terjaga.

Ketinggian Pedal Kopling

Cara merawat kopling mobil selanjutnya adalah memperhatikan bagaimana ukuran asli dari pabrik yang mereka gunakan. Karena biasanya ukuran standar ini akan digunakan kala terjadi setel ulang saat sedang service. Jika terjadi hal yang tidak nyaman kala menginjak kopling, maka biasanya penyetelan belum tepat.

Indikator Tabung Minyak Kopling

Selanjutnya kita sebaiknya melakukan pengecekan secara berkala pada indikator tabung minyak. Hal ini menjadi poin yang penting dan mengurangi terjadinya risiko kebocoran pada master bagian bawah.

Penurunan kapasitas minyak biasanya menjadi tanda sebuah kebocoran ini. Selanjutnya pengecekan akan memastikan bahwa indikator dalam batas wajar. Kondisi kopling pun tetap aman dan prima. Selama perjalanan, akan aman dan nyaman tanpa khawatir lagi.

Nah, beberapa cara yang kita bahas mengenai perawatan kopling ini harus Anda perhatikan. Cara merawat kopling mobil sebenarnya mudah untuk kita lakukan sendiri. Namun juga tetap harus melakukan service secara berkala. Hal ini agar tidak terjadi hal yang membahayakan kala perjalanan dalam medan berbeda dari biasanya. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto