spot_imgspot_img
BerandaBerita TerbaruCara Merekam Telepon di iPhone, Simak Beberapa Langkah Berikut Ini

Cara Merekam Telepon di iPhone, Simak Beberapa Langkah Berikut Ini

- Advertisement -

Cara merekam telepon di iPhone sangat bermanfaat, terutama apabila yang menjadi pokok pembicaraan adalah hal-hal penting. Namun sayangnya, pihak iPhone tidak menyediakan fitur maupun aplikasi bawaan untuk kelangsungan rekaman ini.

Alasannya tidak lain terkait privasi dan keamanan penggunanya. Akan tetapi, di situasi tertentu kadang-kadang seseorang juga perlu untuk menyimpan percakapan.

Alih-alih penyadapan, jika perbincangan seputar kerjaan, materi, atau hal penting lainnya, maka merekam telepon bisa mempermudah untuk mengingat obrolan.

Baca Juga : Lacak iPhone Hilang Dalam Keadaan Mati, Temukan dengan Cara Ini

Hal ini memungkinkan Anda sebagai pengguna iPhone harus menginstal aplikasi atau mendatangkan perangkat keras eksternal sebagai ajang merek panggilan.

Simak Cara Merekam Telepon di iPhone

Sebenarnya tujuan utama membuat rekaman saat melakukan panggilan adalah menyimpan informasi penting dari percakapan di telepon. Mencatat barangkali bisa menjadi opsi, akan tetapi itu tidak bisa menjadi cara yang mumpuni.

Kecepatan menulis tidak bisa sebanding dengan kecepatan berbicara. Apabila hanya mengandalkan daya ingat, maka tidak semua orang bisa mengingat setiap detail dengan baik.

Baca Juga : Menghidupkan Hotspot di iPhone, Solusi Berbagi Data ke Perangkat Lain

Maka dari itu, kali ini kami akan memberikan tips yang bisa Anda terapkan untuk merekam telepon di iPhone.

Menggunakan Google Voice

Cara merekam telepon di iPhone yang satu ini hanya bisa beroperasi untuk panggilan masuk saja dan tidak berlaku pada panggilan keluar. Anda bisa mengaksesnya secara gratis dengan memasukkan nomor ke Google.

Langkah-langkah penggunaannya kurang lebih sebagai berikut:

  1. Instal aplikasi Google Voice melalui App Store, login dengan menggunakan akun Google Anda. Setelah itu, klik menu ‘Search’ dan ketik nomor telepon yang akan Anda hubungkan dengan akun Google Voice.
  2. Selanjutnya lakukan konfirmasi nomor dan klik ‘Next’ hingga notifikasi untuk memasukkan nomor muncul. Jika sudah muncul, silahkan konfirmasi dan tunggu hingga pengiriman kode.
  3. Cara merekam telepon di iPhone yang satu ini mewajibkan Anda untuk segera melakukan verifikasi Google Voice Anda menggunakan kode yang sudah Anda terima.
  4. Untuk bisa mengakses ke rekaman telepon, Anda bisa mengunjungi laman Google Voice. Kemudian buka menu Settings yang terletak pada ikon roda gigi di bagian kanan atas halaman.
  5. Setelah itu, Anda bisa memilih menu ‘Calls’ di bagian kiri halaman. Scroll ke bawah hingga Anda temukan ‘Incoming Call Options’. Pastikan pengaturan ini selalu aktif.
  6. Nantinya, ketika merekam telepon melalui Google Voice ini, Anda bisa menekan tombol 4 untuk memulai rekaman. Hasil rekaman bisa Anda dapati di kotak masuk Google Voice.

Merekam Telepon di iPhone Tanpa Aplikasi

Cara merekam telepon di iPhone yang selanjutnya membutuhkan perangkat lain, seperti mikrofon yang bisa merekam semacam iPad atau komputer.

Rekaman ini sangat tertolong dengan keadaan yang sunyi dan speaker smartphone yang berfungsi secara baik. Untuk membuktikan dan seperti apa langkahnya, mari kita cermati bersama.

  1. Lakukan panggilan kemudian klik pada ikon speaker. Pastikan Anda memilih speaker iPhone dari daftar yang terlampir.
  2. Posisikan iPhone dalam jarak dekat dengan mikrofon sehingga suara Anda bisa terekam olehnya lebih jelas.
  3. Simpan rekaman segera setelah Anda mengakhiri panggilannya.

Jika Anda menggunakan rekaman dengan perangkat iOS, Anda bisa jalankan aplikasi Voice Memos Apple. Sementara untuk rekaman di PC atau Mac, kami sarankan untuk menggunakan perekam audio Audacity.

Cara Merekam Telepon dengan Berlangganan Aplikasi

Solusi ketiga merekam telepon di iPhone, Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi yang sengaja didesain dalam bentuk perekam. Memang, untuk bisa mengakses aplikasi ini, Anda harus mengeluarkan biaya.

Beberapa diantaranya aplikasi semacam perekam telepon yang mendapatkan hasil review dan ulasan nilai baik adalah sebagai berikut.

  1. Call Recorder (IntCall), merupakan aplikasi perekam telepon yang mengharuskan Anda membayar Rp1.000 per menitnya. Perangkat Anda juga harus tersambung ke WiFi apabila Anda tertarik dengan cara merekam telepon di iPhone dengan aplikasi ini.
  2. Call Recording by NoNotes, aplikasi perekam telepon ini bisa Anda nikmati dengan gratis selama 20 menit per bulannya. Ketika waktu itu habis, maka Anda wajib membayar Rp2.500 per menit.
  3. TapeACall Pro, aplikasi ini cukup berbeda. Anda tidak perlu memperhitungkan biaya per menit, melainkan cukup membayar 100 ribu untuk pembayaran di muka penggunaan aplikasi ini.

Ketiga aplikasi tersebut menawarkan kemudahan dalam merekam telepon di iPhone. Untuk cara penggunaannya, Anda bisa melihat referensi lainnya.

Ada hal yang perlu Anda perhatikan dalam cara merekam telepon. Pastikan bahwa Anda telah mempunyai izin dari pihak bersangkutan yang ingin Anda rekam pembicaraannya.

Apabila Anda tidak memiliki izin dari pihak bersangkutan, bisa jadi hal tersebut masuk ke dalam penyadapan. Oleh karena itu, biasakan meminta izin terlebih dahulu sebelum merekam. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisement -
- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -

Related News

- Advertisement -