spot_imgspot_img
BerandaBerita TerbaruCara Pasang Jari-Jari Motor Secara Mandiri Baik yang Baru atau Lama

Cara Pasang Jari-Jari Motor Secara Mandiri Baik yang Baru atau Lama

- Advertisement -

Cara pasang jari-jari motor yang masih baru atau ketika melakukan pergantian dari yang lama bisa kita pelajari sendiri. Namun untuk melakukan secara mandiri, tentunya membutuhkan beberapa alat yang perlu dipersiapkan sebelumnya.

Nah untuk Anda yang penasaran bagaimana langkah mengerjakan jari-jari motor satu ini, coba simak bahasan kami. Karena sebenarnya keterampilan ini bisa kita pelajari secara mudah.

Biasanya orang akan mengotak-atik bagian kendaraan yang satu ini agar sesuai dengan keinginan. Misalnya custom atau ganti karena sudah cukup aus.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Karat pada Velg Motor dengan Bahan Sederhana

Alasan melakukan pasang jari yang baru ini harus memperhatikan beberapa hal. Karena pola dan tipe yang beragam membuat penangannya berbeda pula.

Inilah Cara Pasang Jari-Jari Motor Secara Mandiri

Memperluas skill yang satu ini akan menghemat pengeluaran bengkel. Karena service berbagai komponen motor sudah cukup menguras biaya. Maka dari itu, jika menanganinya sendiri, kita bisa mempelajarinya.

Persiapkan Alat

Beberapa persiapan sebelum masuk ke cara pemasangan adalah menyiapkan alatnya. Mulai dari kunci pas yang ukurannya sesuai, lalu alat pengukur, dudukan penyangga, dan kain yang tebal namun tidak kasar.

Alat pemotong baut bisa menggunakan gerinda sudut untuk membantu membongkar roda dengan cepat. Mengganti-ganti jari roda menggunakan alat ini akan lebih efektif dan aman.

Cara Memasang

Tahukah Anda ketika mencoba cara pasang jari-jari motor akan ada pengetahuan baru muncul. Pada jari-jari tersebut ternyata memiliki dua jenis yang berbeda.

Penggunanya untuk bagian luar dan dalam. Beberapa jenis roda memiliki hub asimetris dengan jumlah empat, dari versi pendek dan panjang untuk bagian dalam juga luar.

Saran sebelum mulai membongkarnya, kita sebaiknya memotret roda tersebut. Hal ini akan membantu kita mengingat pola yang diganti dengan roda baru tersebut.

Pemahaman ini sebagai kunci dari arah roda yang berbeda-beda tersebut. Nah setelah itu, kita akan masuk ke langkah selanjutnya.

Pengukuran Jari-Jari

Cara pasang jari-jari motor selanjutnya adalah mengukur panjang offset. Sebab velg memiliki berbagai macam yang tidak selalu berada di tengah hub. Maka dari itu, kita memerlukan pengukuran ini agar tepat dan tidak salah ukuran.

Baca Juga : Komponen Roda Belakang Sepeda Motor, Kenali Bagian dan Fungsinya

Ukur pada bagian offset rim ke hub dengan sesuatu yang lurus. Penggaris besi misalnya, letakkan pada seberang flens rotor rem, flens sproket atau tepi tromol, dan ukur jarak antaranya dengan sisi pelek.

Pengukuran ini mulai urutan arah ke jam 3, 6, 9, dan 12. Persis setiap siku 90 derajat untuk tikungan pelek. Namun jika pemasangan jari-jari secara custom, maka Anda perlu sebuah hitungan tersendiri. Berbeda dari standar pabrik yang awalnya kita miliki tersebut.

Bongkar Roda

Cara pasang jari-jari motor selanjutnya setelah pengukuran adalah pembongkaran. Hal ini akan membuat kita sambil mengingat pola awalnya. Saat pembongkaran kita akan menggunakan cara cepat dengan memotongnya.

Dengan alat yang kita persiapkan di awal tadi bernama pemotong baut besar. Karena hal ini membantu memotong secara dua jari-jari sekaligus. Gunakan pengaman agar jari-jari mudah keluar.

Usahakan penggantian dengan menggunakan jari-jari dan dot asli. Lepaskan dot dan membiarkan jeruji di hub tersebut agar pekerjaan tidak lebih berat atau ekstra.

Siapkan Hub

Cara pasang jari-jari motor selanjutnya adalah mempersiapkan hub. Bagian ini akan lebih baik kita poles dengan bubuk atau poles langsung. Gunanya untuk bantalan roda dan segel.

Hub sendiri memiliki jenis berbeda-beda, maka pastikan terlebih dahulu. Misalnya jika sisi besar dan kecilnya pisahkan jadi beberapa jenis tersebut.

Hal ini agar tidak bingung untuk pemasangannya dan pas. Untuk membuatnya kencang dan perbaikan yang mudah pada masa mendatang, hal ini sangat perlu.

Pasang Jari-Jari

Langkah terpenting adalah memasukan jari-jari sesuai polanya. Mulai dari bagian terdalam sesuai lubangnya. Berdasarkan pola awalnya, kita akan mendapatkan hasil yang sama persis.

Jika melakukan pemasangan, jangan langsung mengencangkan pada awalnya. Karena akan membuat perakitan tidak sesuai, melakukan pengencangan pada akhir langkah.

Lakukan pengikatan agar tidak terjadi goresan pada pelek. Jangan lupa untuk mengencangkan pada bagian bawah dan usahakan sampai kencang pas. Sesuaikan dari setelan pabrik agar kekuatannya sama seperti semula.

Cara pasang jari-jari motor ini cukup mudah untuk kita lakukan sendiri. Asalkan memperhatikan beberapa hal penting dan tidak melewatkannya. Jadi, selamat mencoba! (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisement -
- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -

Related News

- Advertisement -