Cara Pasang Jaring Bagasi Mobil dan Bagian Atap dengan Aman

Cara Pasang Jaring Bagasi Mobil dan Bagian Atap Dengan Aman
Ilustrasi Cara Pasang Jaring Bagasi Mobil. Foto: Ist/Net

Cara pasang jaring bagasi mobil secara tepat sebenarnya cukup mudah. Alat yang satu ini akan membantu kita untuk mengamankan bawaan dari mobil, selama perjalanan baik dekat maupun jauh.

Jika kita tidak tepat cara pemasangannya, justru tidak akan efektif dalam penggunaanya loh. Maka dari itu usahakan untuk memasangnya harus dengan tepat dan benar.

Akomodasi menggunakan mobil tentu akan lebih aman dan nyaman dengan jaring ini. Karena ketika membawa muatan dan kita tidak menahannya dengan aman, maka ditakutkan akan terjatuh juga tercecer.

Baca Juga : Pintu Bagasi Tidak Bisa Dibuka, Ketahui yang Menjadi Penyebabnya

Hal ini tentu akan membahayakan bukan? Maka dari itu berikut ini rekomendasi langkah-langkah untuk Anda.

Begini Cara Pasang Jaring Bagasi Mobil

Pemasangan alat ini terkadang hanya dengan sengaja melubangi pada samping bagasi berbahan plastik. Padahal dengan membuat lubang secara sengaja seperti ini akan merusak bagian mobil. Maka berikut ini tips yang tips aman pemasangan untuk Anda.

Alat dan Bahan

Pertama siapkan beberapa alat ini seperti jaring yang akan Anda pasang sesuai ukuran bagasi. Selanjutnya kita membutuhkan mur untuk sekrup, kunci dan obeng plus.

Nah, alat ini sangat penting untuk kita gunakan memasang, tanpa merusak bagasi mobil kesayangan Anda. Jadi persiapkan dengan benar.

Memasang Dengan Aman

Cara pasang jaring bagasi mobil yang aman berikut ini cukup mudah. Perhatikan jaring tersebut, biasanya terdapat bagian pengait bawaan, pada ujung bawah kiri dan kanan jaring tersebut. Kemudian kita selipkan pada container bagasi, pada bagian sampingnya biasanya terlihat jelas.

Mur yang kita persiapkan tadi kita pasangkan pada ruang untuk pengait bagian dalam. Ukuran mur sebaiknya gunakan M6 x 20 mm. Lalu gantikan mur lampu bagian belakang dengan yang kita pasang tadi.

Baca Juga : Cara Membuka Bagasi Mobil dengan Mudah, Aman Bahkan Tanpa Kunci

Sesuaikan pemasangan dengan kebutuhan Anda. Antara tinggi dan rendahnya pada lampu bagian belakang tersebut tentunya tidak akan merusak. Pemasangan seperti ini lakukan pada sisi kanan dan kirinya.

Fungsi Jaring Bagasi Mobil

Alat ini akan membantu kita untuk membawa barang namun tersusun rapi. Ketika menyusun barang bawaan pada mobil namun tetap mudah untuk menutup pintunya. Karena barang yang banyak biasanya akan sulit jika tidak ditahan dengan sesuatu.

Nah jaring ini terpasang khusus untuk menahan barang menumpuk dan tertata lebih rapi lagi.

Selain itu, jaring ini bisa kita pindah ada bagian atap mobil. Gunanya masih sama juga, untuk menahan barang bawaan selama perjalanan. Hal ini akan berfungsi banyak dan mengurangi risiko terjatuhnya barang.

Jika kita membawa barang dalam keadaan overload maka tetap aman, tidak perlu khawatir lagi jika terjadi hal yang tidak kita inginkan.

Cara pasang jaring bagasi mobil yang tepat akan membuat fungsinya berguna sempurna. Oleh karena itu jangan sampai kita justru merusak bagian mobil hanya untuk memasang aksesoris bantu ini.

Pemasangan Jaring Pada Bagian Atas Mobil

Selain bisa kita pasang pada bagian bagasi tadi, pemasangan juga bisa pada bagian atas mobil atau truk. Nah untuk bagian ini kita perlu untuk memberikan perhitungan yang matang.

Perkirakan beban maksimal yang biasa Anda bawa sehari-hari atau kebanyakan. Karena hal ini akan berpengaruh terhadap jaring tersebut.

Baca Juga : Bagasi Atas Mobil, Gunakan Tips Memilih dan Pemasangan yang Tepat

Jika kondisi roof rack sudah tidak prima, maka akan lebih baik untuk mengurungkan memasang alat ini. Karena dikhawatirkan akan membuat atau memperparah rusak nantinya. Bahkan bisa membuat bagian atas penyok, loh. Maka dari itu kita harus memperkirakan dengan baik untuk melakukan pemasangan ini.

Lakukan Dengan Teliti dan Tepat

Cara pasang jaring bagasi mobil mirip dengan memasang pada bagian atasnya. Hanya saja kita memasangnya ada bagian atas. Sebatas belakang dan atas saja perbedaanya. Pasang dengan penjepit tulang atas, agar tidak perlu melakukan pengeboran yang merusak mobil nantinya.

Hal ini jauh membuat kondisi mobil tetap aman tanpa merusak bagian lain. Jika masih ragu lebih baik minta tolong pada bengkel terdekat atau orang berpengalaman.

Pasalnya, akan membahayakan jika kita rusuh dan memaksanya dengan ngawur. Cara pasang jaring bagasi mobil ini mudah dan praktis jika Anda mengikuti beberapa langkah tersebut. Jadi selamat mencobanya! (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto