spot_imgspot_img
BerandaBerita TerbaruCara Setting APN Xiaomi dengan Tepat, Jaringan Lebih Stabil dan Cepat

Cara Setting APN Xiaomi dengan Tepat, Jaringan Lebih Stabil dan Cepat

- Advertisement -

Cara setting APN Xiaomi untuk semua tipe dan operator sangat penting untuk Anda pahami, terutama bagi Anda pengguna HP besutan vendor Tiongkok ini. Hal ini bertujuan supaya smartphone Android yang Anda gunakan dapat terhubung ke jaringan internet dengan baik.

Apabila pengaturan APN tidak benar, maka dapat dipastikan Anda tidak dapat terkoneksi ke jaringan internet. Sehingga, tiba-tiba ponsel yang Anda gunakan tidak bisa terhubung ke internet seperti biasa.

Baca Juga : Sensitivitas HP Xiaomi Dapat Diatur dengan Berbagai Cara Mudah

Hal ini biasanya terjadi setelah Anda melakukan update OS Android, atau antarmuka pada perangkat Anda. Maka coba cek settingan APNnya. Mungkin terdapat beberapa pengaturan APN yang berubah.

Cara Setting APN Xiaomi untuk Berbagai Operator

Acces Point Name (APN) merupakan jalur khusus yang lebih disebut dengan jaringan seluler. APN berfungsi sebagai sarana penghubung atau gateway dalam mengidentifikasi sebuah jaringan pada masing-masing perangkat HP.

Hal ini berdasarkan kartu SIM atau provider yang digunakan. Namun seringkali HP kesulitan dalam menangkap sinyal atau jaringan internet ketika mengaktifkan paket data, maka Anda dapat cek settingan serta mengubah APN internet yang terdapat di smartphone yang Anda gunakan.

Pengaturan APN yang tepat tentu dapat menstabilkan jaringan supaya dapat mendukung berbagai aktivitas mobil pengguna. Mode jaringan bermanfaat untuk mengatur batas maksimal dari jaringan yang akan Anda gunakan.

Pengaturan Mode Jaringan di Xiaomi

Sebelum mengulas bagaimana cara setting APN di Xiaomi yang tepat, Anda juga perlu mengetahui cara mengatur mode jaringan yang sesuai pada HP Xiaomi antara lain:

  • Pertama buka HP Xiaomi, kemudian buka menu pengaturan yang terdapat pada perangkat.
  • Langkah berikutnya masuk pada opsi ke Kartu SIM & Jaringan Seluler 
  • Lalu pilih Kartu SIM yang akan Anda ubah jaringannya
  • Berikutnya pilih opsi Tipe Jaringan Prioritas
  • Lalu dapat memilih jaringan yang akan Anda gunakan seperti 4G, 3G, serta yang paling rendah adalah 2G.

Cara Setting APN di HP Xiaomi

Sementara untuk dapat masuk ke dalam menu APN, terdapat cara tersendiri pada masing-masing smartphone Android. Bagi para pengguna Xiaomi, maka Anda dapat masuk ke menu Setelan > kartu SIM & Jaringan Seluler > pilih SIM 1 atau 2 yang akan Anda gunakan untuk internet.

Baca Juga : Cek Garansi HP Xiaomi Apakah Masuk Jenis Resmi atau Distributor

Kemudian pilih nama titik akses APN. Selanjutnya cara setting APN internet pada perangkat Xiaomi dapat Anda lakukan sebagai berikut:

  • Untuk membuat APN baru, cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan tap atau klik tombol tambah (+) yang terletak pada pojok kanan atas.
  • Berikutnya lakukan setting APN yang benar yakni mengisi Nama dan menu APN sesuai dengan list provider yang Anda gunakan. Selanjutnya pada menu Jenis autentikasi pilih PAD dan untuk menuk APN tulis default, supl. Sedangkan pada menu protokol APN serta menu Protokol Roaming APN biarkan default atau pilih IPv4/IPv6.
  • Apabila cara setting APN di Xiaomi diatas telah Anda ikuti dengan benar, lalu pilih Save untuk menyimpan.
  • Langkah berikutnya klik APN yang batui Anda buat tadi, lalu aktifkan data internet pada perangkat Android Anda.
    Apabila jaringan internet telah kembali normal, berarti Anda telah sukses membuat pengaturan APN internet dengan benar.

Dengan mengikuti cara setting APN di Xiaomi diatas, Anda pun dapat melakukan aktivitas mobil dengan jaringan internet yang lebih lancar. Mulai dari membuka browser, googling, memutar video Youtube, memperoleh notifikasi WhatsApp dan lain sebagainya.

Cara Menambah dan Edit APN HP Android Xiaomi

Selain cara setting APN di Xiaomi, Anda juga dapat menambah atau merubah APN di HP Xiaomi dengan mudah. Seperti yang Anda ketahui bahwa letak menu Settings APN dan mode jaringan Xiaomi berada pada satu tempat yang sama.

Maka. langkah pertama untuk dapat mengubah atau menambahkan APN di HP Xiaomi adalah dengan membuka menu Settings. Kemudian pilih Sim cards & mobile network > sim card settings > access point names (APN).

Langkah selanjutnya, pada menu Acces Point Name akan terdapat 2 pilihan menu yakni menu edit beserta menu menambahkan apn yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Penting untuk Anda ketahui, jika Anda menggunakan kartu internet 4G, maka pastikan setting mode jaringan pada prefer 4G. Jika tidak, maka jaringan kartu internet 4G tidak akan muncul.

Demikianlah cara setting APN di Xiaomi yang dapat Anda terapkan dengan mudah. Dengan demikian, jaringan internet pada perangkat HP Xiaomi pun akan lebih lancar siap mendukung aktivitas mobil Anda. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisement -
- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -

Related News

- Advertisement -