Cara Ternak Burung Kacer yang Mudah dan Tepat

cara ternak burung kacer
Ini dia cara ternak burung kacer. Foto: Ist/Net

Cara ternak burung kacer yang tepat bukan saja penting namun juga akan memberikan keuntungan untuk bisnis. Bagi pecinta burung, memelihara sambil beternak untuk usaha tentunya akan memberikan banyak kenikmatan.

Salah satu jenis burung yang paling banyak orang ternakkan dalam beberapa waktu belakangan ini adalah burung kacer.

Memelihara burung kacer tidak sulit dan cukup mudah. Namun sebelum beternak kacer, ada baiknya Anda tahu dulu jenis kacer yang bisa diternak.

Ada tiga jenis burung kacer yang populer dengan harga jual tinggi yang bisa Anda ternakkan sebagai lahan bisnis.

Jenis ini antara lain seperti burung kacer poci, kacer jawa, dan kacer blobrok. Jenis yang terakhir merupakan hasil persilangan kacer poci dengan kacer jawa.

Baca Juga: Cara Ternak Ayam Broiler Untuk Usaha Kecil yang Menguntungkan

Cara Ternak Burung Kacer

Untuk Anda yang hobi burung perlu mengenal cara memelihara yang tepat. Sedangkan untuk Anda yang ingin meraih untung bisa berternak sebagai lahan bisnis. Berikut langkah penting cara ternak burung kacer yang perlu Anda tahu.

Pilih Indukan Kacer Secara Tepat

Memilih indukan kacer yang tepat penting agar bisa mendapatkan anakan yang berkualitas. Indukan burung kacer yang bagus memiliki beberapa ciri yang sebaiknya Anda kenali berikut ini.

  • Kacer jantan dan betina sudah masuk usia harus kawin yaitu sekitar 10 sampai 12 bulan
  • Untuk bibit kacer betina, pastikan Anda pilih yang sudah agak jinak
  • Pilih bibit yang rajin berkicau dan memiliki kicauan indah
  • Tidak terdapat cacat pada bagian tubuh manapun
  • Memiliki badan yang besar dan panjang

Namun dalam pemilihan bibit pun harus Anda pahami bahwa kacer termasuk salah satu jenis burung yang sangat susah mengawinkannya. Karena itu tak sedikit peternak yang gagal dalam mendapatkan anakan dari proses ini.

Karenanya jika memang memungkinkan, Anda bisa membeli bibit pada penjual karena biasanya mereka menjual bibit yang sangat baik kualitasnya.

Pembesaran dan Perawatan Kacer

Dalam tahapan cara ternak burung kacer, yang selanjutnya juga harus Anda perhatikan adalah pembesaran dan perawatannya. Anda harus mengawinkan dulu bibit kacer untuk menghasilkan telur.

Caranya dengan Anda masukkan pasangan kacer ke dalam kandang. Pasangan kacer akan melakukan perkawinan alami dalam kandang.

Perkawinan burung kacer tidak terlalu lama, terlebih jika umur kacer sudah memasuki umur kawin dan pasangan kacer juga cocok.

Jika sudah Anda kawinkan, burung betina kacer akan bertelur sebanyak 2 sampai dengan 3 butir dalam sekali periode musim bertelur. Kemudian induk akan mengerami telurnya kurang lebih selama 2 minggu lamanya.

Jika telur sudah menetas, kemudian berikan pakan berupa kroto, jangkrik atau belalang pada indukan. Indukan kacer ini nantinya akan memberikan pakan tersebut kepada anaknya dengan cara menyuapkan atau meloloh anaknya.

Baca Juga: Cara Ternak Semut Rangrang, Usaha Langka yang Menjanjikan

Pahami Aturan Pemberian Pakan dan Pembersihan Kandang

Langkah penting cara ternak burung kacer lainnya adalah pemberian pakan. Ada dua jenis pakan yang bisa Anda berikan pada kacer, yaitu pakan instan dan pakan alami.

Pakan instan bisa Anda beli dari pabrik atau toko pakan burung yang tentunya akan lebih praktis. Sementara pakan alami bisa Anda cari dari alam sekitar. Seperti cacing, kroto, jangkrik, ulat atau pun belalang.

Pastikan agar pakan yang Anda berikan kepada burung kacer harus mengandung berbagai macam nutrisi yang penting. Seperti mineral dan juga vitamin.

Untuk burung kacer yang masih piyik atau anakan, pastikan Anda hindari memberikan pakan dan minum terlalu sering.

Sementara untuk pembersihan kandang, pastikan Anda bersihkan secara rutin minimal 2 kali dalam seminggu. INi sangat penting agar burung terhindar dari serangan penyakit.

Waktu Panen

Dalam proses cara ternak burung kacer tentunya Anda ingin tahu kapan burung kacer bisa kita panen.

Ada beberapa ciri yang menandakan bahwa burung kacer bisa dan siap kita panen. Yaitu seperti kacer mulai bersiul dengan lantang dan sudah berusia dewasa.

Jika sudah waktunya panen, cara panen yang bisa Anda lakukan adalah  dengan mengambil kacer secara hati-hati. Ini agar burung tidak stres dan kemudian masukkan ke dalam sangkar gantung.

Itulah beberapa cara ternak burung kacer yang mudah dan bisa Anda lakukan. Bagi Anda yang berniat memelihara atau membudidayakan burung kacer untuk usaha bisa menerapkan cara atau metode budidaya tersebut. (R10/HR Online)

Editor: Jujang