Cegah Balita Kurang Gizi, Pemdes Karangpawitan Ciamis Salurkan PMT

Cegah Balita Kurang Gizi Pemdes Karangpawitan Ciamis Berikan PMT
Pemberian makanan tambahan (PMT) untuk balita yang kurang gizi di aula balai Desa Karangpawitan, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (7/9/2021). Foto : Edji Darsono/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pemerintah Desa Karangpawitan, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, memberikan makanan tambahan untuk balita yang bermasalah kurang gizi.

Pemberian makanan tambahan (PMT) untuk balita tersebut dilakukan di aula balai desa setempat, pada Selasa (7/9/2021).

Kepala Desa Karangpawitan, Rosadi, melalui perangkat desa, Dadi Havidi mengatakan, setiap orang tua pasti mendambakan anaknya tumbuh subur, sehat dan cerdas.

“Jadi untuk mewujudkan hal tersebut, hendaknya orang tua menyadari bahwa kebutuhan gizi anak harus dipenuhi,” katanya kepada HR Online.

Sementara untuk mengatasi masalah kurang gizi dan kesehatan pada balita dan anak, maka lebih efektif jika masyarakat bersama pemerintah yang melaksanakannya bersama-sama.

“Salah satu upaya tersebut, yaitu dengan pemberian makanan tambahan pada balita yang bermasalah gizi kurang,” ucapnya. 

Lebih lanjut ia menuturkan, PMT untuk 14 orang balita Desa Karangpawitan, Kabupaten Ciamis, tersebut bersumber dari Dana Desa tahap dua. Adapun anggarannya adalah sebesar Rp 1.400.000.

“Sedangkan bentuk dari anggaran sebesar itu adalah susu untuk kurun waktu lima bulan,” tuturnya. 

Ia berharap, susu yang sebagai PMT tersebut dapat berdampak pada peningkatan gizi pada balita.

Menurut Dadi, PMT untuk balita menjadi perhatian, karena mereka terkadang sulit untuk makan. 

“Kita berikan PMT pada balita kurus atau kurang gizi usia 6-59 bulan. Balita tersebut yang memiliki keterkurangan berat badannya. Seperti menurut tinggi badan kurang dari minus standar deviasi,” pungkasnya. (Edji/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto