spot_imgspot_img
BerandaBerita CiamisCegah Stunting, Dinkes Ciamis Susun Strategi Perubahan Perilaku

Cegah Stunting, Dinkes Ciamis Susun Strategi Perubahan Perilaku

- Advertisement -

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Sebagai upaya mencegah Stunting, Dinas Kesehatan (Dinkes) Ciamis bekerjasama dengan Universitas Padjajaran menggelar kegiatan penyusunan regulasi strategi komunikasi perubahan perilaku dalam penurunan stunting, Kamis (9/9/2021) di Hotel Priangan Ciamis, Jawa Barat.

Kabid Kesmas Dinkes Ciamis, dr Eni Rochaeni mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk penguatan koordinasi pelaksanaan program penurunan dan pencegahan stunting. Selain itu juga untuk penyusunan regulasi strategi komunikasi perubahan perilaku terhadap masyarakat.

“Hari ini kita melakukan bimtek terkait bagaimana strategi komunikasi untuk pencegahan Stunting di kabupaten Ciamis,” katanya.

Dalam kegiatan ini, kata dia, para pesertanya berasal dari beberapa OPD terkait, seperti Bappeda, DPMD, PKK, UPTD Pendidikan, Diskominfo, Pertanian dan organisasi profesi.

Kegiatan ini juga membicarakan terkait 6 perubahan perilaku yang selama ini pihaknya pantau serta perubahan perilaku untuk pencegahan Stunting.

“Sasaran yang menjadi prioritas itu adalah ibu hamil dan menyusui, balita, anak usia sekolah dan remaja serta tenaga kesehatan,” ucapnya.

Menurutnya, untuk mencegah terjadinya stunting terhadap anak harus mengikuti langkah-langkah seperti anak-anak rutin diberi obat dan pemantauan ditingkatkan.

“Kemudian BAB di jamban yang sehat, ibu hamil dan balita jangan sampai tidak ke Posyandu karena itu penting untuk mencegah stunting,” tuturnya.

dr. Eni menambahkan, untuk mensosialisasikan program stunting ini kepada masyarakat, pihaknya akan melakukan pendekatan dan komunikasi baik kepada kelompok maupun individual.

“Cara menyentuhnya yaitu dengan cinta. Sesuai kearifan lokal, supaya sasaran bisa dicerna oleh masyarakat nantinya. Jadi masyarakat tidak bingung saat kami sosialisasikan stunting,” bebernya. (Ferry/R7/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisement -
- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -

Related News

- Advertisement -