Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita CiamisCegah Terjadinya Kebakaran, Petugas Lapas Ciamis Dilatih Padamkan Api

Cegah Terjadinya Kebakaran, Petugas Lapas Ciamis Dilatih Padamkan Api

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dalam upaya mencegah terjadinya kebakaran, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Ciamis, Jawa Barat, melakukan simulasi latihan pemadaman kebakaran, Jumat (24/9/2021).

Simulasi ini bekerjasama dengan petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Ciamis, yang tujuannya untuk seluruh petugas Lapas Kelas IIB Ciamis.

Berdasarkan pantauan HR Online di lapangan, petugas damkar memberikan arahan dalam mengantisipasi penanggulangan kebakaran api kecil kepada para petugas.

Kepala Lapas Ciamis, Soni Sopyan mengatakan, simulasi pelatihan ini untuk semua petugas Lapas kelas IIB Ciamis.

Pihaknya menindaklanjuti arahan dari Dirjen bahwa seluruh Lapas/Rutan, yang dituntut untuk kesiapsiagaan terutama dalam hal penanggulangan terjadinya kebakaran.

“Ini juga kita berkaca kepada kejadian di Lapas Tangerang kemarin, yang menewaskan puluhan warga binaan,” katanya kepada HR Online, Jumat (24/9/2021).

Menurutnya, dengan kegiatan simulasi ini para petugas mempunyai bekal dalam hal penanggulangan pemadaman kebakaran.

“Minimalnya para petugas ini punya mental dan ketenangan dalam menghadapi kejadian kebakaran nantinya,” ucapnya.

Lapas Ciamis Perbaiki Instalasi Listrik untuk Cegah Terjadinya Kebakaran

Lebih lanjut Soni menuturkan, Lapas Kelas IIB Ciamis ini ada dua blok, dan bangunannya juga sudah lama berdiri yakni tahun 1881.

Sementara sampai sekarang belum ada rehab, untuk bloknya masih utuh, hanya saja ada perbaikan sedikit.

“Untuk instalasi listrik, sebelum kejadian di Tangerang saya sudah antisipasi sebelumnya. Sejak saya dilantik awal tahun kemarin, kita sudah programkan upaya-upaya deteksi dini salah satunya perbaikan instalasi listrik,” tuturnya.

Karena kebetulan instalasi listrik ini sudah lama, jadi pihaknya harus mengurainya secara detail. Pada bulan Juli, pihaknya baru mulai perbaiki listrik yang diawali dengan listrik di perkantoran.

”Untuk perkantoran kita itu ada dua panel listrik di belakang dan di depan. Kita coba urai, kita tambahkan daya karena sering turun naik listrik di blok dan perkantoran,” ucapnya.

Sementara itu, Kasub TU UPT Damkar Ciamis, Iding Didi menambahkan, pihaknya sangat mengapresiasi tentang adanya sosialisasi dan simulasi penanggulangan terjadinya kebakaran.

Dalam simulasi tersebut, katanya, ada beberapa kegiatan yaitu materi dan praktek yang minimalnya menimalisir terjadinya kebakaran.

“Dan antisipasi melumpuhkan api yang kecil sebelum melaporkan ke pemadam kebakaran,” katanya. (Ferry/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -