spot_imgspot_img
BerandaBerita TerbaruCiri-Ciri Mobil Harus di Spooring Agar Aman dan Nyaman Saat Berkendara

Ciri-Ciri Mobil Harus di Spooring Agar Aman dan Nyaman Saat Berkendara

- Advertisement -

Ciri-ciri mobil harus di spooring sangatlah banyak. Hal ini perlu Anda ketahui demi kenyamanan berkendara. Pasalnya berkendara pastinya akan menempuh berbagai medan baik ringan maupun berat.

Kondisi mobil yang tidak prima pasti akan mengganggu kenyamanan Anda. Sehingga perlu melakukan servis agar kondisinya tetap baik-baik saja.

Baca Juga : Ciri Kaki-kaki Mobil Rusak dan Bahayanya yang Perlu Diwaspadai

Seperti ketika melewati jalan berlubang atau bergelombang, pastinya akan membuat kaki-kaki mobil tidak stabil. Hal ini sudah terjadi masalah pada komponen suspensi dan ban. Mengingat beban yang semakin berat bisa menimbulkan masalah.

Jika mengabaikan kondisi tersebut bisa menimbulkan kefatalan. Sehingga Anda harus pergi ke bengkel untuk melakukan spooring kendaraan.

Inilah Ciri-Ciri Mobil Harus di Spooring

Pada dasarnya proses spooring harus rutin setiap waktu. Biasanya ketika sudah mencapai jarak tempuh kendaraan hingga 20.000 Km. Namun, jika terlalu sering melewati medan berat, biasanya hanya 10.000 Km.

Adanya perawatan, akan mendukung kenyamanan dan keselamatan saat berkendara. Berikut adalah ciri kaki-kaki sudah harus Anda spooring.

Kemudi Cukup Berat

Ciri pertama yang akan Anda rasakan adalah kemudi terasa lebih berat. Hal tersebut karena setir lebih condong ke salah satu arah. Bisa ke arah kanan saja atau ke kiri saja.

Bahkan ada hal yang lebih parah ketika setir tidak bisa berputar kembali ke posisi awal. Ciri-ciri mobil harus di spooring lainnya adalah setir yang membelok sendiri. Padahal kondisi jalanan saat itu masih lurus.

Roda Miring Saat Parkir

Ciri berikutnya adalah roda akan miring saat Anda memarkirkan mobil. Padahal Anda bisa tahu bahwa tempat parkir tersebut datar dan tidak menghalangi parkir yang sempurna.

Baca Juga : Penyebab Ban Mobil Terasa Goyang, Ketahui Penjelasannya Berikut Ini

Namun, karena kondisi kaki-kaki sudah tidak prima, maka roda bisa miring dan tidak lurus. Sehingga dengan begitu, Anda perlu melakukan spooring agar semuanya kembali normal.

Terjadi Pengikisan Alur dan Ban yang Tidak Sama

Ciri lainnya yang mungkin Anda temui adalah adanya pengikisan alur ban yang tidak sama. Hal tersebut karena salah satu bagan lebih tipis. Biasanya pada salah satu sisi kanan atau kiri,

Perlu Anda ketahui bahwa ciri-ciri mobil harus di spooring ini karena tidak seluruh ban menapak ke jalanan dengan sempurna. Sehingga menimbulkan adanya pengikisan yang tidak merata.

Mobil Miring Secara Tiba-Tiba

Ciri berikutnya adalah mobil berjalan miring ketika kondisi setir lurus. Tentu kondisi ini akan mengkhawatirkan semua pengemudi. Karena mobil bisa bergerak ke arah tertentu dari arah setir.

Anda harus segera membawanya ke bengkel untuk melakukan perbaikan. Hal ini untuk menghindari adanya kecelakaan berlebih karena kondisi stir yang tidak prim.

Posisi Ban Depan dan Belakang Tidak Lurus

Ciri-ciri mobil harus di spooring yang tidak kalah pentingnya adalah memperhatikan posisi ban. Karena ban yang tidak lurus antara depan dan belakang memerlukan perbaikan. Kondisi ini akan sangat berbahaya bagi pengemudi dan penumpangnya.

Hal tersebut bisa Anda lihat melalui jarak kurang lebih 3 meter dari belakang. Agar lebih terlihat secara detail, maka Anda bisa menggunakan tali untuk menamakan posisi ban depan dan belakang.

Merasakan Guncangan Saat Membelokkan Setir

Anda pastinya juga akan merasa ada guncangan heat ketika membelokkan setir. Guncangan tersebut akan terasa dengan kuat, ketika Anda berada pada jalanan yang lurus dan datar. Hal ini akan menandakan bahwa kondisi mobil sangat tidak prima.

Ciri-ciri mobil harus di spooring inilah harus Anda perhatikan dengan jelas. Setelah mengetahui semuanya Anda harus melakukan spooring demi keamanan semua pihak. Pastikan bahwa Anda tidak memilih sembarang bengkel agar bisa mendapatkan teknisi ahli.

Jika sudah begini maka lakukan spooring dan balancing dengan lebih rutin dan berkala. Mengingat bahwa teknologi dan sistemnya sudah mumpuni untuk melakukan perbaikan pada suspensi mobil.

Sebelum melakukan spooring, ada baiknya Anda melakukan pengecekan pada seluruh komponen mobil. Hal ini sekaligus melakukan perbaikan pada seluruh komponen mobil. Sehingga bisa Anda bawa berkendara kemana saja.

Itulah beberapa ciri-ciri mobil harus di spooring yang bisa Anda pahami. Dengan begitu Anda akan merasakan kenyamanan berkendara kemana saja. Keselamatan juga semakin terjamin dengan maksimal. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisement -
- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -

Related News

- Advertisement -