Ciri Makhluk Hidup Materi Biologi Dasar, Berikut Ulasannya

Ciri Makhluk Hidup Materi Biologi Dasar Berikut Ulasannya!
Ilustrasi Ciri Makhluk Hidup. Foto: Ist/Net

Ciri makhluk hidup menjadi salah satu materi Biologi dasar. Semua makhluk hidup yang memiliki beberapa ciri ini masuk dalam kategori hidup dan mampu bertumbuh juga berkembang biak.

Secara kasarnya, kita pasti paham bahwa semua organisme dalam lingkungan hidup ini hidup dengan keteraturan, memberikan respon, memiliki kepekaan, terjadi pertumbuhan, regulasi, homeostasis, dan pemrosesan energi.

Semua hal ini termasuk dalam definisi kehidupan makhluk. Makhluk bisa kita kategorikan ke dalam “hidup” bukan “mati” jika memiliki ciri tersebut. Nah, jika Anda masih penasaran mengenai hal ini lebih dalam, mari kita membahasnya secara lebih detail dan rinci.

Baca Juga: Metamorfosis Tidak Sempurna, Pengertian, Fase, Ciri Hingga Contohnya

Ketahui Ciri Makhluk Hidup

Nah, beberapa ciri ini bisa Anda bandingkan dengan kita sebagai salah satu makhluk hidup yang ada di Bumi. Apakah ciri ini masih kita miliki atau justru tidak?

Bernapas

Ciri yang pertama adalah bernapas. Semua makhluk hidup sudah pasti memiliki saluran pernapasan, meski berbeda-beda namun pada intinya memproses oksigen ke seluruh tubuh.

Nanti akan keluar CO2 atau karbondioksida sebagai ganti limbahnya. Respirasi atau reaksi kimia yang terjadi dalam sel tubuh ini melepaskan energi, bahkan hewan juga melakukan hal ini untuk bertahan hidup.

Pemrosesan Energi

Ciri ini terjadi sebagai bentuk bertahan hidup makhluk. Karena dari sebuah sumber energi akan diubah menjadi energi kimia dalam sebuah makanan. Bisa juga proses fotosintesis pada tumbuhan.

Setelah itu, nutrisi akan masuk dalam tubuh kita sebagai makhluk hidup. Untuk itu efeknya akan membuat kita bisa melakukan aktivitas dan lain sebagainya.

Baca Juga: Tumbuhan Berbiji Terbuka, Pengertian, Ciri-ciri dan Klasifikasinya

Bergerak

Semua makhluk hidup akan bergerak dengan pasti. Sekecil apapun pergerakan tersebut tetap terjadi sebuah pergerakan yang menandakan ia hidup dan akan memiliki tujuan.

Hewan sekecil apapun, bahkan akan bergerak untuk berpindah tempat atau memberikan respon terhadap sesuatu. Nah, tanaman juga melakukan hal yang sama, misalnya mencari cahaya matahari. Mereka melakukan ini untuk bertahan hidup dan melakukan proses fotosintesis.

Bertumbuh

Ciri makhluk hidup selanjutnya adalah bertumbuh. Kita pasti melihat dengan pasti bahwa manusia yang berawal dari dalam kandungan lalu lahir menjadi seorang bayi.

Nantinya akan bertumbuh setiap harinya. Perlahan namun pasti terjadi sebuah pertumbuhan yang menjadi tanda bahwa mereka hidup dan bertumbuh.

Hal ini menjadi salah satu cirinya. Hewan dan tumbuhan pun juga mengalami hal serupa. Mereka tumbuh dari kecil menjadi besar, bahkan berbunga dan berbuah.

Kepekaan atau Sensitivitas

Ciri makhluk hidup selanjutnya adalah memiliki respon terhadap lingkungannya. Misalnya jika kita sebagai manusia melihat sebuah kejadian, secara otomatis akan meresponnya bukan?

Nah, sensitivitas ini juga terjadi pada hewan dan tanaman. Bahkan hewan terdekat dari manusia seperti anjing dan kucing, mereka memberikan respon terhadap kebiasaan yang memeliharanya.

Sedangkan tumbuhan, misalnya putri malu. Salah satu tumbuhan unik yang memberikan respon menguncup daunnya jika disentuh, baik sengaja atau tidak sengaja. Seperti sifat malu, maka nama ini akhirnya tersemat pada tanaman ini hingga sekarang.

Reproduksi

Sebagai makhluk hidup, baik hewan, tumbuhan, dan manusia akan mengalami reproduksi. Hal ini terjadi dari kemampuan gen masing-masing untuk melakukan perkembangbiakan.

Tidak hanya manusia yang mengalami hal ini, hewan juga. Bermacam-macam cara yang berbeda juga memiliki tujuan untuk melanjutkan keturunan.

Mereka melakukan pembuahan berbeda, tanaman misalnya dengan serbuk sari dibantu lebah. Sedangkan hewan, pembuahan “kawin” dengan satu sama lain.

Manusia juga melakukan hal serupa. Hal ini menjadi ciri makhluk hidup yang paling utama dan meneruskan kehidupan kedepannya.

Hemostasis

Salah satu keadaan yang terjadi menyesuaikan lingkungan hidup. Dengan cara mempertahankan kemampuan menetap secara pasti, misalnya suhu tubuh dengan proses tertentu. Dalam tubuh makhluk hidup mengalami ini secara tidak langsung.

Mengeluarkan Zat Sisa

Karakteristik makhluk hidup yang terakhir adalah mengeluarkan zat sisa. Semua makhluk pasti melakukan hal ini ketika selesai memakan atau meminum sesuatu. Tubuh akan memproses nutrisi dan membuang zat yang tidak perlu untuk tubuh.

Hewan dan manusia melakukan hal yang sama. Sedangkan tumbuhan juga menggugurkan daun. Hal yang sama, namun caranya berbeda.

Ciri makhluk hidup tersebut terdapat pada kita bukan? Hal ini menandakan bahwa kita termasuk ke dalam kategori makhluk hidup. (R10/HR Online)

Editor: Jujang