spot_imgspot_img
BerandaBerita TerbaruCiri Modul Alarm Mobil Rusak, Begini Solusi Memperbaikinya

Ciri Modul Alarm Mobil Rusak, Begini Solusi Memperbaikinya

- Advertisement -

Ciri modul alarm mobil rusak bisa disebabkan oleh beberapa alasan. Komponen yang membantu untuk keamanan kendaraan ini jadi hal yang cukup penting.

Alarm mobil akan memantau mobil atau kendaraan apabila sedang kita tinggal sementara. Jika terjadi hal yang tidak kita inginkan akan mencegah terjadinya. Misalnya pencurian atau pengintaian orang yang asing.

Karena itu sirine ini akan bekerja dengan baik, volume yang keluar akan cukup tinggi dan jadi perhatian. Sedangkan pada ciri lain lampu berkedip untuk memberitahu pemiliknya.

Baca Juga : Cara Mematikan Alarm Mobil Jika Remote Sudah Tidak Berfungsi

Oleh karena itu jika terjadi kerusakan salah satu komponen alarm kita harus segera menanganinya.

Begini Ciri Modul Alarm Mobil Rusak

Nah mari kita bahas, apa sih yang jadi ciri utamanya. Jika terjadi beberapa hal ini pada alat elektronik di mobil Anda, maka bisa jadi ada yang mengalami kerusakan.

Baterai Remote Habis

Penggunaan alat ini memang terlalu banyak akan membuat baterainya habis. Sama seperti beberapa alat lainnya, alarm ini akan mengalami hal yang sama.

Jika hal ini terjadi maka secara otomatis biasanya tidak akan bisa kita gunakan lagi. Oleh karena itu, usahakan untuk mengganti baterai setiap satu tahun sekali, paling tidak agar tidak merusaknya.

Berbunyi Terus Menerus

Nah, ciri utama ketika modul alarm mobil yang rusak biasanya terjadi ketika berbunyi secara terus menerus. Hal ini akan terjadi ketika kita sedang menggunakannya justru malah tidak bisa, namun terkadang bisa berbunyi dan terus menerus.

Baca Juga : Penyebab Alarm Mobil Bunyi Sendiri Padahal Kondisi Aman, Cek Bagian Ini

Maka dari sini kita perlu melepasnya terlebih dahulu. Terkadang modul alarm sendiri terpisah dengan ECU atau Electric Control Unit-nya.

Anda bisa melepasnya terlebih dahulu untuk penangan pertama. Namun jika tidak bisa kita bisa membawanya langsung ke bengkel yang berpengalaman.

Tidak Berfungsi

Ciri modul alarm mobil rusak selanjutnya biasanya tidak bisa berfungsi seperti biasanya. Hal ini terjadi karena biasanya terdapat gangguan dari frekuensinya.

Karena penggunaan pemancar radio, dan beberapa bagian seperti kamera CCTV dan logam protector maka sistem terganggu.

Tidak jarang hingga alami kelumpuhan, biasanya terjadi di daerah tertentu. Maka coba berpindah area terlebih dahulu untuk mengembalikan frekuensi tersebut.

Tombol Remote Tidak Berfungsi

Nah hal ini juga sering terjadi pada kita, namun terkadang kita mengabaikannya. Maka dari sini bisa kita pastikan apakah yang rusak remote atau baterainya habis, atau malah bagian lainnya yang sedang eror.

Jangan panik, Anda tinggal periksa satu persatu jika terjadi hal ini, agar bisa memastikan apa yang perlu diganti atau diperbaiki terlebih dahulu.

Cara Memperbaiki Modul Alarm

Ciri modul alarm mobil rusak atau eror sudah Anda coba dan ternyata ada yang bermasalah? Nah coba kita bahas cara untuk memperbaikinya terlebih dahulu.

Cek Buku Panduan

Hal yang penting adalah mengecek buku panduan. Hal ini akan membuat kita paham bagaimana cara memeriksa secara langsung ke alat elektronik yang satu ini.

Karena bisanya dalam buku ini akan membahas penggunaan dan berbagai komponen dalamnya. Maka jika terjadi masalah akan ada jalan keluar dari membaca panduan ini.

Selain itu memastikan dari buku panduan jelas mengurangi risiko berbahaya. Karena kita tidak sepenuhnya paham bagaimana penggunaanya seperti tenaga terampil yang biasa menanganinya.

Ganti Baterai

Selanjutnya jika sudah memeriksanya satu persatu kita bisa mengganti baterai. Siapa tahu dengan menggantinya maka akan berfungsi normal seperti biasanya.

Hal sepele namun terkadang tidak terpikirkan karena sudah panik. Maka tetap tenang dan lakukan beberapa hal yang berkemungkinan menyebabkan kerusakan.

Service Ke Bengkel

Ciri modul alarm mobil rusak yang tidak kita pahami dengan beberapa cara tersebut sebaiknya segera bawa ke bengkel saja. Jelas mereka bisa menangani berbagai masalah serius kedepannya.

Kita sudah berusaha semaksimal mungkin dan tidak bertemu jalan keluar. Maka bengkel terdekat jadi pilihan untuk Anda.

Biasanya mereka akan memeriksanya dan memberikan perbaikan juga pergantian jika diperlukan. Tidak perlu khawatir lagi akan keamanan kendaraan Anda.

Alarm cukup penting ketika kita bawa ke berbagai tempat yang tidak kita kenali. Maka ciri modul alarm mobil rusak dan memperbaikinya jadi hal utama. Selamat mencobanya! (R10/HR-Online)

Editor: Adi Karyanto

- Advertisement -
- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -

Related News

- Advertisement -