Contoh Sikap Tasamuh dalam Kehidupan Sehari-hari Berdasarkan Islam

Contoh Sikap Tasamuh dalam Kehidupan Sehari-hari Berdasarkan Islam
Ilustrasi Contoh Sikap Tasamuh. Foto: Ist/Net

Contoh sikap tasamuh dalam kehidupan sehari-hari tentunya penting sekali untuk kita ketahui. Kita yang terlahir sebagai manusia, hakikat sebagai makhluk sosialnya pastinya tidak akan bisa dipungkiri.

Untuk itu, hidup dengan manusia lainnya, kita harus saling toleransi. Dengan tujuannya, terwujudnya kerukunan dalam kehidupan berdampingan.

Tasamuh merupakan salah satu sifat yang penting untuk kita terapkan. Dalam ajaran Islam juga mengajarkan kepada kita, supaya selalu menerapkan sikap tersebut dalam hidup berdampingan. Mungkin kata tasamuh masih sangat asing bagi beberapa orang.

Perlu Anda ketahui bahwasanya, tasamuh merupakan bahasa Arab yang memiliki arti toleransi. Sedangkan toleransi sendiri sering kita artikan sebagai sikap tenggang rasa, murah hati, lapang dada atau menghargai.

Akan tetapi, tasamuh berdasarkan istilahnya, merupakan sikap saling menghormati serta menghargai kepada sesama manusia.

baca juga: Hikmah Perilaku Amanah Mengajarkan untuk Senantiasa Bersikap Jujur

Ketahui Contoh Sikap Tasamuh dalam Islam

Dalam jurnal tentang membangun tasamuh keberagaman dalam perspektif Al-Qur’an, tasamuh asalnya dari bahasa Arab yang memiliki arti sama-sama berlaku baik lemah lembut, saling memaafkan.

Toleransi atau tasamuh dalam agama Islam juga mencakup dua hal. Toleransi antar sesama muslim dan toleransi kepada mereka yang non muslim.

Sebagai contoh sikap toleransi kepada antar sesama muslim, berarti kita saling menghargai dan menghormati perbedaan pendapat yang terdapat dalam ajaran agama Islam.

Misalnya saja begini, Dona merupakan muslim yang mengikuti aliran Lembaga Dakwah Islam Indonesia. Sedangkan Doni, merupakan muslim yang mengikuti aliran Muhammadiyah.

Akan tetapi mereka tetap berteman rukun dan hidup berdampingan. Pasalnya, mereka selalu mengutamakan sikap tasamuh dalam kehidupan sehari-hari.

Mereka paham bahwa satu sama lain tidak bisa memaksakan pendapat berdasarkan ajaran masing-masing. Hal tersebut, juga merupakan contoh sikap tasamuh yang harus kita amalkan.

Jika kita mengamati kehidupan sekarang ini, banyak terjadinya perang batin karena adanya perbedaan pendapat walaupun sesama muslim.

Untuk itu, di sinilah kita harus benar-benar menggenggam sikap tasamuh. Jangan sampai ukhuwah kita rusak hanya karena adanya perbedaan pendapat.

baca juga: Hadits Tentang Menutupi Aib Orang Lain Peringatan untuk Umat Islam

Toleransi Kepada yang Non Muslim

Seperti penjelasan pada bagian sebelumnya bahwasanya toleransi dalam agama Islam mencakup dua hal. Menghargai dan saling menghormati antar sesama saudara muslim dan menghargai mereka yang berbeda agama dengan kita.

Lalu seperti apa contoh sikap tasamuh kepada mereka yang berbeda agama dengan kita? Untuk toleransi kepada non muslim, berarti kita harus menghargai serta menghormati pemeluk agama lain untuk melakukan ibadah sesuai dengan ajaran mereka serta keyakinan mereka masing-masing.

Misalnya saja begini, Aisyah berteman Martha yang beragama Kristen. Dalam pertemanan tersebut, Aisyah dan Martha saling menghargai.

Aisyah mengizinkan Martha untuk beribadah sesuai dengan ajaran agamanya. Martha juga mengizinkan Aisyah untuk beribadah sesuai dengan agamanya. Mereka juga tidak pernah memaksakan agama satu sama lain.

Mengenai contoh perilaku sikap tasamuh bukan hanya itu saja. Pada intinya, hendaknya kita itu bergaul kepada semua teman tanpa harus membeda-bedakan agama, suku, maupun rasnya.

Kita juga harus menghargai serta menghormati perayaan hari besar keagamaan. Ada hari raya Idul Fitri, Natal dan yang sejenisnya.

Oh iya, contoh sikap tasamuh yang selanjutnya adalah hendaknya kita tidak boleh menghina ataupun menjelek-jelekkan ajaran agama lain yang tidak sama dengan kita. Walaupun berbeda agama, kita juga harus tetap bersilaturahmi serta saling tolong-menolong.

baca juga: Doa Agar Cepat Punya Anak Sesuai Ajaran Islam

Dalil untuk Bertasamuh

Mungkin, contoh sikap tasamuh dalam kehidupan sehari-hari masih banyak lagi. Hanya saja perlu Anda ketahui, dalil yang mewajibkan untuk kita mengamalkan sikap toleransi dalam kehidupan sehari-hari terdapat dalam Al-Qur’an surat Al-Hujurat ayat 13.

Semoga dengan adanya penjelasan mengenai contoh sikap tasamuh tersebut, menjadikan kehidupan kita dalam bertetangga menjadi lebih tenteram meskipun terdapat adanya banyak perbedaan. Lalu menjadikan kita lebih dekat kepada Allah SWT. (Muhafid/R6/HR-Online)