Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBerita TasikmalayaCurug Ciung dan Kiara Korsi, Wisata Alam Tersembunyi di Tasikmalaya

Curug Ciung dan Kiara Korsi, Wisata Alam Tersembunyi di Tasikmalaya

Berita Tasikmalaya, (harapanrakyat.com),- Curug Ciung dan Kiara Korsi merupakan potensi wisata alam rintisan yang ada di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Selain bisa berenang pada hamparan air yang keluar dari ketinggian, pengunjung juga akan dimanjakan dengan hijaunya pemandangan alam.

Pengunjung dapat menghirup udara segar sambil menikmati keindahan wisata alam Curug Ciung yang lokasinya berada di Dusun Sukasirna, Desa Sirnajaya, Kecamatan Karangjaya, Kabupaten Tasikmalaya.

Sedangkan, untuk wisata alam Kiara Korsi menyuguhkan keindahan alam dengan pepohonan yang sangat rindang.

Lokasi wisata alam Kiara Korsi sendiri masih satu desa dengan Curug Ciung, hanya beda dusun, yaitu di Dusun Awiluar.

Dari kedua potensi alam rintisan tersebut, saat ini Pemerintah Desa Sirnajaya bersama warga sedang melakukan penataan. Agar nantinya wisata rintisan ini bisa menambah PADes dan juga menambah penghasilan bagi warga sekitar.

Camat Kecamatan Karangjaya, Tatang Wahyudin mengatakan, ada dua potensi alam yang terdapat di wilayah Desa Sirnajaya, yaitu Curug Ciung dan situs Kiara Korsi. Keduanya berpotensi untuk dikembangkan menjadi Desa Wisata.

“Dalam hal ini memang sesuai dengan rencana kerja desa tahun 2022 untuk mendukung potensi-potensi pariwisata yang ada di desa. Kami pun berharap dengan adanya potensi ini bisa mengali sekaligus menambah PADes,” ujar Tatang, Sabtu (18/09/2021).

Baca Juga : Curug Ciparay Tasikmalaya Suguhkan Keindahan dan Kesejukan Alam

Wisata Alam Curug Ciung dan Kiara Korsi Inisiatif Warga

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat setempat, Jeje menuturkan, Desa Sirnajaya ini memiliki beberapa spot wisata alam yang menawarkan keindahan dan kesejukan.

“Kami bersama warga mempunyai inisiatif untuk menjadikan tempat wisata. Ahkan, sari tahun 2019 kami upayakan untuk menjadikan wisata alam ini menjadi tempat rekreasi sederhana. Untuk kedepannya Kiara Korsi ini akan dijadikan Kampung Pramuka,” terangnya.

Selain Dusun Awiluar dengan potensi wisata Kiara Korsi, lanjut Tatang, Dusun Sukasirna juga memiliki Curug Ciung. Artinya, Desa Sirnajaya memiliki dua potensi wisata alam yang sangat indah.

“Saat ini kedua potensi alam rintisan tersebut masih dalam tahap pembenahan oleh pihak pemerintah desa dan warga. Agar kedepannya Desa Sirnajaya bisa menjadi desa wisata, sehingga bisa menambah pemasukan pendapatan desa,” pungkas Tatang. (Apip/R3/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img