Selasa, Oktober 26, 2021
BerandaBerita TerbaruEfek Negatif Kurang Tidur, Kenali Akibatnya Pada Kulit Wajah

Efek Negatif Kurang Tidur, Kenali Akibatnya Pada Kulit Wajah

Efek negatif kurang tidur bukan hanya merasakan kantuk berlebih saat keesokan harinya, tapi juga ada berbagai gangguan kesehatan yang terjadi pada tubuh. Termasuk kesehatan pada kulit wajah.

Hal itu karena kualitas tidur sangat berpengaruh terhadap kecantikan. Jika waktu tidur kamu berkualitas maka kulit kamu pun akan terlihat lebih segar dan sehat.

Namun sebaliknya, jika waktu tidur kurang, hal itu akan membuat kulit kamu tampak kering, kusam, dan tidak sehat.

Oleh sebab itu, penting untuk kamu ketahui mengenai efek negatifnya kekurangan tidur. Sehingga kamu bisa lebih memperhatikan waktu tidur agar kesehatanmu tetap terjaga.

Apalagi jika kamu sering begadang malam, adanya efek negatif akibat kurang tidur harus menjadi perhatian lebih. Lantas, gangguan kesehatan apa saja yang akan muncul pada kulit wajah bila kita kurang waktu tidur?

Merangkum dari berbagai sumber, langsung saja simak ulasan berikut ini mengenai dampak negatifnya.

Baca Juga : Manfaat Ginseng untuk Kecantikan Kulit, Bikin Wajah jadi Glowing

Kenali Efek Negatif Kurang Tidur pada Kulit Wajah

Kulit Wajah Kusam

Efek negatif kurang tidur dapat mengakibatkan hormon kortisol meningkat. Kondisi ini akan memicu terjadinya inflamasi yang membuat kulit wajah terlihat kusam.

Saat kurang tidur, dampak negatif yang terjadi salah satunya membuat sistem kekebalan pada tubuh kita akan melemah. Kulit pun menjadi rentan mengalami masalah peradangan.

Kulit Kering

Ketika kita sedang tidur, maka tubuh tidak hanya meremajakan bagian organ-organnya saja, tetapi juga menghidrasi.

Baca Juga : Manfaat Coklat untuk Kecantikan Kulit, Salah Satunya Bikin Awet Muda

Oleh karena itu, tidur yang cukup dan berkualitas bisa mencegah kelembaban alami kulit. Sedangkan, kekurangan waktu tidur bakal membuat kulit kamu menjadi kering.

Bahkan, meski kamu memakai krim malam pun akan percuma kalau tidak mengimbanginya dengan memiliki tidur yang berkualitas.

Terjadi Penuaan Dini

Penuaan dini menjadi salah satu efek negatif akibat kurang tidur. Karena itulah pentingnya kamu memiliki waktu tidur yang cukup.

Tidur yang berkualitas bisa meremajakan kulit sekaligus menjaganya agar tetap sehat. Tanda penuaan dini dapat dicegah karena produksi kolagen yang ada pada kulit akan terkendali.

Wanita yang tidurnya nyenyak mempunyai skin barrier (pelindung kulit) lebih kuat ketimbang dengan mereka yang kurang waktu tidur.

Baca Juga : Penyebab Jerawat di Kulit Kepala, Bisa Bikin Rambut Rontok

Makanya, jika kamu kurang tidur akan membuat wajahmu tampak kelihatan lebih tua. Jadi mulai sekarang penuhi waktu tidurmu dengan cukup.

Muncul Jerawat

Penelitian menunjukkan kurang tidur bisa menyebabkan munculnya jerawat pada wajah. Bahkan, orang yang kualitas tidurnya lebih buruk cenderung mengalami masalah jerawat yang semakin parah.

Salah satu efek negatif kurang tidur ini tentunya dapat mengganggu penampilanmu. Karena selain jerawat, kulit wajah juga terlihat kusam dan kering.

Penyebab munculnya jerawat juga bisa akibat stress. Tidur yang kurang membuat kadar kortisol mengalami peningkatan secara signifikan.

Kondisi tersebut dapat mengakibatkan timbulnya masalah pada kulit wajah, seperti halnya jerawat yang semakin rentan terjadi.

Itulah beberapa efek negatif pada kulit wajah akibat dari kekurangan waktu tidur yang perlu kamu hindari. Sehingga kesehatannya akan tetap terjaga. (R3/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img