Efek Tidak Ganti Busi Motor dan Ciri-Ciri Masalah yang Perlu Diperhatikan

Efek Tidak Ganti Busi Motor dan Ciri-Ciri Masalah Yang Perlu diPerhatikan
Ilustrasi Efek Tidak Ganti Busi Motor. Foto: Ist/Net

Efek tidak ganti busi motor akan berpengaruh terhadap performa mesin. Karena fungsi dari busi mesin ini adalah menggerakkan mesin ketika bensin dan oksigen menuju silindernya. Maka dari itu, akan lebih baik kita memperhatikan perawatan komponen yang satu ini.

Kinerja mesin akan sangat terpengaruh dari busi ini. Tak lain untuk membantu memicu terjadinya tegangan pada mesin. Jadi, jangan sampai busi kotor atau bahkan tersumbat kotoran yang akan menyulitkan prosesnya.

Baca Juga : Cara Membersihkan Busi Motor Tanpa Harus Bawa ke Bengkel

Selain itu, terkadang beberapa oknum sengaja mengganti busi dari setelan asli pabrik. Tahukah Anda jika melakukan hal semacam ini justru akan membahayakan?

Ketahui Efek Tidak Ganti Busi Motor

Berbagai masalah akan mulai timbul jika sebuah komponen penting tidak kita perhatikan. Salah satunya adalah busi motor yang membantu banyak dalam pergerakan mesin untuk bisa berjalan seperti bisa.

Oleh karena itu, akan lebih baik jika kita memperhatikan hal ini agar tidak terjadi beberapa hal berikut ini.

Performa Mesin Menurun

Hal terpenting yang terpengaruh dari tidak memperhatikan siklus pergantian busi akan memberikan efek pada performa mesin. Karena busi sendiri seharusnya membuat mesin semakin bertenaga dan tidak terkendala.

Namun, jika masuk masa mengganti atau service dan kita tidak segera menanganinya, hal ini akan terjadi. Awalnya komponen akan aus, lalu terjadi perubahan pada gab dan bercelah. Selain itu, pada bagian antara ground dan elektroda, akan memiliki celah dan langsung terasa ketika kita menggunakannya.

Operasi mesin tidak lancar karena kekurangan tenaga. Seharusnya bahan bakar segera bercampur dan terdistribusi, namun akhirnya perputaran tidak sebaik ketika baru.

Bahan Bakar Boros

Efek tidak ganti busi motor akan mempengaruhi terkait penggunaan bahan bakar. Karena mesin akan membuat penghematan menurun drastis, masalah ini cenderung muncul cukup awal.

Baca Juga : Waktu Ganti Busi Motor, Kenali Ciri-Ciri Penyebab Kerusakan

Ketika pembakaran tidak sempurna, maka mesin tidak akan hidup. Bagian mesin yang saling terkait dalam memasok listrik juga akan terasa semakin memperburuk kondisi.

Akselerasi

Selanjutnya kita akan merasakan ketidakstabilan dari hari ke hari. Hal ini diperparah karena tingkat sensitivitas menurun dan tidak seresponsif dahulu.

Permasalahan akan semakin kompleks dan bagian mesin lainnya ikut terpengaruh. Namun hal seperti ini juga cenderung pada penggunaan mesin dan jenis dari busi yang Anda pilih tersebut.

Misfire

Efek tidak ganti busi motor selanjutnya terjadinya sistem mesin yang tidak bisa tertebak. Hal ini jelas akan membahayakan, karena tenaga akan berkurang dan tidak efisien.

Selain itu, bau dari bahan bakar akan menyengat seperti terjadi kebakaran. Kondisinya semakin mudah panas dan tentu jika lama-kelamaan akan berbahaya untuk semuanya.

Suara Kendaraan

Jika busi sudah tidak baik performanya, kita akan mendengarnya sendiri sebagai efek tak ganti busi motor. Suara hasil mesin cenderung tidak sehalus biasanya. Maka dari itu, akan lebih baik jika kita selalu memperhatikannya.

Baca Juga : Jenis Busi Motor Bervariasi Lengkap dengan Fungsinya

Suara mesin yang terkesan tertekan dan berat biasanya menandakan kondisi busi perlu untuk segera kita ganti. Dengkuran tidak hanya terjadi pada manusia, namun juga tanda dari mesin kendaraan Anda.

Starter

Sama seperti aki, busi terkadang akan mempengaruhi pada performa starter motor. Ketika ingin menggunakan kendaraan tentu kita pasti akan menghidupkannya lebih dahulu bukan? Nah, jika terjadi masalah pada proses ini, maka bisa kita pastikan terjadi sebuah masalah serius.

Ciri-Ciri Busi Bermasalah

Setelah membahas mengenai efek tidak ganti busi motor, kita sebaiknya juga mengetahui apa ciri-ciri dari busi yang bermasalah dan harus segera kita ganti.

Permasalahan pada saat ingin menghidupkan motor sudah memberikan sinyal untuk melakukan ganti busi. Nah, seperti efek yang timbul tadi, bahan bakar akan cenderung lebih boros. Kita akan merasakannya secara tidak langsung, namun terus-menerus.

Oleh karena itu, akan lebih baik segera periksakan pada bengkel terpercaya andalan Anda. Membuat hemat tidak dengan menunda mengganti busi. Karena tindakan seperti ini justru akan membuat boros pembelian bahan bakar nantinya.

Lakukan pengecekan berkala, tidak hanya pada businya saja. Lakukan pada keseluruhan mesin kendaraan akan performa tidak menurun semakin buruk.

Efek tidak ganti busi motor ini akan terasa secara langsung. Jika hal ini terjadi, jangan panik. Langsung pergi ke bengkel atau tenaga ahli saja. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto